Kebudayaan Unik di Swedia, Mana yang Menarik Perhatianmu?

Swedia yang merupakan salah satu negara paling baik versi United Nations memiliki banyak kebudayaan unik dan gaya hidup yang bisa kamu contoh, lho. Penasaran apa saja kebudayaan Swedia yang unik? Berikut ini penjelasannya.

Swedia yang merupakan salah satu negara paling baik  versi United Nations memiliki banyak kebudayaan unik dan gaya hidup yang bisa kamu contoh, lho. Penasaran apa saja kebudayaan Swedia yang unik? Berikut ini penjelasannya.

Kebudayaan Fika, Budaya Mengobrol sambil Minum Kopi

Fika, yang dalam bahasa Swedia memiliki arti minum kopi, makan makanan manis dan mengobrol ini merupakan bagian dari pekerjaan yang harus dilakukan dalam sehari, seperti halnya melakukan tugas tugas di kantor saat bekerja. Budaya Fika sudah menjadi kebudayaan Swedia untuk berkumpul makan, minum, serta mengobrol, yang sudah menjadi kebiasaan kerja yang diizinkan. Bahkan, beberapa perusahaan di Stockholm dan Malmo mewajibkan untuk melakukan kebiasaan ini dan memberikan pegawainya minuman hangat gratis pada saat jam istirahat. Budaya minum kopi, makan manis, dan mengobrol pada siang hari ini juga dianggap dapat meningkatkan produktivitas kerja, lho. Wah, menarik, ya?

Meninggalkan Barang yang Sudah Tidak Dipakai

Var sa god och ta atau dalam bahasa Indonesia artinya silakan diambil, ini adalah salah satu kebudayaan Swedia yang unik selanjutnya. Masyarakat Swedia memiliki kebiasaan meninggalkan barang yang sudah tidak mereka pakai di tempat umum agar dapat diambil dan dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkannya. Barang yang ditinggalkan pun beragam, mulai dari pakaian, karpet, hingga perabot rumah tangga. Barang ini pun bukan barang yang rusak atau sudah tak layak pakai. Mereka memutuskan untuk meninggalkan barang mereka untuk diambil orang lain karena sudah tidak memerlukannya. Wah, kebudayaan Swedia yang satu ini sepertinya bisa untuk kamu contoh, lho.

Budaya Vegetarian

Hal menarik lain dari kebudayaan Swedia adalah dari budaya makannya. Vegetarian sepertinya sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat Swedia, khususnya pada kalangan wanita. Itu sebabnya bila kamu berkunjung ke Swedia akan lebih mudah menemui restoran dengan menu vegetarian di mana mana. Penasaran dengan alasannya? Warga Swedia menganggap bahwa konsumsi daging merupakan kontributor terbesar dalam pemanasan global. Dengan mengurangi konsumsi daging, mereka berharap dapat berpartisipasi secara aktif dalam mengurangi efek tersebut.

Budaya Ontime

Di Swedia, waktu menjadi hal yang penting sehingga tuntutan untuk selalu tepat waktu sudah menjadi budaya di negara ini. Masyarakat Swedia terkenal sangat teratur, taat peraturan dan selalu ontime. Jadwal transportasi umum seperti bus dan kereta pun sangat tepat waktu, kalaupun ada keterlambatan tidak akan lebih dari 3 menit. Dalam hal membuat janji bertemu pun sama, mereka akan datang tepat pada jam yang ditentukan, tidak lebih awal apalagi telat hingga 10 menit.

Jadi, setelah tahu berbagai macam budaya unik yang ada di Swedia, kamu lebih tertarik dengan kebudayaan Swedia yang mana? Atau mungkin Sahabat Bentang ingin tahu lebih dalam dengan budaya Swedia? Mungkin sekalian kenalan dengan kakek Allan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta