Sembilan Panduan Barang yang Harus Dibawa ketika Traveling

Tidak hanya baju yang dibawa saat traveling, beberapa benda berharga juga menjadi list yang harus diperhitungkan masuk ke koper atau tas. Paham betul akan hal tersebut, Trinity pun membagikan beberapa tips dalam buku The Naked Traveler 8. Berikut ini ulasannya.

1.Dokumen

Namanya juga melakukan perjalanan, dokumen menjadi hal penting untuk dibawa. Dokumen bisa berupa paspor, tiket pesawat, tiket hotel, kartu tanda penduduk, dan data-data penting lainnya. Pastikan sebelum berangkat, cek terlebih dahulu dokumen yang akan dibawa. Jika ada yang tertinggal justru akan membuat traveling-mu terganggu.

2. Handuk

Nggak cuma bawa pakaian yang sesuai untuk traveling, tapi pastikan persiapkan handuk yang mudah kering. Pilihlah handuk dengan bahan microfiber yang bentuknya tipis dan gampang kering.

3. Baju Dalam

Terkesan sepele, tetapi baju dalam menjadi bagian yang perlu diperhatikan jumlahnya. Misal dalam satu minggu berergian, maksimal bawalah 7 celana dalam dan 3 beha. Bentuknya yang kecil akan memudahkan dalam mencuci setiap hari saat mandi.

4. Cek Tanggal Menstruasi

Hal ini sangat penting mengingat setiap perempuan memiliki jatahnya setiap bulan. Jika sudah mendekati jadwal menstruasi sebaiknya bawalah pembalut agar saat siklusnya tiba, kamu tidak bingung dan panik.

5. Sarung Bali

Tak ada salahnya memasukkan sarung bali ke kopermu. Sekilas tampak seperti kain yang sederhana, tapi percayalah, sarung bali memiliki fungsi untuk membantu traveling. Sarung bali bisa menjadi alas ketika duduk di pantai atau menjadi syal saat musim dingin tiba. Fungsi syal bisa menjadi penghangat dan bisa juga menjadi sprei jika kamu tidak menyukai sprei dari penginapan.

6. Alas kaki

Demi kenyamanan dalam berjalan, alas kaki juga perlu diperhatikan. Bawalah sepasang sepatu dan sepasang sandal. Sepatu dipilih sebab menjadi alas kaki yang fleksibel dipakai di mana-mana. Pilihlah sepatu yang nyaman dipakai untuk berjalan seharian. Kalau cuma 2 minggu, maksimal bawa alas kaki. Tapi ingat kalau bepergian lebih dari 2 minggu, sebaiknya bawalah sepatu rapi, flat shoes, atau sepatu dengan bahan ayesha.

7. Obat-obatan

Melihat kondisi sedang perjalanan jauh, obat-obatan yang dibawa juga harus sesuai dengan kondisi badanmu. Pahami betul penyakit yang sering kambuh. Misalnya kamu sering merasakan pusing, flu, sakit perut, dan alergi, bawalah obat-obatan jenis penyakit tersebut. Persiapkan juga beberapa plester untuk luka, salep kulit, dan inhaleruntuk bengek. Kalau perlu bawa suplemen, bawa vitamin dosis tinggi supaya ketahanan tubuh tetap terjaga.

8. Gadget

Bawalah gadget secukupnya. Tidak perlu harus membawa semua gadget yang dimiliki demi traveling. Bahkan, jika tidak untuk digunakan bekerja, sebaiknya tidak perlu membawa laptop. Waktumu akan habis di jalan. Setelah jalan-jalan, sampai hotel biasanya akan langsung istirahat karena lelah.

Jika berpikir ingin membawa tablet, menurut Trinity juga nanggung untuk dibawa karena fungsinya sama seperti ponsel, meski layarnya lebih besar. Kamu cukup membawa ponsel dan kamera. Jangan lupa charger untuk setiap gadget, colokan T untuk mengantisipasi jika jenis colokan tiap negara berbeda.

9. Tas yang Tepat

Pemilihan tas juga penting ketika traveling. Pertanyaannya, apakah akan membawa koper atau ransel? Kembali lagi, ini tergantung pada tipikal perjalanan seperti apa yang diinginkan.

Apakah akan jalan-jalan cantik yang hanya duduk lalu diantar ke mana-mana, jadi tinggal duduk manis di negara maju? Atau harus pindah-pindah kota dengan naik-turun transportasi umum di negara berkembang? Kalau jawabannya “Ya.” untuk pertanyaan pertama, berarti menggunakan koper gede juga silakan. Namun kalau jawabannya “Ya.” pada pertanyaan kedua, ada baiknya bawa ransel.

Ketahui lebih banyak mengenai The Naked Traveler 8, karya terbaru dari Trinity. Dapatkan info selengkapnya tentang buku tersebut, di sini.

Kontributor: Novia Intan

Sumber foto: Noxeo

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *