fbpx

12 Cara Peduli Pada Orang Introvert

Punya anggota keluarga atau teman seorang introvert? Berikut dua belas cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan kepedulianmu pada mereka sebagai seorang introvert.

1. Hargai kebutuhan mereka akan privasi

Introvert adalah orang yang sangat menjaga privasi. Mereka akan membuat garis batas yang tegas antara dirinya dan orang sekitar. Meskipun kamu ingin berusaha dekat dengan teman-teman introvert-mu, sadarilah bahwa mereka memiliki privasi yang butuh dijaga dan dihargai.

2. Jangan pernah mempermalukan mereka di depan publik

Sebuah kesalahan besar jika kamu mengonfrontasi introvert di depan umum. Jangan sengaja meletakkan mereka dalam posisi ketika mereka harus diperhatikan oleh orang banyak dalam konteks yang negatif. Selain membuat malu, hal itu juga dapat mengecilkan hati mereka. Kalau sudah begitu, kemungkinan mereka akan menjadi enggan untuk kembali berkarya atau berkreasi.

3. Biarkan mereka mengobservasi situasi baru terlebih dahulu

Ketika introvert “diceburkan” ke dalam lingkungan baru, berilah mereka waktu dan ruang untuk mengamati situasi. Introvert perlu merasa nyaman dengan situasi baru tersebut sebelum dapat memulai apa pun. Entah itu dalam hal bersosialisasi atau berkarya.

4. Berikan mereka waktu berpikir, jangan menuntut jawaban instan

Introvert adalah seorang pengamat dan pemikir. Dalam menjawab sebuah pertanyaan, seorang introvert cenderung tidak hanya memikirkan jawaban atas pertanyaan tersebut, tapi juga bagaimana respons dan perasaan si penanya. Bukan berarti mereka tidak bisa menjawab dengan spontan. Mereka bisa menjawab dengan spontan, lho. Hanya saja, alangkah baiknya apabila kita memberikan mereka waktu untuk berpikir terlebih dahulu.

5. Jangan menginterupsi mereka

Beberapa orang introvert memiliki kesulitan ketika hendak menyampaikan sesuatu. Mereka menyusun kalimat dan berpikir berulang kali tentang kemungkinan respons yang akan didapat. Sebuah interupsi, baik itu bersifat positif atau negatif, bisa membuat mereka segan untuk melanjutkan kalimatnya. Oleh karena itu, biarkanlah para introvert menyelesaikan kalimat mereka.

6. Berikan pemberitahuan sebelumnya tentang perubahan yang terjadi di hidup mereka

Introvert merupakan orang yang membutuhkan waktu untuk melakukan beberapa hal, termasuk menerima perubahan yang terjadi dalam hidup mereka. Namun, jangan salah mengira bahwa introvert adalah orang yang lamban dan tidak sigap.  Mereka hanya perlu mengetahui dan mempersiapkan diri untuk setiap perubahan itu agar dapat melewatinya dengan baik.

7. Berikan 15 menit pemberitahuan untuk mereka menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan

Sebelum menyuruh mereka melakukan hal lain, berikan waktu 15 menit untuk mereka menyelesaikan apa pun yang sedang mereka lakukan saat itu. Sama seperti pemberitahuan dari pengawas ketika ujian hampir berakhir, layaknya seorang murid, introvert perlu memastikan bahwa tak ada yang kurang dari apa yang sedang mereka kerjakan.

8. Tegur mereka di tempat yang tertutup

Cara ini berkaitan dengan poin nomor dua yang telah disebutkan sebelumnya. Jadilah orang yang lebih peka dengan tidak memberikan teguran kepada introvert di tempat terbuka. Hal itu tidak hanya berdampak baik bagi introvert, lho. Kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih baik jika memerhatikan hal kecil ini.

9. Ajari mereka kemampuan baru secara privat

Apabila ada sesuatu yang ingin kamu ajarkan kepada introvert, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membawa mereka ke tempat privat. Introvert merupakan tipe orang yang dapat memelajari hal baru dengan baik jika berada di ruang tertutup dengan sistem pengajaran yang privat. Berilah kenyamanan untuk mereka belajar dan berkembang.

10. Dorong mereka untuk mencari satu sahabat yang memiliki kesamaan minat dan kemampuan

Seseorang pernah mengatakan. Satu sahabat lebih baik daripada seratus kenalan. Itu benar. Lebih baik memiliki satu orang saja yang mengerti kita dengan baik, daripada dikelilingi oleh banyak orang yang masih asing. Introvert sangat menghargai pertemanan. Doronglah mereka untuk mencari satu sahabat yang memiliki banyak kesamaan dengan mereka agar para introvert merasa lebih aman dan nyaman.

11. Jangan menuntut mereka untuk mencari banyak teman

Melanjutkan penjelasan poin sebelumnya, kita tidak boleh menuntut introvert untuk memiliki banyak teman. Ketahuilah bahwa mereka jauh lebih menghargai hubungan yang rekat, dalam, dan bertahan lama. Hindari mengatakan hal ini di depan mereka, “Temanmu cuma segitu? Dikit amat!”

12. Hargai introversi mereka, jangan coba-coba mengubah mereka menjadi extrovert

Pelru diingatkan kembali, ekstroversi dan introversi bukanlah persoalan siapa yang lebih mudah bersosialisasi. Ini adalah perihal tentang bagaimana seseorang merespons sebuah stimulasi. Jika mereka merasa lebih nyaman berada di zona yang tertutup dan tak banyak orang, maka biarkan mereka melakukan kegiatanmu di sana. Talenta seseorang bisa maksimal bila berada di area yang dapat menstimulasinya dengan baik. Hargai itu dan jangan pernah mencoba mengubah mereka menjadi seorang extrovert.

Introvert dan extrovert memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada dasarnya, setiap manusia pasti memiliki introversi dan ekstroversi dalam diri mereka. Mari menjadi individu yang lebih peka terhadap sesama dalam hubungan sosial kita. Kata Mas Wadit dalam Sila ke-6, introvert itu cool!

 

Nur Aisyiah Az-Zahra

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta