fbpx

PRA PESAN SEGALA YANG DIISAP LANGIT


Segala yang Diisap Langit, sebuah novel tentang pergulatan manusia di tengah ombak perubahan zaman. Tak ada yang tahu ujung jalan yang kita pilih. Tak ada yang mampu menerka pengorbanan apa yang harus kita buat. Semua demi bertahan hidup.

 

segala yang diisap langit 3d

SINOPSIS 

Rabiah ingin mematahkan mitos yang beredar selama ini, bahwa garis keturunan keluarga bangsawan Minangkabau akan putus pada generasi ketujuh. Apa pun siap dia lakukan demi mendapatkan anak perempuan pembawa nama keluarga, termasuk menjadi istri kelima seorang lelaki yang terkenal mampu memberikan anak perempuan.

Tidak disangka, penghalang utama Rabiah justru kakak kesayangannya, Magek. Setelah bergabung dengan Kaum Padri dari utara, Magek justru mengacungkan pedangnya ke arah Rubiah, siap menghancurkan semua yang dimilikinya: harta, adat, keluarga, dan masa lalu.

Segala yang Diisap Langit, sebuah novel tentang pergulatan manusia di tengah ombak perubahan zaman. Tak ada yang tahu ujung jalan yang kita pilih. Tak ada yang mampu menerka pengorbanan apa yang harus kita buat. Semua demi bertahan hidup.

Tentang Penulis

Pinto Anugrah, menyandang gelar adat Datuk Rajo Pangulu, datuk pucuk, persukuan di Minangkabau. Telah menerbitkan novel Jemput Terbawa, yang terbit pada 2018 dan kumpulan cerita pendek Kumis Penyaring Kopi, yang terbit pada 2019. Pada 2019 menerima Residensi Penulis Indonesia ke Malaka-Malaysia yang diselenggarakan oleh Komite Buku Nasional (KBN) Kemendikbud, untuk menyelesaikan draf novelnya, A Famosa.

pinto anugrah

bonus segala yang diisap langit

Dapatkan

Tanda Tangan

Digital Penulis di Novel

Segala Yang Diisap Langit

dan Thank You Card

Spesifikasi

  • Penulis: Pinto Anugrah
  • Penyunting: Dhewiberta H.
  • Tebal: 144 halaman
  • Ukuran: 13 x 20,5 cm
  • Sampul: Soft Cover
  • Kategori: Novel Indonesia
  • Tebal Punggung: 1 cm
  • Target terbit: Agustus 2021
  • ISBN: 978-602-291-842-4
  • Harga: Rp59.000

Keunggulan

  • Novel sejarah yang menceritakan perubahan zaman dari kejayaan para bangsawan Minangkabau yang hidup dari tambang emas menuju kekuasaan gerakan Kaum Padri di Sumatera Barat.
  • Terdapat dengan kajian etnografis yang mendalam.
  • Pinto Anugrah, penulisnya, adalah anak muda Minangkabau yang antusias mengajak pembacanya untuk menyelami sejarah masa lalu dengan jernih dan netral.

ENDORESEMENT

Bila ada pembaca yang berpikiran bahwa segala yang berhubungan dengan budaya tradisional selalu berarti keluhuran belaka, maka bersiap-siaplah untuk kecewa sejadi-jadinya. Novel yang sangat pendek ini justru bercerita tentang pertautan abadi antara kebanggaan dan kepandiran, kepongahan dan ketidaktahuan, serta kehormatan dan kebiadaban.

Heru Joni PutraSastrawan

Dengan bentuk yang belum sepenuhnya sempurna, novel ini seperti hendak mengukuhkan kembali Minangkabau yang lebih murni—katakanlah “Minangkabau pra-Islam”. Ia juga melihat secara kritis eksistensi Gerakan Padri, sebab gerakan puritanisme Islam itu ditegakkan dengan pedang dan api—selain firman Tuhan. Kita beroleh bukan hanya fiksi sejarah, tetapi juga fiksi politik. Sebuah alegori yang menohok untuk Minangkabau hari ini.

Zen HaeKritikus Sastra

Segala yang Diisap Langit ini adalah salah satu dari sangat sedikit fiksi sejarah berlatarkan Perang Padri. Novel ini tidak saja mampu menghadirkan event historis dan tokoh sejarah sebagai latar penceritaannya, tetapi juga berani menggambarkan dunia kaum Adat (Penghulu) yang ‘serbahitam’, termasuk menghadirkan kaum Padri yang mengamalkan ideologi kekerasan. Membaca novel ini, rasanya kita dibawa ke era Perang Padri di masa silam. Di sinilah kekuatan novel ini.

Prof. Gusti AsnanSejarawan