French Children Don’t Throw Food, Film Adaptasi Buku Bringing Up Bébé

Kita biasa menonton film fiksi maupun dokumenter. Sebentar lagi, kita dapat menonton film yang diadaptasi dari buku parenting, fenomena yang jarang terjadi dalam dunia perfilman. Film tersebut berjudul French Children Don’t Throw Food yang diadaptasi dari buku Bringing Up Bébé: Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis. Hebatnya lagi, Anne Hathaway akan menjadi pemeran utama sebagai Pamela Druckerman, penulis buku Bringing Up Bébé.

Buku Bringing Up Bébé menceritakan kisah sang penulis, Pamela Druckerman, yang merupakan seorang Jurnalis asal Amerika. Pamela kemudian menikah dengan seorang pria Inggris. Alih-alih tinggal di Inggris atau Amerika, Pamela dan suaminya tinggal di Prancis. Di negara urban tersebut, Pamela mengandung anak pertamanya. Seperti orang Amerika pada umumnya, Pamela mengalami rasa cemas dalam menjaga kehamilannya. Untuk menjaga kehamilannya, dia berusaha mencari tahu apa yang harus dia lakukan untuk menjaga calon bayinya tetap sehat dari berbagai sumber.

Pamela akhirnya sadar bahwa cara orang Prancis menjaga kehamilannya berbeda dari negara-negara lain. Bukan hanya itu, cara pengasuhan Prancis juga berbeda. Masalah dalam pengasuhan yang orang Amerika anggap sulit untuk ditangani, ternyata dapat ditangani dengan mudah oleh orang Prancis. Contohnya, anak-anak Prancis berkelakuan baik seperti tidak suka melempar makanan. Mereka makan apa yang disajikan di depan mereka. Mereka juga bisa tidur pada malam hari tanpa rewel bahkan sejak mereka berusia 2―3 minggu. Perilaku baik anak-anak Prancis adalah hasil pengasuhan ala Prancis yang baik dan berbeda dari negara lainnya.

 

Kenapa Perlu Difilmkan?

Film French Children Don’t Throw Food akan menceritakan kisah Pamela dalam mencari tahu cara pengasuhan Prancis. Film ini unik karena jarang ada buku parenting yang diadaptasi menjadi film. Namun, tak heran jika Bringing Up Bébé diadaptasi menjadi sebuah film. Bringing Up Bébé merupakan buku best seller yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Salah satunya ke bahasa Indonesia melalui penerbit Bentang Pustaka. Berdasarkan rating di Goodreads, Bringing Up Bébé memiliki rating yang tinggi yaitu 3.9/5.

Uniknya, buku Bringing Up Bébé memiliki judul yang berbeda-beda hampir di setiap versi. Contohnya, Bringing Up Bébé di Indonesia berjudul lengkap Bringing Up Bébé: Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis, sementara itu, di UK, buku tersebut memiliki judul sesuai dengan judul filmnya yaitu French Children Don’t Throw Food. Penerbit Penguin Press juga menerbitkan buku Bringing Up Bébé dengan judul Lust in Translation. Padahal, versi asli buku tersebut berjudul Bringing Up Bébé: One American Parents Discover The Wisdon of French Parenting.

 

Kenapa Anne Hathaway?

Sebenarnya tidak mengherankan jika Anne Hathaway terpilih menjadi pemeran Pamela Druckerman. Ibu dari dua anak ini sudah membuktikan kemampuannya dalam berakting. Selama kariernya dalam dunia seni peran, Anne Hathaway sudah membintangi berbagai film seperti, The Devil Wars Prada, The Princess Diaries, Interstellar, Les Misérables, The Dark Knight Rises dan Alice in Wonderland. Sebagian besar film yang dibintangi oleh Anne Hathaway merupakan film besar yang bisa mencapai rating IMDb di atas 6.

Selain itu, Anne sendiri sudah memenangi berbagai macam awards di berbagai nominasi dari yang biasa hingga awards paling bergengsi seperti Academy Award, Golden Globe Award, Teen Choice Award, Critics’ Choice Movie Award, BAFTA Award, dan sebagainya. Dengan pengalaman dan awards yang dia miliki beserta latar belakangnya sebagai seorang ibu, tidak diragukan lagi jika Anne Hathaway akan cocok memerankan Pamela Druckerman.

 

Produksi Film

Film ini akan dibiayai oleh Studio Canal dan diproduseri oleh Blueprint Pictures. Sebelumnya, Blueprint Pictures pernah memproduseri film Emma dan “Three Billboards Outside Ebbing, Missouri”. Naskah film French Children Don’t Throw Food sudah juga sudah dtulis oleh Jamie Monoprio dan Jonathan Stern.

Jamie Monoprio adalah seorang penulish naskah yang telah menulis naskah film I Want Candy, dan dua film seri St. Tirnian. Sementara itu, Jonathan Stern merupakan seorang produser dan pendiri Abominable Picture. Jonathan Stern telah membuktikan kemampuannya dengan dua kali memenangkan Emmy Award.

Film French Children Don’t Throw Food masih dalam proses pengerjaan dan belum memiliki tanggal rilis resmi. Bahkan, belum ada nama resmi sutradara yang akan menyutradai film tersebut. Oleh karena itu, masih memungkinkan adanya perubahan seperti dalam proses pengerjaannya. Sebelum film tersebut tanyang, akan lebih baik untuk membaca bukunya terlebih dahulu karena buku dan film kebanyakan akan dikemas berbeda. Banyak juga yang ceritanya diubah. Apalagi karena French Children Don’t Throw Food diadaptasi dari buku nonfiksi parenting, akan sangat mungkin jika buku dan film terlihat sangat berbeda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *