Memberi Ruang: Kiat Mudah Menghadapi Quarter Life Crisis

Usia kepala dua terlihat istimewa, namun bagi sebagain orang masa-masa ini merupakan masa yang cukup rumit. Biasanya orang mengalami quarter life crisis pada usia-usia tersebut. Fenomena ini adalah saat dimana keadaan emosional sedang dilanda keraguan akan diri sendiri, kecemasan, atau kebingungan menentukan arah hidup.

Keadaan ini sangat wajar dialami oleh orang berusia sekitar 20-30 tahun, sebab pada masa ini orang sedang berproses dari masa remaja menuju dewasa. Hanya saja jika terlampau dibiarkan emosional yang krisis tersebut, akan menimbulkan hal-hal negatif seperti stress bahkan depresi.

Lantas, bagaimana tips untuk menghadapi masa krisis tersebut? Berikut uraian singkatnya:

  1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Pencapaian teman-teman biasanya akan menimbulkan perasaan iri tersendiri untuk kita. Teman yang dulu menjadi kawan dalam berproses bersama, belajar bersama, namun rupanya mereka mencapai keberhasilan lebih dulu dari kita. Hal ini secara tidak sadar menimbulkan pertanyaan pada diri kita, ‘kenapa aku belum seperti mereka?’

Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain, bahkan teman kita sendiri. Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan memperparah masa quarter life crisis dan menambah beban pikiran kita.

  1. Terus Belajar dan Berproses saat Quarter Life Crisis

Yakinlah bahwa setiap orang punya timeline hidupnya masing-masing. Meskipun teman berjuang kita sudah mencapai keberhasilan mereka lebih dulu, jangan lantas membuat kita berhenti belajar. Hadapi quarter life crisis dengan terus berproses, belajar, dan terbuka degnan hal-hal baru. Hal ini tentu akan memberikan cakrawala baru untuk diri kita.

  1. Memberi Ruang bagi Diri Sendiri

Seringlah mengobrol dan bertanya pada diri sendiri. Sebenarnya apa yang kamu inginkan? Apa impian kamu? Apa nilai hidupmu? Pertanyaan seperti ini akan membantu kita lebih mengenal diri. Sesekali menepilah dari keramaian, dan beri ruang bagi diri sendiri untuk sejenak rileks dalam menghadapi quarter life crisis. Saat kamu lebih mengenal dirimu, rasa cemas dalam diri akan sedikit berkurang.

Kurniawa Gunadi menulis sebuah buku untuk menemanimu agar lebih mengenal diri sendiri. Memberi Ruang hadir untuk kamu yang butuh kawan saat menepi. Segera lakukan pemesanan di linktr.ee/Bentang atau kunjungi toko buku kesayangan.

 

 

Oleh: Hafizh Nurul Faizah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta