fbpx

Mengajak Anak Menjaga Kebersihan Toilet Umum

Ketika kita bepergian jauh dan ingin buang air, tentu kita pergi ke toilet umum. Tidak jarang kita menemui toilet umum yang kurang bersih dan bahkan terkadang sangat jorok. Hal ini tentu membuat kita menjadi risi dan terkadang tidak jadi menggunakan toilet. Jika anak melihat hal ini, jangan sampai kita membiarkan mereka berpikir bahwa toilet umum memang demikian adanya.

Kita bisa memberi tahu kepada mereka bahwa toilet umum tidak selalu jorok, dan bahkan seharusnya bersih karena digunakan banyak orang. Kita juga perlu memberi tahu apa saja yang bisa kita dapatkan jika membiarkan toilet umum kotor.

 

 Baca juga: Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Dalam Toilet Selain Membersihkan Diri

Toilet Umum Seharusnya Bersih

Saat kita memasuki sebuah toilet umum, kita perlu memeriksa sekitar. Apakah pintu bisa dipastikan tertutup rapat dan kemudian pastikan tidak ada hal mencurigakan di dalam toilet. Setelah itu, kita cek kebersihan toilet. Jika kotor, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memberi tahu anak bahwa toilet seharusnya bersih, baik toilet di rumah maupun toilet umum.

Kemudian, kita lanjutkan dengan membersihkan toilet. Kita bisa menyiram lantai dan pastikan kotoran yang ada di lantai sudah hilang. Setelah itu, kita bersihkan permukaan WC menggunakan tisu basah atau siram dengan air. Setelahnya, kita lap lagi dengan tisu kering agar nyaman saat kita gunakan. Selanjutnya siram WC, baru kemudian kita gunakan. Ketika sudah selesai menggunakan toilet, kita kembali bersihkan toilet agar orang yang selanjutnya akan memakai toilet merasa nyaman.

Pastikan ketika kita melakukan ini, kita tunjukkan pada anak langkah-langkahnya sembari berbicara dengan mereka. Tujuannya adalah agar anak lebih memahami gerakan kita sekaligus kita bisa berkomunikasi dengan mereka. Tanamkan pada diri mereka bahwa kebersihan toilet sangat penting untuk kenyamanan bersama. Jika kita melihat toilet yang tidak bersih, maka kita harus memulai dari diri sendiri.

 

Toilet di Sekolah

Pada artikel “Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet”, telah dipaparkan dampak yang bisa ditimbulkan dari toilet yang kotor. Kita bisa terserang berbagai macam penyakit dan bisa menularkannya pula pada orang lain. Selain bisa terserang penyakit, membiarkan toilet umum kotor bisa membuat diri kita sendiri jadi malu. Toilet umum biasa digunakan banyak orang dan tentu kita merasa malu jika keluar dari toilet dan orang yang akan menggunakan selanjutnya melihat bahwa toilet kotor.

Meskipun kita memasuki toilet dalam keadaan kotor, kita perlu membiasakan diri tetap menjaga kebersihannya. Jangan sampai kebiasaan kita menjaga kebersihan terhenti hanya di dalam rumah. Jika orang lain belum memulai kebiasaan membersihkan toilet, maka kita yang perlu memulainya. Ajakan ini perlu kita berikan pada anak agar mereka juga terbiasa untuk menjaga kebersihan toilet umum.

Kita bisa mengajari anak untuk menjaga kebersihan toilet umum mulai dari toilet di sekolah mereka. Toilet di sekolah juga termasuk dalam toilet umum karena digunakan oleh banyak orang yang tidak kita kenal. Kita tidak mengetahui apa saja yang mereka bawa dalam diri mereka. Kita bisa mulai mengajarkan anak bahwa saat di sekolah, kita harus menjaga kebersihan toilet sehabis menggunakannya. Kita bisa mengajak mereka untuk memulai sejak dini dan memberikan pengaruh positif ini kepada teman-teman di sekolah.

Jika anak kita masih pada usia taman kanak-kanak tentu kita sering menjumpai anak-anak yang masih belum bisa ke toilet sendiri atau terkadang malah jorok saat menggunakan toilet. Jika anak kita sudah bisa menjaga kebersihan toilet, kita perlu memberikan pengertian kepada mereka bahwa anak-anak seusia dia tidak semuanya bisa menggunakan toilet dengan baik. Sehingga, jika ia melihat ada teman yang jorok atau toilet sekolah jorok, ia bisa mengajak temannya untuk mulai menjaga kebersihan toilet dan memulainya dari diri sendiri.

 

 

Tidak sulit untuk mengajak anak menjaga kebersihan toilet, apalagi jika kita sudah memulainya sejak dini. Melalui buku Cican Bisa ke Toilet Sendiri dari Seri Kebiasaan Baik Fun Cican karya Mas Wahyu Aditya, Cican mengajak si kecil untuk mulai bisa ke toilet sendiri dan menjaga kebersihannya.

 

Saat ini, Cican sedang mengadakan Lomba Menggambar dan Mewarnai Cican tingkat nasional via daring, lho! Ikuti lombanya sekarang juga karena lomba ini hanya sampai tanggal 29 Mei 2021. Selain itu, ada tawaran khusus untuk buku Cican Bisa ke Toilet yang bisa kamu dapatkan tanggal 17-29 Mei 2021. Simak info lebih lanjut di akun Instagram @bentangkids ya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta