fbpx

Antara Sabun dan Hand Sanitizer

Penggunaan sabun dan hand sanitizer meningkat selama pandemi, sebab pada masa pandemi orang-orang diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan. Namun perlu dipahami bahwa keduanya memiliki efektivitas yang berbeda. Mencuci tangan menggunakan sabun dinilai lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer.

sabun dan hand sanitizer

Photo: Freepik

Perbandingan Antara Sabun dan Hand Sanitizer

Bagaimana keunggulan keduanya jika dibandingkan? Berikut beberapa uraian perbandingannya.

– Mencuci tangan dengan sabun dapat membantu mengeluarkan sel-sel virus dari tangan. Sedangkan penggunaan hand sanitizer kurang efektif untuk membunuh virus.

– Meskipun pembersih tangan berbasis alkohol mampu mengurangi jumlah mikroba di tangan, hand sanitizer tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman. Sehingga, cuci tangan dengan sabun lebih efektif untuk membunuh kuman

Hand sanitizer juga tidak bisa membersihkan tangan yang terlalu kotor atau berminyak, serta yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Mengapa Sabun Lebih Efektif?

Sabun dan hand sanitizer memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membersihkan tangan. Namun dibandingkan hand sanitizer, sabun memiliki kandungan bahan yang dapat mematikan kuman serta virus di tangan. Molekul sabun efektif menghancurkan permukaan membran virus dan bakteri.

Selain itu, menggosok tangan saat cuci tangan dengan sabun dapat menciptakan gesekan yang mengangkat kotoran, lemak, dan mikroba. Sabun membutuhkan waktu 20 detik untuk bisa membersihkan dan mematikan kuman di tangan.

Baca juga : Mengajarkan Kebiasaan Cuci Tangan Anak

Meskipun tidak lebih efektif daripada sabun, penggunaan hand sanitizer tetap dianjurkan pada beberapa waktu. Misalnya saat sedang bepergian jauh dan kesulitan mencari tempat cuci tangan, hand sanitizer bisa menjadi solusi. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni membersihkan tangan dari kuman penyebab timbulnya penyakit.

Di antara hand sanitizer dan sabun cuci tangan, biasanya anak-anak lebih suka menggunakan yang ringkas yakni hand sanitizer. Namun melihat pentingnya cuci tangan dengan sabun, perlu ditanamkan juga kepada anak-anak kebiasaan mencuci tangan. Mengajarkan kebiasaan cuci tangan dengan sabun bisa dimulai melalui buku Cican dan Cini Bisa Cuci Tangan Sendiri karya Wahyu Aditya. Serial Cican hadir untuk menemani anak belajar mencuci tangan dengan asyik dan menyenangkan. Dapatkan bukunya di sini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta