Arti Anak Bungsu dan Karakternya yang Tak Kalah Tangguh

Barangkali banyak orang memeberi arti anak bungsu hanyalah sebatas anak paling manja dan kekanakan dalam keluarga. Buat Sobel yang tergolong anak bungsu, apakah sepakat dengan pendapat tersebut? Sebagai anggota keluarga paling muda, keberadaan anak bungsu kerap orang anggap sebelah mata. Orang-orang meremehkannya karena dinilai kurang bisa mandiri, egois, hingga mau menang sendiri.

 

Padahal, belum tentu anak bungsu akan bersikap seperti itu, lho. Sama halnya seperti anak lainnya, si bungsu pun punya kekuatan dan keberanian tersendiri. Hanya saja, kadang keluarga tidak terlalu bisa melihat ketangguhan tersebut karena sudah terlanjur melabeli sebagai si manja. Berikut ulasan singkat mengenai arti anak bungsu beserta beberapa karakternya yang tangguh dan kuat:

Arti Anak Bungsu

Pada dasarnya, anak bungsu merupakan anak termuda pada sebuah keluarga. Karena keberadaannya sebagai yang paling kecil, anak bungsu terbiasa mendapat perhatian dan kasih sayang paling banyak. Baik itu dari orang tua, saudara, kakek, nenek, dan lain-lain. Nah, hal inilah yang kemudian membuat anak bungsu terkesan manja karena selalu memperoleh banyak cinta.

Selain itu, ada juga orang tua yang memberikan arti anak bungsu sebagai anak paling butuh perlindungan. Dengan usia paling muda, tingkah laku si bungsu paling sering orang tua awasi. Alhasil, beberapa anak bungsu sering kali kesulitan mengambil keputusan karena terlalu banyak diarahkan orang tua. Ini lalu membuat anak bungsu terkesan canggung dan takut ambil risiko saat bertemu masalah.

Karakter Tangguh Anak Bungsu

Anak bungsu itu seperti apa sih?

Sumber: Freepik

Namun, tidak selamanya arti anak bungsu identik dengan manja. Sekalipun termasuk yang paling muda dalam keluarga, anak bungsu tetap bisa kok berdiri tangguh. Si paling kecil tidak selalu butuh perlindungan berlebihan. Para anak bungsu justru memerlukan banyak kepercayaan karena mereka juga yakin, mereka sanggup jadi anak tangguh.

1. Penyayang

Si paling kecil ini memang banyak memperoleh kasih sayang berlimpah. Hal tersebut tidak selalu membuat si bungsu jadi manja, lho. Justru dengan banyaknya cinta yang para anak bungsu terima, mereka menjadi lebih mudah menyayangi orang lain pula. Anak bungsu punya kemampuan memberi kasih dengan sepenuh hati.

Nah, karakter penyayang inilah yang membuat anak bungsu kian mudah dicintai banyak orang. Siapa pun yang berada dekat anak bungsu, rasanya dapat ikut merasakan kasih. Bagi anak bungsu, mengalirkan kasih dan sayang ke orang lain adalah cara untuk mencintai dirinya sendiri juga. Kalau sudah begitu, sifat manja yang kerap menempel pada anak bungsu pun bisa hilang.

2. Bebas dan Suka Petualangan

Perlakuan orang tua terhadap anak termuda sering kali terkesan berlebihan. Anak bungsu memandangnya sebagai over protective dan itu sangat mengganggu. Padahal, si paling kecil itu juga butuh menentukan pilihan dan membuat keputusan sendiri. Maka, jangan heran jika beberapa anak bungsu justru punya jiwa petualang karena ingin lepas dari ikatan ketat orang tua.

Selain itu, orang tua juga jarang memberikan tanggung jawab besar pada si bungsu. Alhasil, para anak bungsu juga gemar bersikap bebas tanpa banyak beban. Anak paling termuda dalam sebuah keluarga biasanya paling bebas melakukan banyak hobi dan kegiatan. Namun, tetap saja kebebasan si bungsu mestinya dalam koridor yang mampu mereka pertanggungjawabkan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Cerita Fantasi Dongeng Amat Digemari Remaja

3. Peka

Sebagian orang menganggap anak paling muda dalam keluarga itu cengeng atau mudah menangis. Ya, kebanyakan anak bungsu memang sensitif alias perasa. Si bungsu jarang menyembunyikan perasaan secara terang-terangan. Saat sedih pun, mereka akan mengungkapkannya dengan cukup gamblang.

Namun, terdapat juga ketangguhan dalam sifat ini lho. Sifat perasa para bungsu membuat mereka mudah peka pada perasaan orang lain pula. Bahkan, anak bungsu biasanya paling bisa berempati pada kakak maupun orang tua mereka. Berada dekat anak bungsu dapat melegakan karena mereka cenderung mudah memahami perasaan orang sekitar.

4. Pandai Berteman

Sampai sini jadi makin jelas ya kalau arti anak bungsu tidak melulu manja saja. Terakhir, si paling kecil dalam keluarga juga paling jago menjalin pertemanan. Sebagian besar anak bungsu bersikap easy going dan itulah yang memudahkankannya berteman dengan siapa saja. Selama berada pada lingkungan yang membuat nyaman, anak bungsu betah berlama-lama.

 

Tidak heran jika kemudian relasi pertemanan si bungsu cukup luas. Mau dari teman sekolah, teman kompleks, teman komunitas, dan lain-lain. Sosok bungsu yang menyenangkan membuatnya mudah disukai orang. Si bungsu jarang mengalami kesulitan saat berada pada tempat baru.

 

Itulah tadi beberapa arti anak bungsu yang sebenarnya. Bentang Pustaka punya novel terbaru yang cocok buat para anak bungsu nih. Judulnya Six Crimson Crane karya Elizabeth Lim. Tokoh utamanya adalah anak bungsu sekaligus putri kerajaan bernama Shiori yang punya misi besar untuk menyelamatkan ketujuh kakaknya. Yuk Sobel, pesan bukunya di sini biar bisa menyaksikan ketangguhan si bungsu Shiori!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - Bentang Pustaka