Temukan Kisah Cintamu dalam Kutipan Novel-Novel Ini!

Tidak semua orang bisa menggambarkan apa yang sedang dialaminya melalui kata-kata. Apa lagi jika yang sedang berkecamuk dalam hatinya merupakan persoalan cinta. Rasanya kata-kata seperti bingung, galau, sakit, dan senang, sebenarnya tidak cukup mewakili apa yang sedang dirasakan.

Membaca novel adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya kamu rasakan. Dengan memilih cerita novel yang paling “mendekati” dengan kisahmu, kamu akan menemukan beberapa kutipan yang bisa mewakili perasaanmu. Sehingga, perasaan yang sedang kamu rasakan tidak benar-benar abstrak/tidak bisa dijelaskan.

Salah satu rekomendasi novel yang bisa menjadi perwakilan kisah cintamu adalah novel-novel dari Serial Belia Writing Marathon. Dengan mengambil tema kisah cinta remaja di bangku sekolah, novel ini sangat akrab dengan para remaja yang baru kali pertama atau sedang jatuh cinta. Selain itu, ada banyak kutipan novel yang bisa mewakili atau bahkan menyadarkanmu.

Yuk, cari tahu kondisi hatimu melalui kutipan novel dari Belia Writing Marathon 1. Let’s scroll this article and read!

  1. Still Into You – Yenny Marissa

Waktu lo mutusin buat lepasin dia, saat itu juga lo nggak berhak tahu apa aja yang udah dia lewatin tanpa lo. Itu udah bukan hak lo lagi.

Kutipan novel ini berasal dari karya Yenny Marissa yang berjudul Still Into You. Bercerita tentang Arkan yang berusaha untuk balikan dengan mantannya yang bernama Revi. Tentu bukan hal yang mudah untuk kembali dengan mantan yang dulu pernah ia sakiti. Selain itu, sikap Revi yang sangat berbeda saat ditemui oleh Arkan.

  1. Honestly Hurt – Elsa Puspita

Ketika perasaan lain perlahan muncul dan berkembang tanpa bisa dikendalikan, juga sebuah kejujuran yang bisa melukai hati, mereka menyadari semuanya tidak akan sama lagi.

Salah satu kutipan yang diambil dari novel Honestly Hurt karya Elsa Puspita. Novel ini bercerita tentang persahabatan antara Velya, Gusti, dan Chiko. Persahabatan mereka terjalin baik sampai akhirnya Gusti dan Chiko melupakan Velya karena mereka sudah memiliki gebetan. Velya yang tidak terima karena kedua sahabatnya mencampakkannya, hingga akhirnya, ia memutuskan untuk merecoki kehidupan kedua cowok yang sudah lama menjadi sahabatnya.

Gusti dan Chiko tentu saja nggak kalah kesal. Siapa yang nggak bete jika tiap aksi PDKT-nya kepada cewek selalu dihancurkan? Jadi, Gusti dan Chiko sepakat ingin mencarikan Velya pacar, agar cewek itu mengerti indahnya letup-letup asmara. Namun, rencana Gusti dan Chiko tidak berjalan mulus.

  1. Deart Heart, Why Him? – Haula S.

Jangan mengharapkan sesuatu yang indah saat jatuh cinta, tapi sibuklah mempersiapkan hatimu untuk menghadapi seribu satu hal yang menyakitkan.

Siapa bilang ketika jatuh cinta kamu hanya akan menikmati indah dan manisnya hidup? Tidak sama sekali! Justru bisa jadi kamu akan menemukan banyak hal yang membuatmu sakit karena jatuh cinta. Mungkin itu yang ingin disampaikan oleh kutipan novel Dear Heart, Why Him? karya Haula S.

Kepada siapa hati kita akan jatuh adalah hal yang tidak bisa diatur, Mungkin itu yang dialami oleh Bela terhadap Dalvin. Sebelumnya ia sangat jengkel dan ilfeel dengan sikap menyebalkan Dalvin. Hanya saja, Dalvin selalu berhasil dimaafkan karena ia memiliki wajah yang tampan dan postur tubuh yang bagus. Rasa jengkel dan ilfeel Bela perlahan menghilang karena sikap manis Dalvin, hingga ia tersadar bahwa Bela telah jatuh cinta kepadanya.

  1. Just Be Mine – Pit Sansi

Sesuatu yang dirasa tidak bernilai, baru akan disadari sangat berharga ketika adanya kompetisi.

Kutipan dari Just Be Mine karya Pit Sansi ini menyadarkan kita untuk selalu menghargai apa pun hal yang saat ini berada dalam hidup kita, Jangan sampai kita melalaikannya, dan menyesal jika hal itu menghilang.

Kisah ini bermula dari Adela yang berani menolak Rakha, seorang selebritas yang tengah naik daun. Ia mempermalukan Rakha di hadapan media. Untuk itu, Rakha merasa ia harus membalas sikap Adela dengan membuatnya jatuh cinta kemudian mencampakkannya. Atau, berusaha membuat Adela kehilangan beasiswa hingga ia dikeluarkan. Apakah Rakha akan berhasil?

  1. Too Far to Hold – Fifi Alfiana

Kamu sangat dekat hanya dalam mimpiku.

Ada yang tengah mencintai dalam diam? Berani meneriakkan kalimat “aku cinta kamu” hanya dalam hati saja? Jika iya, novel Too Far to Hold ini bisa jadi temanmu agar tidak mencintai dalam diam sendirian.

Novel ini bercerita tentang Alana yang ingin dekat dengan Wingga. Tapi, rasanya mustahil untuk bisa membuat Wingga dekat dengannya. Jadi, Alana hanya bisa mengagumi Wingga diam-diam. Namun, semesta membantu Alana untuk semakin dekat dengan Wingga.

  1. The Salad Days – Dy Lunaly

Mungkin dia memutuskan untuk pergi karena sejak awal dia nggak pernah mencintaiku.

Bagaimana kisah cinta pertama kalian terjadi? Apakah menyenangkan atau justru menyakitkan? Cinta pertama memang selalu menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan, karena pada saat itulah kita merasakan hal-hal aneh yang terjadi pada diri kita. Mulai dari jantung berdegup kencang, lidah kelu, hingga muncul keringat dingin.

The Salad Days adalah novel yang mengangkat cerita cinta yang pertama. Ada banyak tokoh yang terlibat untuk menjelaskannya. Ada Ellie, Endra, Kai, Renata, dan Mirza. Mereka memiliki karakter dan kebiasaan yang unik. Lalu, apakah kisah cinta yang mereka alami juga unik?

Mengenal Belia Writing Marathon

Belia Writing Marathon atau disingkat BWM merupakan program menulis bareng di akun Wattpad @beliawritingmarathon (akun milik Bentang Belia) secara maraton selama 180 hari. BWM kali pertama diunggah pada 11 Oktober 2016 dan berakhir pada April 2017. Penerbit Bentang Belia mengajak 11 penulis novel remaja untuk meramaikan ajang ini. Hasilnya? Seru bangeeeet! Akun Wattpad @beliawritingmarathon kebanjiran followers juga vote, dan comments. 11 judul yang diunggah di sana sepertinya membuat para pembaca baper berjemaah. Kini 10 dari 11 judul cerita di BWM telah diterbitkan oleh Bentang Belia.

Dari keenam kutipan novel di atas, masih ada empat novel Belia Writing Marathon lainnya yang bisa kamu nikmati. Antara lain Listen to My Heartbeat dari Arumi E., Extended Goodbye dari Clara Canceriana, After You’ve Gone dari Ardelia Karisa, dan Recalling the Memory dari Sheva.

(Justika Imaniar Hijri)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *