Misteri Mimpi dan Mimpi Jadi Kenyataan

Setiap kali manusia terlelap akan ada kesempatan ia mendapatkan mimpi selama waktu tidurnya. Saat terbangun, ada orang-orang yang bisa mengingat kembali mimpinya tapi ada juga yang lupa. Bahkan, bagi sebagian orang, mimpi mereka menjadi kenyataan. Tapi hingga saat ini, mimpi masih jadi salah satu misteri kehidupan. Belum ada penelitian, sehingga sebagian orang menganggap mimpi hanya sesuatu yang kosong belaka.

Mimpi Menjadi Nyata: Precognitive Dream

Pada beberapa kasus, orang-orang mengalami kejadian nyata yang sebelumnya pernah dialami di dalam mimpi selama tidur.  Fenomena mimpi menjadi kenyataan ini disebut sebagai precognitive dream. Peristiwa ini terjadi saat orang mengalami mimpi, lalu beberapa hari kemudian kejadian dalam mimpinya tersebut ternyata menjadi kenyataan.

Biasanya orang akan merasa bahwa ia sudah pernah mengalami kejadian tersebut, sehingga terasa seperti dejavu. Bedanya, dejavu adalah peristiwa saat dimana orang mengalami dua kejadian sama yang berulang, sementara pada precognitive dream, salah satu peristiwanya dialami di dalam mimpi.

Para ilmuwan yang meneliti konsep precognitive dream juga percaya bahwa peristiwa ini bisa menjadi peringatan bagi seseorang. Mimpi yang dialami bisa jadi adalah salah satu petunjuk akan suatu pilihan dalam hidupnya. Pada peristiwa seperti ini mimpi akan menjadi penolong bagi manusia. Sebab dalam kehidupan hanya ada satu kali kesempatan untuk memilih, sehingga kita perlu berhati-hati dalam  mengambil keputusan. Untuk itulah mimpi bisa menjadi salah satu alternatif pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Misteri Mimpi Menjadi Nyata

Namun sampai saat ini manusia belum bisa memastikan, mimpi mana yang termasuk dalam precognitive dream mana yang bukan. Orang hanya akan tahu ia sudah pernah mengalami peristiwa itu di dalam mimpi, saat peristiwa tersebut kembali terjadi di dunia nyata. Sementara saat kita terbangun dari mimpi, kita belum bisa menjamin apakah mimpi tersebut akan menjadi nyata atau tidak di kemudian hari.

Kisah mengenai mimpi menjadi kenyataan banyak diceritakan dalam berbagai bentuk, baik melalui film maupun cerita tulisan seperti cerpen atau novel. Salah satu cerita yang mengisahkan kejadian demikian adalah Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi. Kumpulan cerpen karya Eka Kurniawan ini hadir kembali dengan wajah baru. Dapatkan bukunya segera melalui linktr.ee/Bentang atau kunjungi toko buku kesayanganmu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta