Upaya Nadirsyah Hosen untuk Memerangi Hoaks yang Mengatasnamakan Hadis Nabi

Saring Sebelum Sharing:

Upaya Nadirsyah Hosen untuk Memerangi Hoaks yang Mengatasnamakan Hadis Nabi

 

Nadirsyah Hosen atau biasa disapa dengan Gus Nadir, merupakan putra bungsu dari almarhum Prof. K.H. Ibrahim Hosen, seorang ulama besar ahli fikih dan fatwa yang juga pendiri dan Rektor Pertama Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) dan Institut Ilmu Al-Quran (IIQ), dan 20 tahun menjabat ketua MUI/Ketua Komisi Fatwa (1980—2000). Gus Nadir adalah orang Indonesia pertama dan satu-satunya yang menjadi dosen tetap Monash University, Australia. Sejak pertengahan 2015, Gus Nadir mengajar perkuliahan di Fakultas Hukum. Selain sebagai dosen, Gus Nadir yang telah tinggal di Australia selama 20 tahun ini menjabat sebagai Rois Syuriah Pengurus Cabang Istimewa NU di Australia dan Selandia Baru sejak 2005. Selain aktif dalam penelitian dan jurnal ilmiah, Gus Nadir memiliki tradisi keilmuan kitab yang mumpuni dan produktif dalam menulis buku-buku Islam.

Baru-baru ini, Gus Nadir menulis buku berjudul Saring Sebelum Sharing. Melalui buku ini, Gus Nadir ingin menyampaikan sekaligus mengajak pembaca Muslim untuk senantiasa berhati-hati dalam beragama dan bermuamalah kepada sesama. Buku ini hadir sebagai bentuk keresahan Gus Nadir akan isu-isu agama yang membuat gaduh Indonesia dalam dua dekade terakhir. Ada krisis yang tengah terjadi pada masyarakat Muslim Indonesia yang saat ini, di antaranya adalah kecenderungan memilih jalan instan dalam beragama, membabi buta dalam memaknai pesan agama, gemar menuduh dan menyalahkan sesama, mudahnya memproduksi dan mendistribusi hoaks di media massa, dan sikap eksklusif kepada sesama Muslim maupun non-Muslim. Berkaca pada kondisi tersebut, dalam buku ini, Gus Nadir kemudian memberikan berbagai macam kisah kearifan Rasulullah Saw. dalam segi kepemimpinan dan hidup bermasyarakat yang wajib kita teladani.

Tak heran jika buku ini mendapatkan banyak apresiasi dari beragam tokoh. Di antaranya datang dari Prof. Dr. H. Jimly Asshiddiqie, S.H., yang mengatakan, “Keteladanan Rasulullah Saw. dituturkan Gus Nadir dengan sangat fasih. Padat laksana buku teks, tapi ringan seperti novel.” Ustaz kondang, Yusuf Mansur, juga menuturkan, “Pintar berkisah, kaya akan rujukan. Buku Gus Nadir ini bikin ane tambah bangga jadi umat Nabi Muhammad.” Peneliti di Gerakan Islam Cinta, Husein Ja’far Al Hadar, mengapresiasi, “Keunggulan utama buku ini karena ditulis bukan hanya dengan pengetahuan Gus Nadir tentang Nabi Muhammad Saw., melainkan kecintaan Gus Nadir pada Nabi Saw. Mengharukan!” Dan, masih banyak tokoh lain yang mengapresiasi buku Gus Nadir ini.

Saring Sebelum Sharing akan terbit pada Maret 2019. Para pembaca bisa mendapatkan kesempatan pertama membaca buku ini dengan mengikuti pre-order pada 28 Februari—10 Maret 2019. Keuntungan yang bakal kamu dapat adalah harga yang lebih murah, yaitu Rp71.400,00 (harga asli Rp84.000,00) dan bertanda tangan Gus Nadir. Untuk informasi terbaru mengenai buku ini, bisa diperoleh melalui akun media sosial (Facebook, Instagram, dan Twitter) @bentangpustaka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *