Cara Mudah Anti Stress Mengajarkan Anak Sholat

Para orang tua muslim memiliki kewajiban untuk mengajarkan sholat kepada anak-anaknya, sebab sholat adalah ibadah wajib. Bahkan Rasulullah tidak segan-segan menyuruh orang tua memukul anaknya jika umur 10 tahun belum mendirikan sholat. Oleh sebab itu orang tua sebagiknya mengajarkan anak sholat sejak dini.

Seringkali orang tua merasa bingung mengajarkan anak sholat, karena memang mengajarkan sholat bukan hal yang mudah. Berikut akan dituliskan beberapa tips dan cara mudah mengajarkan anak sholat sejak dini.

  1. Menanamkan Pemahaman Mengenai Allah

Sejak dini, anak-anak perlu ditanamkan kepercayaan akan Allah sebagai Tuhannya. Ceritakanlah bahwa Allah adalah pencipta, penguasa, pemilik alam semesta. Ceritakan juga bagaimana Allah Maha Baik kepada makhluknya. Melalui cerita-cerita tersebut, secara tidak langsung si kecil akan paham bahwa ada penguasa di dunia ini yang menjadi Tuhannya.

  1. Menanamkan Pentingnya Ibadah

Setelah anak mengenal dan memahami keberadaan Allah sebagai Tuhannya, tanamkan kepada mereka pentingnya beribadah kepada Allah. Pahamkan kepada mereka bahwa ibadah kepada Allah merupakan kewajiban kita sebagai makhluknya, dan sholat adalah salah satu ibadah wajib. Beri tahu apa konsekuensi jika tidak melaksanakan ibadah, serta apa yang terjadi jika kita melaksanakannya.

  1. Memberi Contoh yang Baik

Anak-anak adalah peniru yang ulung. Seringkali orang tua lebih mudah menasehati mereka dengan memberi contoh, daripada hanya menasehati melalui lisan. Termasuk juga sholat, orang tua akan lebih mudah menyuruh anak sholat dengan mengajak mereka melaksanakan sholat bersama-sama. Anak lama-lama akan terbiasa dengan sholat jika setiap hari mereka melakukannya bersama dengan ayah-ibunya.

  1. Mengajarkan Anak Sholat Melalui Kisah atau Cerita

Kisah fiksi yang bercerita tentang sholat  bisa menjadi salah satu cara untuk mengajarkan sholat kepada anak-anak. Orang tua bisa membacakan buku cerita tentang sholat kepada anak-anak mereka. Salah satu buku rekomendasi untuk mengenalkan sholat kepada anak sejak dini adalah Hilangnya Sajadah Ayah karya Benny Rhamdani. Buku ringan seri read-aloud islami ini sangat membantu para orang tua yang kebingungan dengan langkah awal mengajarkan sholat anak-anaknya.

Dapatkan segera bukunya di toko buku kesayangan, atau kunjungi linktr.ee/Bentang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta