Eric Ries, Pelopor Gerakan Lean Startup

Kamu yang hobi berbisnis, wajib kenal dengan salah satu pengusaha sukses asal Amerika yang mencetuskan gerakan lean startup, Eric Ries. Dia adalah wirausahawan yang telah mendirikan beberapa startup besar. Selain menjadi pendiri startup, pengalamannya di bidang bisnis membuatnya dipercaya untuk menjadi penasihat bisnis beberapa startup dan perusahaan besar.

Eric pernah menjadi dosen tamu di Harvard Business School. Ia dikenal karena kiprahnya di dunia bisnis dan sering membantu para pegiat startup serta para pengusaha untuk menyelesaikan masalah bisnis mereka. Gerakan lean startup yang didirikannya, merupakan sebuah gerakan yang dikenal ampuh bagi para pengusaha dalam menjalankan bisnis mereka.

Menulis untuk Berbagi

Eric Ries membagikan teori gerakannya dengan menulis buku yang berjudul The Lean Startup. Buku ini dianggap buku ‘sakti’ dan sangat penting untuk dibaca para pendiri perusahaan dan startup. The Lean Startup ditulis Eric dari hasil riset ilmiah dan pengalamannya selama bertahun-tahun berkiprah di dunia startup dan bisnis.

Karena pengaruhnya yang begitu besar, The Lean Startup  menjadi buku yang masuk dalam New York Times bestseller dan sudah terjual jutaan eksemplar. Buku ini juga sudah diterjemahkan lebih dari 30 bahasa. Selain melalui buku, Eric juga banyak berbagi lewat website-nya, leanstartup.co.

Mengapa The Lean Startup?

Pada dasarnya Lean Startup mengambil nama dari terminologi Lean Manufacturing, sebuah proses kerja yang berkembang di Jepang dan dipraktikkan oleh perusahaan Toyota. Secara umum, metode ini bertujuan untuk mengurangi hal-hal tidak penting dalam berbisnis dan berusaha untuk mengusahakan konsep dan produk berkelanjutan sehingga selalu dibutuhkan oleh pasar.

Gerakan lean startup ditujukan untuk mencegah kegagalan-kegagalan yang mungkin terjadi di dunia bisnis. Beberapa di antaranya; pemborosan sumber daya berupa waktu, passion, dan keterampilan manusia, serta kegagalan yang memberikan dampak ekonomi bagi karyawan, investor, serta perusahaan.

Gerakan lean startup menggunakan unit pengukur lain dalam melihat kemajuan bisnis yang disebut dengan pembelajaran tervalidasi. Pembelajaran ilmiah yang dijadikan tolok ukur ini akan membantu para pebisnis untuk menemukan dan mengeliminasi sumber kesia-siaan yang menghantui mereka.

Temukan rahasia kesuksesan bisnis dari Eric Ries melalui bukunya yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. The Lean Startup bisa diperoleh melalui pemesanan di sini, atau kunjungi toko buku kesayangan. (H.N. Faizah)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta