Memahami Alasan Mengapa Manusia Harus Berdoa

Sebagai manusia yang memercayai agama dan percaya adanya Tuhan, tidak bisa lepas dari ‘ritual’ yang disebut sebagai proses berdoa. Manusia beragama pada umumnya selalu berdoa setiap waktu, atau memang saat mereka membutuhkan untuk berdoa. Namun apakah betul sudah memahami, alasan mengapa manusia harus berdoa?

Pada dasarnya, Tuhan selalu memahami kebutuhan manusia, termasuk memahami apa yang ada di dalam hatinya. Jika memang begitu adanya, apakah berdoa masih dibutuhkan? Tulisan kali ini akan sedikit membahas alasan mengapa manusia harus berdoa.

  1. Sebagai Kebutuhan Hidup

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan. Sebagai pencipta, tentu saja Tuhan tidak membutuhkan apa-apa dari manusia. Bahkan Tuhan juga tidak membutuhkan proses ibadah yang dilakukan manusia. Justru manusialah yang butuh ibadah. Hal itu menunjukkan kekuasaan Tuhan sebagai penguasa alam semesta.

Begitu pula dengan berdoa, salah satu alasan manusia harus berdoa adalah untuk memenuhi kebutuhan kita sebagai makhluk Tuhan. Manusia yang beriman akan merasa kosong dan kurang hidupnya jika tanpa doa. Maka berdoa menjadi kebutuhan hidup, seperti makanan sehari-hari.

  1. Bukti Kerendah-hatian Diri

Selain kebutuhan hidup, manusia harus berdoa untuk menunjukkan sikap rendah hati sebagai makhluk di dunia. Jika dibandingkan dengan besarnya alam semesta, manusia hanyalah sebutir debu yang mudah goyah dan beterbangan.  Berdoa menjadi salah satu sarana untuk merendah di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa.

  1. Menangkan Pikiran

Doa menjadi salah satu sarana untuk menangkan pikiran, terutama saat-saat manusia sedang dikelilingi resah dan dilanda masalah. Perasaan cemas yang menyelimuti diri bisa sirna dengan berdoa. Beberapa orang sudah membuktikan hal ini seperti pada murid yang akan melaksanakan ujian, atau orang yang sedang berjuang meraih impian. Doa akan mensugesti pikiran supaya menjadi lebih tenang dan tidak panik.

Berdoa menjadi kebutuhan hidup bagi manusia, seperti kebutuhan untuk bernafas. Hidup dalam Doa merangkum doa sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tersebut. Buku rangkuman doa yang ditulis oleh Ustadz Ayang Utriza Yakin ini memuat doa-doa dari segala aspek kehidupan. Segera miliki bukunya dengan melakukan pemesanan di linktr.ee/Bentang atau kunjungi toko buku kesayangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta