Mencari Tujuan Hidup: Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Tujuan hidup seringkali menjadi pertanyaan dan persoalan yang menimbulkan kecemasan berlebih bagi sebagain orang. Padahal hal tersebut bisa diredam dengan lebih mengenal diri. Mengenal diri sendiri lebih jauh merupakan salah satu langkah krusial untuk bisa memahami sebenarnya apa tujuan hidup kita.

Pada umumnya orang lebih mudah untuk mengenal orang lain dibandingkan mengenal diri sendiri. Padahal penting sekali mengenal diri lebih dahulu sebelum mengenal orang lain. Hal ini akan berdampak ke banyak hal, seperti bagaimana respon kita terhadap suatu peristiwa, bagaimana menghadapi masalah hidup, termasuk bagaimana menghadapi orang lain yang emosi dan kepribadiannya beragam.

Mengenal Diri Sendiri untuk Lebih Menghargai

Ketika kita bisa mengenal diri sendiri, maka kita akan lebih menghargai kehidupan kita. Tidak jarang ditemukan orang yang menyalahkan atau bahkan mencela diri sendiri. Tidak percaya diri dan akhirnya merasa  bahwa diri kita tidak berguna. Hal ini bisa terjadi sebab kita tidak bisa mengenal apa kebutuhan diri kita sendiri. Kita tidak betul-betul memahami siapa diri kita, sebab terlalu sering melihat keluar daripada berdialog dengan diri sendiri.

Saat kita bisa mengenal diri dengan baik, kita akan lebih terbuka terhadap banyak hal. Termasuk saat mengalami kegagalan, kita tidak akan jatuh dan murung terlalu lama. Kegagalan justru menjadi jembatan bagi untuk lebih menghargai setiap proses yang sudah dilakukan. Maka setelah itu kita akan lebih mudah untuk bangkit kembali.

Langkah Mengenal Diri

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengenal diri, namun kita memang perlu waktu. Salah satunya adalah dengan mencari apa minat kita, apa yang menjadi kesukaan kita. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah memiliki prinsip hidup. Prinsip akan membuat kita menjadi pribadi yang teguh pendirian sehingga tidak mudah mengikuti kehidupan orang lain.

Selain itu, coba kenali bagaimana kepribadian diri kita. Apa yang harus dilakukan saat sedang sedih atau bahagia, bagaimana mengelola emosi, dan hal lain terkait diri sendiri. Kepribadian setiap manusia berbeda-beda, dan kepribadian kita juga tentu berbeda dengan orang lain.

Berilah ruang bagi diri sendiri untuk merenungi, sebenarnya kita ini manusia yang bagaimana. Bacalah buku-buku self improvement untuk membantumu bertumbuh dan mengenal diri. Sepeti buku Memberi Ruang karya Kurniawan Gunadi  yang hadir menemani hari-harimu untuk mengobrol dan lebih mengenal diri sendiri. Dapatkan buku spesial ini melalui pemesanan di linktr.ee/Bentang atau kunjungi toko buku kesayangan.

 

 

Oleh: Hafizh Nurul Faizah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta