Cara Agar Anak Makan Buah dan Sayur? Ini Tipsnya!

Anak-anak sering kali susah makan buah dan sayur. Tentunya membiasakan anak untuk makan buah dan sayur menjadi tantangan bagi orang tua. Namun, dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat membantu anak mengembangkan kebiasaan makan makanan sehat.

Langkah agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda tempuh untuk membuat anak Anda menyukai buah dan sayur.

  1. Menjadi Contoh yang Baik

Anak adalah peniru yang andal. Oleh sebab itu, pastikan Anda sendiri makan buah dan sayur secara teratur. Ketika anak-anak melihat orang tua, mereka menikmati makanan sehat, mereka cenderung ingin mencobanya juga.

  1. Buat Penyajian yang Menarik

Penyajian makanan sangat memengaruhi selera makan anak. Untuk itu, cobalah untuk menyajikan buah dan sayur dalam bentuk yang unik dan menarik, misalnya membuat wajah senyum atau membuat karakter kesukaan anak. Anda juga bisa menggunakan cetakan kue untuk memotong buah dan sayur menjadi bentuk-bentuk lucu.

  1. Ajak Anak Memasak Bersama

Mengajak anak memasak bersama membuat mereka lebih tertarik untuk mencoba makanan yang telah dibuat. Ajak mereka membantu mencuci, memotong, atau menyiapkan buah dan sayur. Kegiatan ini memberikan mereka pengalaman positif terhadap makanan sehat.

  1. Kenalkan secara Bertahap

Penting untuk diingat, jangan memaksa anak untuk makan banyak buah dan sayur sekaligus. Mulailah dengan memperkenalkan satu jenis buah atau sayur baru dalam jumlah kecil. Berikan anak waktu untuk mengenal rasa dan tekstur makanan baru tanpa tekanan.

  1. Disiplin dengan Jadwal Makan

Anak-anak harus memiliki waktu makan yang teratur dan hindari memberikan terlalu banyak camilan tidak sehat di antara waktu makan. Dengan cara ini, anak-anak cenderung mencoba makanan yang disajikan ketika mereka lapar di waktu makan. 

  1. Kombinasikan dengan Makanan Favorit

Cobalah untuk mencampurkan buah dan sayur dengan makanan yang disukai anak Anda. Misalnya, tambahkan irisan buah ke dalam yoghurt atau campurkan sayuran ke dalam saus pasta favorit mereka. Dengan demikian, anak dapat mengenali bahwa makanan sehat juga bisa enak. 

  1. Berikan Beberapa Pilihan

Anda dapat memberikan beberapa pilihan buah dan sayur yang diinginkan kepada anak. Dengan memberikan pilihan, anak-anak merasa lebih berdaya dan lebih mungkin untuk makan makanan yang mereka pilih sendiri.

  1. Berikan Apresiasi dan Pujian

Berikan apresiasi dan pujian setiap anak Anda mencoba atau menikmati buah dan sayur. Apresiasi positif dan pujian dapat membantu membangun kebiasaan makan yang baik dan membuat anak merasa bangga atas pencapaiannya.

Rekomendasi Buku untuk Mengenalkan Buah dan Sayur pada Anak

Untuk membantu mengenalkan anak pada buah dan sayur dengan cara yang menyenangkan, Anda dapat memberikan buku bacaan kepada anak. Dengan mempelajari buah dan sayur melalui buku yang seru, anak dapat tergerak untuk mencoba berbagai buah dan sayur yang mereka pelajari. Salah satu buku yang dapat Anda berikan adalah My First Book 101 Fruits & Vegetables dari Bentang Pustaka. Jika Anda tertarik, Anda dapat membelinya melalui tautan berikut ini.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat melalui buah dan sayur kepada anak. Penting untuk diingat, kesabaran dan kreativitas adalah kunci utama untuk menyukseskan proses ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta