Ini Lho Makna Cinta Menurut Buku Mencintaimu Sampai Kau Mau

Makna cinta menjadi salah satu hal yang cukup menggelitik, terutama buat kamu yang tengah dalam perjalanan menemukannya. Bertumbuh dewasa berarti akan menghadapi jatuh bangun cinta. Entah itu cinta dalam diam, cinta yang terbalas, atau bahkan cinta yang tidak terbalas. Kamu mungkin sekarang belum menemukan cinta dan bisa jadi masih menggali-gali arti dari cinta itu sendiri.

Dalam buku terbarunya, Kurniawan Gunadi menuliskan berbagai prosa pendek mengenai cinta. Semuanya terangkum dalam buku berjudul Mencintaimu Sampai Kau Mau. Tidak hanya berisi tulisan-tulisan pendek yang menggugah kesadaranmu akan cinta, penulis juga menyelipkan makna cinta yang menyentuh. Untuk Sobat Bentang yang lagi galau akan hadirnya cinta, yuk coba simak pesan-pesan dari Kurniawan Gunadi ini!

Cinta Bukan Semata Perkara Fisik

Cinta bukan sekadar keelokan fisik

Sumber: Freepik

Dalam beberapa kejadian, jatuh cinta identik dengan keelokan fisik seseorang. Kamu boleh saja kok merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama karena seseorang tampak menarik. Namun, coba deh kamu tilik kembali perasaan itu. Pada akhirnya, cinta itu bukan hanya perkara fisik. Cinta akan selalu banyak melibatkan hati.

Saat kamu jatuh cinta dengan seseorang, kamu tidak hanya bisa mengandalkan fisik semata. Tubuh manusia akan menua, maka otomatis fisik seseorang ikut berubah. Kecantikan fisik dapat memudar, namun kecantikan hati akan terus bertahan. Oleh sebab itu, lihat kesungguhan hati seseorang ketika menjalin hubungan. Ketika kamu mencintai hatinya, sampai selamanya pun cintamu tidak akan pudar.

Tidak Melulu Mengejar Kesempurnaan

Sekalipun ada orang yang nantinya cocok untukmu, bukan berarti dia manusia sempurna. Mencintai berarti menerima ketidaksempurnaan seseorang. Mencintai tidak mengejar apalagi menuntut kesempurnaan. Dalam membangun hubungan, dua insan manusia akan sama-sama belajar memperbaiki diri. Ini makna cinta yang mesti kamu ingat ya!

Oleh sebab itu, janganlah mengejar kesempurnaan ketika menjalin hubungan dengan seseorang. Terimalah kekurangan pasangan dan temani dia dalam memperbaiki diri. Saat kamu benar-benar mencintai seseorang, kekurangannya bukanlah jadi halangan. Begitu juga pasanganmu kelak pasti akan menerima dan mau tumbuh bersamamu.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kamu Jatuh Cinta, Bukan Sekedar Main-Main!

Tak Apa Jika Mesti Menunggu

Usia kadang menjadi batas waktu manusia dalam menjalani kehidupan, termasuk soal menemukan cinta. Kala masih muda, banyak cinta bergelora. Pertanyaannya, sanggupkah gelora cinta itu bertahan untuk selamanya? Kebanyakan orang enggan menunggu karena takut mendapat label aneh-aneh soal urusan cinta: nggak laku, pemilih, dan lain-lain.

Menunggu hadirnya cinta yang tepat rasanya jauh lebih bijaksana daripada sekadar asal jatuh cinta. Tidak apa-apa ‘kan kalau mesti bersabar sedikit lebih lama sampai orang yang kamu cintai benar-benar siap? Tidak apa-apa jika berkali-kali gagal, sekalipun usia juga kian bertambah. Percaya saja, pasti ada seseorang yang layak kamu nanti. Kelak, penantianmu tidaklah sia-sia.

Mencintai Berarti Menghargai

Ketika kamu mencintai seseorang, itu artinya kamu siap untuk menghargai dia seutuhnya. Hargai pilihannya, hargai batasannya, hargai pendapatnya, hargai mimpi-mimpinya, dan lain-lain. Menghargai bukan hanya tugas perempuan ke laki-laki lho. Ini adalah upaya bersama, bukan cuma sepihak.

 

Saling menghargai dapat menjadi pondasi keharmonisan suatu hubungan. Bahkan, bentuk sikap saling mendukung pun berawal dari sikap menghargai. Maka, belajarlah untuk menghargai sesama selagi kamu masih single. Saat sudah memiliki pasangan, kamu akan banyak menemui perbedaan. Kuncinya tentu saja ada pada menghargai bukan? 

Makna Cinta Terpenting: Bertumbuh

Cinta itu mesti bertumbuh

Sumber: Freepik

Sobat Bentang, penting banget untuk memahami makna cinta yang ini. Pada dasarnya, cinta itu merupakan sebuah usaha bersama dan akan senantiasa tumbuh. Cinta akan membikin kamu terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Memiliki hubungan sehat menjadi kunci dari pertumbuhan tersebut.

Hubungan sehat itu seperti apa sih? Sesederhana saling pegang komitmen, saling percaya, saling menegur dalam kasih, dan lain-lain. Cinta yang tepat juga pasti akan mendewasakanmu. Semoga kelak kamu benar-benar akan menemukan cinta seperti itu ya!

Itulah tadi beberapa makna cinta yang bisa kamu peroleh dari buku Mencintaimu Sampai Kau Mau. Kalau Sobat Bentang penasaran sama keseluruhan isi bukunya, langsung pesan saja di Bentang Pustaka ya! Bacaan bagus dengan prosa-prosa ringan begini paling tepat mengisi waktu luangmu. Yuk, belajar memaknai cinta dengan tepat mulai sekarang!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - Bentang Pustaka