Cerita Rakyat Timun Mas Sarat Nilai Luhur Bangsa

Tentu kita semua mengenal cerita rakyat Timun Mas. Kisah ini telah melegenda dan dikenal oleh banyak orang. Cerita rakyat adalah folklor atau tradisi lisan yang diwariskan turun-temurun. Tradisi lisan menjadi simbol identitas bersama sebuah masyarakat dan menjadi bukti keberadaan sebuah kolektif.

Cerita rakyat juga berfungsi untuk mengajarkan moralitas di dalam masyarakat. Ini berfungsi untuk mengendalikan kehidupan bersama agar teratur. Oleh karena itu, setiap cerita rakyat mengajarkan nilai-nilai luhur bangsanya.

Cerita Rakyat Timun Mas Versi Read and Play Puzzle Book

Sebagai kebudayaan lisan, cerita rakyat diwariskan turun-temurun dari mulut ke mulut. Cara penyampaiannya pun berbeda-beda. Oleh karena itu, ada banyak versi cerita rakyat yang begitu beragam. Tidak terkecuali Timun Mas.

Read and Play Puzzle Book mencoba menyajikan Timun Mas versinya sendiri. Apa yang membuatnya berbeda dari versi Timun Mas lainnya? Kita mengetahui bahwa Timun Mas adalah gadis yang berusaha melarikan diri dari sosok Raksasa Hijau yang akan memakannya. Akan tetapi, Tokoh Raksasa Hijau dalam seri Read and Play Puzzle Book bukan sosok yang jahat.

Cerita Timun Mas dalam seri ini diubah untuk menanamkan nilai positif lebih dalam kepada anak. Dengan begitu, anak-anak dapat meneladan karakter dan nilai moral di dalamnya. Dengan begitu, anak memiliki pedoman hidup yang dibawa hingga mereka dewasa.

Pengenalan dan Pelestarian Nilai Luhur Dimulai dari Keluarga

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melestarikan kebudayaan bangsa adalah dengan mengenalkan kebudayaan kepada generasi penerus sejak dini. Jangan sampai, anak-anak tidak memiliki akses dan referensi yang cukup untuk mengenal nilai-nilai luhur bangsanya. Keluarga memiliki peran yang sangat penting.

Sebagai lingkungan pertama yang dikenal oleh anak, keluarga adalah sumber belajar utama. Anak-anak akan meniru perkataan, tingkah laku, dan kebiasaan keluarganya, terutama orang tua. Oleh karena itu, Happy Parents perlu memberikan teladan yang sesuai dengan nilai-nilai luhur.

Di samping itu, mendongengkan cerita rakyat juga merupakan cara menyampaikan nilai moral dengan cara yang menyenangkan. Bahkan, mendongengkan anak dapat memberikan manfaat yang banyak bagi tumbuh kembangnya. Relasi antara orangtua dan anak pun juga akan terbangun dengan baik.

Selain cerita Timun Mas, Read and Play Puzzle Book juga hadir dalam cerita Bawang Merah Bawang Putih. Melalui dua cerita klasik ini, Happy Parents dapat menamkan nilai kebaikan pada anak sekaligus melestarikan kebudayaan Indonesia.

Mau tahu apa kelebihan seri Read and Play Puzzle Book? Baca penjelasannya di sini. Seri ini bisa segera Happy Parents koleksi di Bulan September. Agar tidak ketinggalan, ikuti terus informasinya hanya di @bentangkids.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *