fbpx

Dee Lestari Hidupkan Ulang Banyak Karakter Buat Rapijali

Dee Lestari menerbitkan novel Rapijali Foto: (dok. ist)

Jakarta – Novel Rapijali edisi cetak resmi terbit awal Maret 2021. Bermula rilis dari cerbung digital di platform Storial.Co, kini Rapijali hadir versi cetak oleh Bentang Pustaka.

Di dalam novel Rapijali juga banyak terdapat karakter-karakter yang diceritakan. Dari cerbung, Dee Lestari sampai menyusun ulang struktur ke dalam bentuk novel.

“Kalau aku baru menyelesaikan manuskrip, ketika ke cerbung harus dirasakan ulang. Beda banget kalau satu buku utuh dan dipotong-potong, setiap ujung bab harus menyisakan rasa penasaran dan potensi konflik dibuka,” tutur Dee Lestari saat peluncuran virtual novel cetak Rapijali.

“Banyak hal yang aku coba hidupkan juga lewat karakter. Karakter kan banyak banget ya, gimana setiap karakter kecil harus diingat pembaca,” sambungnya lagi.

Misalnya karakter bernama Lodeh yang punya keluarga banyak. Menurut Dee, sebenarnya ini adalah beban bagi penulis.

“Aku tidak menceritakan latar belakang Lodeh, gimana 7 orang dalam satu rumah punya suara masing-masing,” ungkap Dee.

Banyaknya karakter dalam novel terbaru, ia sampai harus punya kamus sesuai pencarian nama dari nama-nama dalam karyanya.

“Nggak semuanya ibaratnya dalam kamus diceritakan ke cerita, namanya siapa, latar belakangnya siapa. Termasuk adik-adiknya si Lodeh,” katanya.

Dalam menggarap novel Rapijali, Dee Lestari mengungkap itu adalah karya tersulit yang pernah ditulisnya. Ia sampai mengeluarkan jurus terbaik untuk menulis Rapijali.

“Kayaknya aku mengeluarkan ilmuku di Rapijali, aku sebenarnya punya basic belajar piano klasik. Keluargaku hampir semuanya musisi dan kami akrab sekali dengan namanya instrumen,” kata Dee Lestari.

Latar keluarga yang dekat dengan musik membuat Dee Lestari lebih dekat saat menulis novel Rapijali. Kakaknya jago main piano dan adik perempuan Dee Lestari yakni Arina yang tergabung dalam Mocca juga seorang musisi.

“Namanya ngeband yang pernah jadi obsesiku saat remaja. Band jadi segalanya banget buatku. Banyak kebersamaan di Rapijali yang tercipta ketika mengaransemen bersama, atau pun saat menciptakan lagu,” tukas novelis Supernova tersebut.

(Tia Agnes)


Dilansir dari Hot Detik yang tayang pada 3 Maret 2021.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta