Menjalahi Hidup Tanpa Putus Asa

Menjalahi Hidup Tanpa Putus Asa

Sedang putus asa? Merasa dunia sedang memusuhimu dan tidak ada seorang teman pun yang mau memahamimu? Terkadang adakalanya kita harus berdiri tegak menghadapi terjangan badai yang mengadang. Melalui sejarah, kita belajar bahwa masa suram pada akhirnya akan berlalu. Depresi besar yang ditimpali Perang Dunia pada awal abad ke-20 nyaris memusnahkan harapan banyak orang kala itu. Pengangguran di mana-mana. Perang dan kelaparan menjadi momok di semua negara. Namun, semua situasi buruk itu toh terlewati. Sekarang dunia kembali dilanda kegelisahan akibat pandemi. Harapan seakan fatamorgana. Keputusasaan menghantui banyak orang. Sedang merasa tidak punya harapan, yuk baca beberapa saran di bawah ini.

Miliki Lagumu Sendiri

Apa pun suasana hatimu, kehadiran sebuah lagu bisa semakin menguatkan atau justru mengubahnya. Pernahkah kamu merasa mendadak bersedih hanya gara-gara mendengarkan lagu tentang orang patah hati? Jika kita bisa bersedih hanya karena lagu, pastilah kita juga bisa mendapatkan efek emosi lainnya dari lagu, seperti bersenang hati ataupun bersemangat. Pilih lagu kesukaanmu, bisa dari genre apa pun. Setiap genre pasti memiliki lagu sedih dan lagu bahagianya sendiri. Penggemar musik dangdut mungkin bisa menyetel lagu-lagu Rhoma Irama, seperti halnya Ikal dalam Laskar Pelangi yang menggilai penyanyi legendaris tersebut. Tidak perlu pula harus mencari lagu dengan syair yang relevan. Selama entakan iramanya mampu membuatmu mengayunkan langkah lebih lebar daripada biasanya, mengapa tidak? Bagaimanapun, musik adalah bahasa universal.

Siapkan Celengan Semangat

Sedia payung sebelum hujan. Pepatah itu berlaku dalam segala hal. Kita tidak pernah tahu kapan masalah datang dan menimbulkan badai putus asa. Oleh karena itu, menyiapkan celengan semangat menjadi langkah yang menarik.

Pertama, siapkan wadah berpenutup. Kedua, setiap hari, masukkan satu atau beberapa potong kertas berisi kata-kata atau kutipan penyemangat. Selain kata-kata atau kutipan penyemangat, kamu juga bisa memasukkan pencapaianmu selama ini atau hal-hal menyenangkan yang membuatmu merasa bersemangat saat mengingatnya.

Kamu juga bisa mendapatkan kutipan dari buku-buku kesayanganmu. Tinggal pilih mana yang paling sesuai untuk situasi kamu.

Bacalah Buku yang Mengandung Nilai Inspiratif

Membaca buku, entah novel atau biografi, serupa dengan membaca kisah hidup orang lain. Percayalah, semua orang pernah mengalami masa-masa suram. Sebagian besar buku menceritakan kesulitan yang mendera tokoh dan kesulitan itu juga kerap kita alami. Kesulitan mencari biaya sekolah? Novel Laskar Pelangi menceritakan kisah anak-anak miskin yang memiliki tekad kuat untuk bersekolah. Cemburu setengah mati pada gebetan? Simak Buku Besar Peminum Kopi dan tertawalah bersama. Frustrasi dengan nilai-nilai matematikamu? Baca kisah Aini dalam novel Guru Aini, dan niscaya kamu tidak lagi merasa sendiri.

Cari Bantuan

Ingat, kamu tidak sendiri sekalipun merasa demikian. Di luar sana akan selalu ada orang-orang yang mau peduli. Mulailah dari orang tepercaya, seperti keluarga, sahabat, teman, atau bahkan bantuan profesional seperti ahli psikolog. Berbagi kepada orang-orang tepercaya bisa membantu mengembalikan semangat. Seperti kata Salud dalam novel Orang-Orang Biasa yang selalu di-bully oleh Trio Bastardin dan Duo Boron: Dalam keadaan apa pun, berdua tetap lebih baik.

 

Saat kehilangan arah dan bayang-bayang keputusasaan mengintip, berhentilah sejenak. Berdamailah dengan keadaan ini. Berhentilah menuntut banyak kepada dirimu sendiri. Sadarilah bahwa dirimu adalah manusia biasa yang juga bisa merasa lelah dan berbuat kesalahan. Kegagalan hanyalah bagian dari titik-titik yang membentuk gambaran indah rencana Tuhan untuk hidup kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah bertahan melewati masa-masa sulit.

 

Tertawalah, seisi dunia akan tertawa bersamamu dan jangan bersedih karena kau hanya akan bersedih sendirian.

Laskar Pelangi, Andrea Hirata

 

Lengkapi koleksi novel Andrea Hirata di toko-toko kesayangan Anda. Koleksi novel Andrea Hirata juga bisa ditemukan di Mizan Store dan Mizan Book Corner dengan diskon menarik!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *