Kiat Sukses Mengelola Bisnis Keluarga

Memiliki bisnis bersama dengan keluarga berbeda rasanya dengan berbisnis bersama rekan bisnis lainnya. Hubungan kekeluargaan dapat menimbulkan dinamika yang cukup kompleks dalam mengelola bisnis keluarga. Salah satu hal utama yang menjadi permasalahan adalah komunikasi. Biasanya, berkomunikasi perihal bisnis dengan keluarga akan menimbulkan rasa canggung tersendiri.

Mengelola bisnis keluarga diperlukan kecermatan supaya bisnis berjalan lancar, dan hubungan kekeluargaan tetap erat. Berikut ini dua hal utama yang dapat dilakukan untuk bisa sukses menjalankan bisnis keluarga:

  1. Menetapkan Peraturan yang Jelas dan Tegas

Salah satu kelebihan bisnis keluarga adalah kedekatan lebih yang dimiliki oleh pengurusnya. Hal ini kadang membuat para pengelola bersikap seenaknya, karena hubungan keluarga yang dianggap lebih fleksibel. Sistem seperti ini tidak baik bagi bisnis keluarga. Meskipun memiliki hubungan kekeluargaan yang erat antar pengelola perusahaan, namun tetap diperlukan adanya peraturan yang mengikat di lingkaran mereka.

Maka buatlah peraturan yang jelas untuk perusahaan tersebut, dan wajib dijalankan oleh seluruh pengelola perusahaan, dalam hal ini seluruh pihak keluarga yang menjadi pengurus. Jangan sampai ada pandang bulu, sehingga jika memang harus ada konsekuensi atau hukuman yang diberikan, maka patuhi kesepakatan yang sudah dibuat.

  1. Memisahkan Urusan Keluarga dan Perusahaan saat Mengelola Bisnis Keluarga

Tantangan terbesar bisnis keluarga adalah tercampurnya urusan pribadi dan urusan keluarga. Kadang permasalahan keluarga dibawa sampai ke perusahaan, begitu pula sebaliknya. Hal seperti ini perlu dihindari. Usahakan setiap pengurus memiliki kemampuan untuk memisahkan kepentingan keluarga dan bisnis, sehingga apabila ada masalah di keluarga tidak perlu sampai mengganggu perusahaan. Sebaliknya, jika ada masalah di perusahaan jangan sampai merenggangkan hubungan keluarga.

Berbicara mengenai bisnis keluarga, Puspa Kirana mengisahkan lika-liku mengelola bisnis keluarga pada novel perdananya berjudul Ganti Suami. Konflik utama dalam novel ini adalah perjuangan mempertahankan bisnis keluarga yang tentu banyak sekali tantangannya.

Ganti Suami adalah rekomendasi yang sangat cocok untuk dibaca para pengelola bisnis keluarga, maupun orang-orang yang baru ingin mendirikan bisnis. Novel ini sudah bisa diperoleh di toko buku kesayangan, atau bisa melakukan pemesanan di linktr.ee/Bentang. Jangan sampai kehabisan, ya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta