Ide Bermain Sambil Belajar ala Montessori, Menarik Buat Dicoba!

Kegiatan bermain sambil belajar apa ya yang menarik buat anak-anak? Buat Sobat Bentang yang sudah memiliki si kecil, mungkin kerap kebingungan dalam menentukan aktivitas anak. Nah, memahami montessori dapat membantu para orang tua dalam mendidik sekaligus mengasah pola pikir anak lho. Metode ini juga bagus dalam mengembangkan karakter anak sejak dini.

 

Pada metode montessori, fokusnya ada pada kebebasan serta kemandirian anak dalam belajar. Sebagai orang tua, tugasnya hanya sebatas mengawasi, mendampingi, serta memberikan penilaian atau wawasan. Lewat cara ini, anak lebih mudah menemukan ruang untuk eksplorasi diri dengan cara nyaman. Berikut ini ada beberapa manfaat serta ide kegiatan bermain sambil belajar ala montessori yang bisa kamu praktikkan! 

 

Manfaat Montessori bagi Anak

Pentingnya pendidikan montessori buat anak

Sumber: Freepik

 

Montessori bukan hanya berguna bagi orang tua dalam mendidik anak. Metode ini juga punya manfaat besar bagi perkembangan anak. Pasalnya, metode ini membebaskan anak dalam memilih kegiatan sehingga mampu menstimulasi otaknya. Alhasil, penggunaan montessori sejak usia ini sangatlah dianjurkan.

 

Beberapa manfaat pendidikan montessori bagi anak-anak antara lain sebagai berikut:

  • Anak terlatih memecahkan masalah. Dengan adanya eksplorasi secara mandiri, anak terbiasa untuk mencari jalan keluar jika menemui masalah.
  • Karena anak bebas mencoba banyak hal, potensi anak pun jadi terasah. Saat orang tua paham potensi terbesar seorang anak, orang tua dapat memfasilitasi kegiatan lain yang relevan.
  • Bagus dalam melatih sosialisasi. Montessori tidak hanya menawarkan kegiatan mandiri, tetapi juga kolaboratif. Dalam hal ini, anak juga akan lebih familiar dalam kerja kelompok.
  • Mengasah kemampuan kognitif anak. Karena tidak adanya banyak campur tangan orang tua dalam proses belajar, kognitif anak pun dapat meningkat. Kemampuan ini meliputi mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

 

Kegiatan Bermain sambil Belajar dengan Montessori

Ide aktivitas bermain sambil belajar

Sumber: Freepik

 

Pada prinsipnya, montessori melatih anak lebih aktif dan mandiri. Orang tua bertugas menyediakan beberapa kegiatan sebagai arena belajar anak. Nah, berikut ini ada beberapa ide aktivitas bermain sambil belajar ala montessori yang bisa Sobat Bentang pilih. Coba ajak si kecil bermain hal-hal ini yuk!

 

1. Menyortir Warna

Ini kegiatan paling sederhana, tetapi punya dampak besar ke anak. Cobalah untuk memilih kancing dengan aneka warna, katakanlah minimal lima warna berbeda. Sediakan lima mangkuk dan ajak anak untuk menyortir kancing-kancing tadi berdasarkan warna. Misalnya, mangkuk pertama untuk warna merah, mangkuk kedua untuk warna kuning, dan seterusnya. Ingat, orang tua tugasnya mendampingi anak, sebisa mungkin tidak perlu memberi instruksi berlebihan saat anak bermain ya!

 

2. Origami

Bermain sambil belajar lewat membuat benda dari origami ternyata dapat melatih motorik halus anak. Pasalnya, origami melatih keterampilan jemari anak-anak untuk membentuk suatu hal dari selembar kertas. Permainan ini selaras dengan metode montessori. Selain itu, bermain origami juga mengasah kerapian seorang anak, terutama dalam melipat. Agar tidak terlalu susah, orang tua dapat memulainya dari origami yang berukuran kecil.

 

3. Mengurutkan Benda Besar ke Kecil

Aktivitas selanjutnya ini bisa menggunakan benda-benda yang sudah ada di rumah. Ajak si kecil untuk menyortir sekaligus mengurutkan aneka barang, mulai dari ukuran terbesar ke terkecil. Permainan ini dapat melatih anak dalam memahami perbedaan ukuran benda-benda. Orang tua dapat memanfaatkan benda seperti mangkok, piring, hingga ember untuk diurutkan oleh anak.

 

Baca Juga: Ssstt.. Ajak Anak Main “Silence Game” Untuk Terapkan Metode Montessori!

 

4. Membuat Gelembung Sabun

Anak-anak paling suka bermain gelembung sabun. Namun, sesekali ajak mereka untuk ikut membuat mainan tersebut. Orang tua cukup menyediakan bahan seperti mangkuk, air, sabun cuci piring, dan peniup gelembung. Anak mesti mencampurkan semua bahan sampai rata, lalu minta mereka meniup gelembungnya. Setelah selesai bermain, ingatkan anak untuk membereskan semua peralatan dan mencucinya.

 

5. Terapung atau Tenggelam

Permainan berikutnya dapat mengedukasi anak mengenai sifat-sifat benda. Sediakan beberapa benda yang ada di rumah dan minta anak untuk menaruhnya ke wadah berisi air. Saat benda sudah masuk wadah, tanyakan ke anak apakah benda tersebut terapung atau tenggelam. Orang tua dapat memberi penjelasan kenapa benda tersebut tenggelam atau terapung. Dengan begitu, anak mendapatkan pemahaman baru selama belajar.

 

Itulah tadi beberapa ide kegiatan bermain sambil belajar yang asyik buat anak. Jika Sobat Bentang butuh ide aktivitas lainnya, bisa lho memakai paket Healthy Kids Universe dari Mandira. Paket ini menyediakan aneka kegiatan buat anak ala metode montessori yang bermanfaat. Dapatkan Healthy Kids Universe di Book Advisor Mandira di seluruh Indonesia!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - Bentang Pustaka