fbpx

Niksen, Cara Hidup Bahagia dengan Bermalas-malasan

Cara hidup bahagia dengan bermalas-malasan bisa dilakukan dengan Niksen. Dalam bahasa Belanda, “niks” berarti nihil. Jadi, niksen secara harfiah berarti berbuat nihil alias tidak melakukan apa-apa.

Bahkan ketika melakukan “niksen” atau tidak melakukan apa-apa, otak masih memproses informasi dan otak kita senantiasa beraktivitas sementara kita kehilangan memori lama, mematri memori baru, dan menyerap lain-lain yang lebih baru lagi. Kita merenungi masalah, membuat rencana untuk masa depan, kita berkhayal.

Bahkan selagi kita tidur atau beristirahat, terjadilah sekian banyak proses di tubuh dan otak kita, kebanyakan tidak kita sadari. Paru-paru kita bernapas, jantung kita memompa, lambung dan usus kita mencerna dan mengeluarkan hormon-hormon.  Kita mungkin tidak menyadari bahwa rambut dan kuku kita memanjang, tetapi kenyataannya demikian.

Menakjubkan bahwa banyak sekali energi dan aktivitas yang kita kerahkan untuk sekadar menjadi manusia hidup, bahkan manusia hidup yang sedang tidur.

Baca juga, Niksen: Rahasia Hidup Bahagia 

Cara Hidup Bahagia dengan Tidak Melakukan Apa-apa

Banyak orang yang mengejar kebahagiaan secara membabi buta sampai-sampai stres sendiri. Olga Mecking penulis buku Niksen merekomendasikan cara hidup Bahagia. Menurutnya, kita harus mengincar kondisi mental-emosional yang diperjuangkan dan dilestarikan dengan piawai sekali oleh orang-orang Belanda: ketenteraman.

Mereka berbahagia, tetapi kebahagiaan mereka tidak meletup-letup ataupun luar biasa. Kebahagiaan mereka secara umum lebih kalem, lebih tenang. Kebahagiaan ini adalah sebentuk ketenteraman batin yang lahir berkat berlimpahnya waktu luang.

Kalian ingin tahu lebih lanjut tentang cara hidup bahagia tanpa melakukan apa-apa? Nah, kalian dapat membeli buku Niksen di sini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta