Apa benar anak-anak itu bagai kertas putih yang kosong? Maria Montessori meyakini bahwa tidak ada konsep kertas kosong yang bisa dilekatkan pada anak-anak. Sebab sejak lahir, sesungguhnya mereka telah memiliki sifat, minat, bakat, hingga kecenderungan tersendiri yang siap untuk dikembangkan. Tugas kita sebagai orang tua adalah memfasilitasi dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Berikut ini adalah beberapa koleksi buku Montessori terbaik yang bisa menjadi teman dalam membersamai anak.

Jatuh Hati pada Montessori memberikan penjelasan secara lengkap terkait kebutuhan setiap orang tua yang ingin mengawali proses pendampingan anak menggunakan metode Montessori. Di dalamnya berisi langkah-langkah dasar dalam memahami dan mempraktikkan secara langsung filosofi Montessori dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja merupakan rumus Montessori tertulis bagi para orang tua yang ingin belajar teknik mengajari anak cara membaca sekaligus mengenalkan  makna setiap kata melalui teknik fonik atau mengenali bunyi huruf, bukan nama huruf.

PROFIL PENULIS:

Vidya Dwina Paramita berkarier selama lebih dari 12 tahun sebagai Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini yang saat ini lebih dikenal sebagai  seorang Montessorian. Mendirikan lembaga Filosofi Montessori Indonesia pada 2017 bersama sang suami. Vidya semakin mencintai dunia pengajaran anak dengan giat menjadi trainer serta pembicara di berbagai seminar dan pelatihan, baik bagi guru maupun orang tua. Vidya juga merupakan Co-Founder Sekolah Montessori Rumah Krucil, sebuah sekolah untuk anak usia dini di daerah Bekasi, Jawa Barat. Ibu satu anak ini percaya bahwa kunci dari suksesnya pendidikan dan pengasuhan adalah teredukasinya orang dewasa di sekeliling anak.

Islamic Montessori Inspired Activity merupakan buku karya Zahra Zahira untuk memberikan solusi bagi orang tua yang ingin ber-Montessori di rumah, tetapi terhambat dengan beberapa material Montessori yang harus dimiliki. Bermula dari keterbatasan itu, Zahra Zahira membuat lesson plan activity yang terinspirasi dari kurikulum dan filosofi Montessori. Berbekal peralatan sederhana yang mudah ditemukan di sekitar kita, Zahra membagikan aktivitas Montessori ke dalam 30 tema mingguan, sekaligus menyisipkan pengenalan nilai-nilai islami dalam setiap aktivitas Montessori sehingga dapat mendekatkan anak-anak kepada Allah dan mengenalkan Islam sejak dini.

PROFIL PENULIS:

Ketertarikan pada anak usia dini membuat Zahra Zahira mengambil Diploma Montessori dan Diploma Special Needs di College Allied Educator, Jakarta. Dedikasinya mengantarkan ia bekerja di salah satu Child Care di Melbourne, Australia dan di klinik CoolKid Psychology, Melbourne, Australia. Semasa studinya, Zahra juga menerapkan Montessori secara praktikal di Melbourne Montessori School, Australia. Saat ini, kesibukannya mengelola sekolah Islamic Montessori pertama di Kota Depok, Jawa Barat, Granada Preschool & Kindergarten @granadapreschool.

Cerdas selalu diidentikkan dengan prestasi akademik. Padahal sebenarnya, setiap anak memiliki 9 kecerdasan majemuk yang ada dalam dirinya. Sementara itu, Montessori hampir selalu diidentikkan dengan aktivitas bermain-main bersama anak-anak. Siapa sangka, bahwa di balik setiap stimulasi Montessori yang kita lakukan, bisa mengasah semua kecerdasan majemuk anak.

Melalui buku ini, Ivy akan mengupas beberapa aktivitas atau stimulasi Montessori yang bisa kita lakukan untuk mengasah kesembilan kecerdasan majemuk anak. Apabila anak memiliki kecerdasan majemuk yang berimbang porsinya, mereka akan tumbuh menjadi makhluk sosial yang tangguh dan berdaya guna untuk mendukung kecerdasan spesifiknya.

PROFIL PENULIS:

Ivy Maya Savitri, merupakan perintis dan Pimpinan Pra-sekolah Rumah Montessori. Sekaligus perintis dan trainer di Pusat Belajar & Pelatihan Rumah Montessori Tangerang Selatan (Pusat Pelatihan Metode Montessori PAUD). Ivy, begitu panggilan akrabnya, kerap menjadi pembicara di berbagai seminar parenting, Montessori. Konsultan dan trainer di beberapa pra-sekolah dalam penerapan & pelaksanaan metode Montessori dengan berbagai macam pengalaman bersertifikat di dalam dan luar negeri yang dia dapatkan.

BACA JUGA:

Ide Kegiatan Keterampilan Hidup untuk Montessori di Rumah
Casa dei Bambini, Sekolah Montessori Pertama di Dunia

Bingung menghabiskan waktu di rumah bersama si kecil?

Yuk, manfaatkan momen bermain dan belajar di rumah menggunakan Berhitung Smart Box Montessori Edutoys. Mainan edukasi untuk mendampingi anak-anak belajar berhitung menggunakan angka dan objek berdasarkan metode Montessori. Disesuaikan dengan tingkat pembelajaran anak yang dilengkapi fitur wipe and clean dan tracing untuk bantu anak belajar menulis sekaligus menambah kosakata.

Disusun berdasarkan metode Montessori, Berhitung Smartbox dirancang sesuai dengan tingkat pembelajaran anak usia 3 tahun ke atas untuk mampu belajar berhitung sekaligus menulis dengan fitur tracing dan wipe and clean. Berfungsi pula untuk melatih skill motorik halus anak serta mengenalkan konsep ganjil-genap secara bilingual.

Emma Kristanti, Montessori Trainer MMI Indonesia

“Adalah penting bagi anak untuk belajar sesuatu dengan konkret, panca indranya harus selalu distimulasi agar dapat memahami sebuah konsep. Montessori percaya bahwa, “What the hand does, the mind remembers.” Berhitung Smart Box dari Bentang Kids memfasilitasi hal itu.
Terima kasih Bentang Kids sudah memperkenalkan permainan edukasi ini.”

Emma Kristanti, Montessori Trainer MMI Indonesia
Ivy Maya Savitri, Montessori Trainer, pendiri Sekolah Rumah Montessori

“Isinya menarik baik warna, bentuk, dan bahan materialnya. Paket ini berupaya maksimal menstimulasi aspek kecerdasan anak yang berasal dari kelima area pembelajaran Montessori dalam satu paket kegiatan. Dapat memperkaya ragam pilihan aktivitas Montessori yang bertujuan mengembangkan kemampuan dasar anak dengan harga bersahabat.”

Ivy Maya Savitri, Montessori Trainer, pendiri Sekolah Rumah Montessori

Spesifikasi Produk

Jenis Kertas Isi: Board + Duplex

Jenis Kertas Box: Board + Duplex

Format kover: 23 x 15,5 x 3,5 cm

Kategori: Boardgame

Penerbit: Bentang Kids

Berat: 400 gr

© Copyright - PT. Bentang Pustaka Yogyakarta