Tip Mengajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar kepada Anak Usia Dini

Memperkenalkan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar merupakan hal esensial yang wajib diajarkan oleh para orang tua kepada anak-anaknya. Mengingat, sebagian besar kegiatan yang kita lakukan sehari-hari hampir semuanya melibatkan tangan. Tidak heran jika tangan menjadi salah satu pintu gerbang masuknya bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit ke dalam tubuh.

Pada masa-masa tumbuh kembang anak, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal tersebut memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan bereksplorasi dengan hal-hal di sekitarnya dengan memegang serta merasakan benda-benda apa pun dengan tangan mereka.

Untuk melindungi mereka dari ancaman berbagai kuman dan penyakit, sudah sepatutnya kita memperkenalkan dan memberikan edukasi sedini mungkin kepada anak-anak tentang kebiasaan mencuci tangan yang baik dan benar. Edukasi mengenai mencuci tangan yang baik dan benar diharapkan bermuara menjadi kebiasaan baik untuk diterapkan secara kontinu dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan hidup sehat lewat mencuci tangan dengan baik dan benar dapat menjadi senjata untuk melindungi anak-anak kita dari sumber penyakit akibat bakteri, kuman, infeksi, dan virus, termasuk Coronavirus, yang menjadi pandemi global saat ini.

Sebagian orang mungkin hanya mengetahui bahwa mencuci tangan itu cukup menggunakan sabun tanpa memperhatikan lebih jauh tentang langkah-langkah dan cara membasuhnya. Padahal, pada saat mencuci tangan, terdapat langkah-langkah yang harus kita perhatikan untuk memastikan kuman dan bakteri jahat di tangan kita lenyap. Oleh karena itu, berikut saya paparkan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar berdasarkan anjuran WHO(1).

Pertama, basahi tangan dengan air mengalir. Kedua, gunakan sabun secukupnya, lalu gosok kedua belah telapak tangan secara bergantian. Selanjutnya, gosok punggung tangan dengan telapak tangan beserta sela-sela jari secara bergantian. Gosok juga bagian dalam sela-sela jari dengan telapak tangan saling mengait. Selanjutnya, genggam punggung jari, lalu gosok dengan gerakan memutar secara bergantian. Genggam ibu jari, lalu gosok dengan gerakan memutar secara bergantian. Kemudian, gosok area ujung jari secara memutar ke bagian dalam telapak tangan secara bergantian. Setelah itu, gosok area pergelangan tangan secara bergantian. Lanjut bilas kedua tangan sampai bersih menggunakan air mengalir. Terakhir, keringkan tangan Anda menggunakan tisu atau handuk bersih.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: Tip Mengajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar kepada Anak Usia Dini […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *