fbpx

Mengenal Peran Tasawuf di Tengah Modernisasi Jaman

Menyadari dan Mengenal Tasawuf

Peran tasawuf di tengah modernisasi jaman seperti ini menjadi cukup penting. Tasawuf merupakan ilmu yang dipelajari untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Tujuan tasawuf untuk membersihkan hati dan menyucikan jiwa guna mencapai kebahagiaan sejati. Kondisi dunia saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat di berbagai aspek kehidupan. Pertukaran budaya di seluruh negara menjadi suatu hal yang mudah ditemukan saat ini, terlebih dengan segala informasi dan media komunikasi sangat terbuka lebar bagi masyarakat. Sehingga gaya hidup manusia pun mayoritas senantiasa tidak mau ketinggalan jaman mengikuti perkembangan dunia modern.  Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk mengendalikan hawa nafsu kita terhadap segala godaan kenikmatan duniawi.

Peran tasawuf

Lantas apa sih, peran tasawuf dalam kehidupan di era modernisasi?

Tasawuf bisa menjadi sebuah “tameng diri”, pengendali hawa nafsu kita terhadap segala godaan kenikmatan duniawi yang ada. Dengan mempelajari tasawuf, yakni membersihkan hati dan kesucian jiwa kita, nafsu bisa lebih dikendalikan dan akan lebih didekatkan oleh ilham kebenaran. Adanya tasawuf juga bertujuan untuk mengembalikan nilai-nilai spiritual yang hilang dalam diri manusia.

Baca juga: Alkimia Cinta Hadirkan Sal Priadi, Habib Husein, dan Lala Bohang 

Cara Mudah Mempelajari Tasawuf

Banyak di antara kita yang berpikir bahwa mempelajari tasawuf merupakan hal yang tidak mudah, apalagi hingga harus mencapai pada tingkatan tertingginya. Namun jangan khawatir, mempelajari sesuatu tidak harus selalu langsung mahir terhadapnya. Seperti mempelajari tasawuf ini bisa dimulai dengan mengenal tasawuf dengan baik.

Ada cara mudah dan menyenangkan untuk mengenal dan mengetahui peran tasawuf, yakni dengan membaca buku Alkimia Cinta karya Haidar Bagir yang dikemas secara unik melalui penulisan syair dan syarahnya. Bahan-bahan tentang tasawuf khususnya yang bersifat filosofis dalam buku ini dipilih dengan prioritas paling penting untuk dikenali. Sebagaimana tujuan awal buku ini diciptakan, Haidar Bagir memang menginginkan agar pemahaman tentang tasawuf ini dapat diketahui oleh pembaca secara meluas. 

Buku ini bisa menjadi rekomendasi kamu untuk mempelajari tasawuf, dengan mendapatkannya di MizanStore atau melalui toko buku terdekat. Kamu bisa menemukan banyak ilmu dengan mendaras makrifat melalui syair dan syarahnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta