Profil Robin Sharma

 

Pada 18 Maret 1965 di Uganda, seorang pria bernama Robin Sharma dilahirkan. Pria yang saat ini telah berumur 53 tahun ini memiliki kewarganegaraan Kanada dan telah memiliki 2 orang anak. Ia adalah lulusan Schulich School of Law di Dalhousie University, Kanada dan memulai profesi sebagai seorang pengacara. Namun, sekarang dia beralih menjadi seorang author, motivator, dan ahli dalam bidang pengembangan diri.

Mengetahui banyak sekali hal yang menjadi tanda tanya dalam dunia kepemimpinan, karya-karya Robin pun menjadi pilihan tepat bagi para pemimpin dan orang yang ingin mengembangkan dirinya. Berbagai masukan ia berikan kepada calon pemimpin dan bahkan para pemimpin perusahaan terkenal untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Buku best seller pertama The Monk Who Sold Ferrari menjadi tolok kesuksesan yang ia raih saat ini. Buku tersebut mampu memberikan pencerahan bagi setiap yang membacanya agar mampu memahami diri sendiri dan memberikan arti bahagia yang sesungguhnya.

Saat ini Robin Sharma adalah seorang penulis terkenal di kancah internasional. Buku-buku yang ia tulis seperti The Leader Who Had No Title, selalu menjadi best seller sehingga menjadikannya penulis mega-best seller. Robin Sharma mulai populer ketika buku yang berjudul The Monk Who Sold His Ferrari muncul di berbagai toko buku. Karya-karyanya telah terjual lebih dari 5.000.000 juta kopi dan telah diterjemahkan lebih dari 70 bahasa. Beberapa karya yang pernah menempati best seller urutan pertama yaitu; The Monk Who Sold His Ferrari (1997), Who Will Cry When You Die (1999), The Saint, the Surfer, and the CEO (2002), The Greatness Guide (2006) dan masih banyak lagi. Buku terbarunya yang berjudul The 5AM Club baru saja terbit Desember 2018 lalu.

Karya-karya yang dia ciptakan menjadi menarik karena tidak membuat isi bukunya seperti buku motivasi kebanyakan. Dia selalu menulis dengan memberikan ilustrasi secara fiksi, tetapi tetap berpacu pada materi-materi yang ingin ia sampaikan. Ilustrasi tersebut mampu memberikan gambaran secara tidak langsung kepada para pembaca sehingga membacanya pun menjadi menyenangkan.

Robin Sharma adalah seorang ahli dalam bidang kepemimpinan, perubahan manajemen dan penguasaan diri. Ia menjadi salah satu konsultan tepercaya di dunia dalam bidang kepemimpinan organisasi dan pribadi. Berdasarkan hasil survei, dari 22.000 pebisnis, Robin menjadi salah seorang dari lima ahli kepemimpinan utama di dunia. Dia pernah dipilih menjadi konsultan kepemimpinan pada banyak perusahaan terkenal saat ini yang termasuk dalam Fortune 500; seperti Microsoft, GE, Nike, FedEx, dan IBM, juga berbagai organisasi seperti Yale University, American Red Cross, dan Young Presidents Organization. Robin pernah menjadi speaker dalam berbagai acara yang juga diisi oleh Bill Clinton, Jack Welch, Stephen Covey, Ken Blanchard, Deepak Chopra, dan Dr. Phil.

Robin Sharma juga merupakan CEO dari Sharma Leadership International (SLI), Inc., dan 960vets.com. SLI menjadi tempat belajar bagi para pemimpin perusahaan yang membutuhkan bimbingan dalam hal kepemimpinan. Di SLI, Robin Sharma secara langsung membimbing para pemimpin tersebut dan secara pribadi menyeleksi kebutuhan dari setiap pemimpin. Sementara 960vets.com adalah sumber maya tempat Robin Sharma membimbing para veteran perang Amerika yang beralih dari kehidupan militer ke kehidupan penduduk sipil. Robin Sharma juga mendirikan The Robin Sharma Foundation For Children dengan tujuan membantu anak-anak agar menyadari potensi kepemimpinan mereka.

Robin Sharma memiliki situs web pribadi yaitu robinsharma.com. Di dalam situs web tersebut siapa saja bisa bergabung untuk mendapatkan materi mengenai kepemimpinan dan juga ada podcast yang bisa didengarkan. Selain itu, di dalam situs web tersebut juga bisa ditemukan informasi mengenai event, blog, buku, dan juga pelatihan. Robin Sharma juga memiliki akun YouTube yang bisa diakses oleh siapa saja dengan berbagai konten menarik dan juga mendidik.

Ketahui lebih banyak tentang The Leader Who Had No Tittle karya Robin Sharma. Dapatkan info selengkapnya mengenai buku tersebut di sini.

Kontributor: Widi Hermawan

Sumber gambar: robinsharma.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *