Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Nyaring

Membaca nyaring atau read aloud merupakan salah satu cara untuk mengenalkan anak terhadap kegiatan membaca sejak dini. Praktisi Montessori, Vidya Dwina Paramita dalam bukunya Montessori: Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja menjelaskan membaca nyaring adalah cara paling mudah dan murah yang efektif dalam menaikkan prestasi dan membantu perkembangan komunikasi anak. Mudah dan murah karena kegiatan ini hanya membutuhkan tiga hal: buku, waktu, dan kemauan. Namun, membaca nyaring tidaklah sesederhana orang tua membacakan cerita dengan suara keras untuk anak. Ada hal penting lain yang mendukung berlangsungnya proses pemahaman anak lewat kegiatan ini. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua dalam melakukan membaca nyaring.

  1. Memilih waktu dan tempat yang kondusif.

Agar kegiatan membaca berjalan dengan nyaman, sebaiknya pilih waktu yang luang dan pastikan tempat membaca juga tidak terdapat hal yang menimbulkan distraksi bagi anak maupun orang tua, misalnya ponsel, laptop, tv, dan sebagainya.

 

  1. Membiarkan anak untuk memilih sendiri buku bacaannya.

Kegiatan membaca nyaring harusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Supaya anak bersemangat dan menikmati prosesnya, biarkanlah dia memilih sendiri buku apa yang ingin dibaca saat itu.

 

  1. Orang tua sudah membaca semua isi buku yang diberikan kepada anak.

Meski anak bisa memilih bukunya sendiri, tetapi pastikan pilihan-pilihan buku yang ada sudah dibaca terlebih dahulu orang tua dan sudah ter-filter. Hal tersebut agar menghindari konsep yang  bertentangan  dengan nilai keluarga masing-masing.

 

  1. Membuka ruang diskusi.

Membaca nyaring bukan tentang membacakan cerita dari A sampai Z hingga tamat. Di sini anak akan mendapatkan banyak asupan informasi dan kosakata baru sehingga perlu dibuka sebuah ruang untuk berdiskusi. Bisa dengan orang tua melakukan interaksi pada anak atau membiarkan anak bertanya ketika ia mendapati sesuatu yang ia ingin ketahui. Ketika anak lebih sering terlibat, ia akan merasa senang dan diapresiasi.

 

Nah, jika hal-hal di atas sudah bisa diterapkan, kemungkinan besar kegiatan membaca nyaring pun akan membuat si kecil ketagihan. Nantinya, ia pun pasti akan merasa familier dengan buku sehingga kegiatan membaca bukanlah sesuatu yang menyeramkan. Selain itu, manfaat membaca nyaring juga bisa mempererat hubungan antar orang tua dan anak, loh! Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *