bentangpustaka.com

Mengenalkan Warna pada si Kecil untuk Memahami Benda-Benda di Sekitarnya

Menurut penelitian, si kecil yang berusia 18 bulan sudah bisa mengenali warna dan benda-benda yang ada di sekitarnya. Namun, menginjak usia 3 tahun, si kecil baru benar-benar menguasai warna-warna yang ada pada benda-benda di sekitarnya. Pengenalan warna pada si kecil dalah proses untuk mempelajari tentang Auditory, Visual, dan Memory yang ketiga aspek ini berhubungan dengan perkembangan intelektual si kecil. Daya imajinasinya akan lebih berkembang dan ia akan mampu mengenali suatu warna dari benda-benda di sekitar yang dilihatnya. Apa saja manfaat mengenalkan warna pada si kecil?

  1. Si kecil melihat dunia secara utuh

Dunia ini dipenuhi oleh berbagai macam warna. Benda-benda yang ada di sekitar si kecil memiliki warna masing-masing. Hal ini untuk menunjukkan perbedaan masing-masing benda serta kegunaannya. Dengan mengenalkan warna pada si kecil, ia bisa melihat dan memahami benda-benda yang ada di sekitarnya. Misalnya, ia bisa membedakan warna-warna pada sayur dan buah-buahan.

  1. Mengasah kemampuan estetika si kecil

Foto, lukisan, atau pemandangan alam adalah beberapa media yang digunakan untuk melatih si kecil melakukan perpaduan warna yang serasi serta menumbuhkan jiwa seni dalam dirinya sehingga kelak saat dewasa, ia bisa mengapresiasi hasil karya seni yang memiliki berbagai macam warna.

  1. Mengenalkan konsep bentuk pada si kecil

Selain mengenal warna, si kecil juga akan mengenal bentuk benda yang ada di sekitarnya, misalnya bentuk segitiga dari semangka berwarna merah, bentuk bulat dari jeruk yang berwarna oranye, dan masih banyak lagi. Mengenalkan warna dan bentuk dapat membuat si kecil memahami benda-benda yang ada di sekitarnya

  1. Melatih kreativitas si kecil

Si kecil akan mendapatkan stimulasi mengenai tata warna sehingga mampu meningkatkan daya imajinasi, kreativitas, serta artistik si kecil. Hal ini pun akan mengasah kemampuan si kecil di bidang seni. Si kecil kelak akan dengan cepat memadukan warna benda yang satu dengan lainnya.

Mengenalkan warna pada si kecil menjadi hal yang sangat penting agar ia dapat memahami benda-benda yang ada di sekitarnya. Happy Parents bisa melakukan beberapa cara untuk mengenalkan warna sekaligus bentuk pada si kecil. Cara-cara yang dapat Happy Parents lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Happy Parents bisa mengenalkan warna dari benda yang biasanya digunakan oleh si kecil sehari-hari, misalnya baju yang ia kenakan berwarna merah, sepatu yang ia pakai berwarna hitam, dan lain sebagainya.
  2. Kemudian, Happy Parentsbisa mulai dengan memperkenalkan warna dasar terlebih dahulu pada si kecil, yaitu merah, kuning dan biru. Dari sini, ia akan bisa belajar warna-warna yang lain.
  3. Happy Parents bisa menyisipkan pelajaran mengenai warna dalam percakapan sehari-hari. Misalnya,“Mama kemarin pakai baju merah dan Adek pakai baju kuning.”Happy Parents juga bisa memancing si kecil dengan meminta bantuannya untuk mengambilkan barang dengan warna tertentu.
  4. Nah yang terakhir, Happy Parents bisa menggunakan alat bantu untuk mengenalkan warna dan bentuk pada si kecil, salah satunya menggunakan buku Fun Cican seri terbaru, yakni Cican Mengenal Bentuk. Seri ini akan segera hadir menyapa para pembaca semua yaitu Cican & Tomat Merah Raksasa serta Cica & Kotak Kado Warna Biru.

Seri terbaru Fun Cican, yaitu Cican Mengenal Bentuk akan mengajak si kecil untuk berpetualang mengenal bentuk dan warna dari benda-benda di sekitarnya. Selain Seri Cican Mengenal Bentuk, seri Cican lainnya bisa Happy Parents dapatkan di mizanstore.com

Untuk Happy Parents yang ingin mengetahui info terkait buku-buku anak berkualitas, jangan lupa untuk follow instagram @bentangkids

Yuk ciptakan generasi gemar membaca sejak dini!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *