Mendirikan Startup yang Tahan Banting

Dalam kurun beberapa tahun ini bermunculan startup baru. Orang berlomba mendirikan startup yang bidangnya berbeda-beda. Sayangnya, tidak lama berselang beberapa startup justru bukan semakin bertumbuh malah semakin meredup. Lama-kelamaan beberapa justru menghilang tidak terdengar kabarnya. Apa yang salah dari strategi dan keputusan mereka?

Ada 5 jurus agar startup yang kamu dirikan mampu bertahan lama sehingga tidak memudar ditelan zaman. Berikut ulasannya:

  1. Tentukan Target Pasarmu

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mendirikan startup, tentu saja membuat target pasar. Untuk siapa startup-mu dibuat? Siapa nanti yang akan jadi penggunanya? Lakukan riset sederhana terkait dengan target pasarmu.

Pahami kompetisi di lapangan serta perhatikan produk dan pelayanan yang menguntungkan. Ini merupakah hal mendasar yang perlu dilakukan sebelum mendirikan startup. Informasi-informasi tersebut akan membantumu merancang rencana bisnis dan mengidentifikasi target pasarmu.

  1. Buatlah Visi untuk Bisnismu

Masalah apa yang bisa diselesaikan menggunakan startup kamu? Buatlah target jangka panjang dan susunlah rencana terkait langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut. Hal ini akan membantumu untuk tetap fokus pada target startup. Selain itu membuat visi membantumu tetap termotivasi untuk mengembangkan startup kamu.

  1. Pilih Nama yang Mudah Diingat dan Menarik

Jangan salah, meskipun terlihat sepele, namu nama yang menarik dan outstanding akan membuat produkmu mudah diingat. Brand yang menarik membantu bisnis kamu dikenal luas oleh masyarakat. Pilih nama yang unik namun tetap profesional, sehingga selain dikenal luas, bisnis kamu akan mudah dicari orang.

  1. Perluas Jaringanmu

Hal yang tak kalah penting saat mendirikan startup, tentu saja memperluas jaringan untuk menambah relasi. Kunjungi pameran industri dan temui pendiri-pendiri bisnis lainnya (CEO). Aktiflah di sosial media dan buatlah branding yang menarik.

Bergabunglah dengan grup online para CEO bisnis dan berdiskusi dengan mereka untuk menambah pengetahuan tentang dunia startup. Jadilah orang yang terbuka menerima saran, kritik, dan masukan!

  1. Jangan Ragu untuk Berinvestasi

Saat masa-masa mendirikan startup barangkali kamu belum memiliki budget yang besar untuk bisnismu. Tapi ingatlah bahwa investasi termasuk faktor yang besar untuk menentukan kesuksesan bisnismu. Selain investasi dalam bentuk materi (uang), investasi pengetahuan juga penting dirimu dan kemajuan startup kamu.

Mendirikan startup bisa menjadi satu hal yang menantang. Eric Ries memberikan rahasia sukses untuk bisa terus menciptakan inovasi dalam berbisnis melalui bukunya yang berjudul The Lean Startup. Buku ini memberikan tips-tips untuk membantumu memperkuat bisnismu sehingga tidak mudah redup ditelan zaman. Dapatkan bukunya di sini atau kunjungi toko buku kesayanganmu. (H.N. Faizah)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta