Puzzle Book

Puzzle Book Segera Terbit di Bentang Kids

Puzzle Book

Puzzle Book – Board Book terbitan Bentang Kids

Tri Ayu K bermimpi menjadi penulis setelah membaca sebuah buku kumpulan cerita anak. Kemudian, Ia belajar menulis secara autodidak. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Begitulah pepatah yang terjadi dalam hidup Tria. Kini, ia sudah menulis lebih dari empat puluh judul buku. Banyak di antaranya adalah buku untuk anak-anak.

Motivasi menulisnya adalah kedua anaknya, yaitu Aletta Jazzy Vlea dan Elang Langit Ahimsa. Selain itu, Tria juga terus menulis karena semua anak Indonesia yang gemar membaca. Penulis kelahiran Cirebon ini telah sukses dengan seri Cican Kebiasaan Baik dan Cican Luar Angkasa. Kali ini, ia hadir dengan sebuah konsep baru yang dikemas dalam seri Read and Play Puzzle Book.

 

Mengusung Folklor Indonesia

Seri Read and Play Puzzle Book adalah buku cerita rakyat Indonesia yang dinarasikan secara manis dalam bilingual. Tria ingin anak Indonesia juga mengenal cerita rakyat yang sering ia dengar semasa kecil. Ia mengajak keluarga kecil Indonesia, sebagai lingkungan pertama anak, ikut melestarikan kebudayaan Indonesia melalui folklor.

Berkaitan dengan hal tersebut, seri buku ini hadir sebagai salah satu referensi untuk mendongeng sekaligus melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sampai anak-anak kekurangan informasi kekayaan bangsanya sendiri. Mengenali sendiri sejak dini adalah langkah awal untuk mencintai dan melestarikan budaya. Ditambah, karakter anak juga dapat dibentuk melalui pesan-pesan moral yang terkandung di dalam seri ini.

 

Kelebihan Puzzle Book

Seri buku Puzzle Book disajikan dengan ilustrasi yang lucu. Dengan begitu, anak dapat memahami cerita dan budaya Indonesia dengan cara menyenangkan. Penggunaan warna-warna pastel yang lembut juga membuat buku ini semakin menarik.

Selain bahasa Indonesia, buku ini juga disertai dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, Happy Parents dapat mengajak si kecil mengenal cerita rakyat Indonesia sekaligus belajar berbahasa Inggris. Kemampuan berbahasa anak pun dapat berkembang dengan optimal.

Bermain sambil belajar adalah aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Puzzle Book dilengkapi dengan puzzle yang menyenangkan. Setelah membaca buku, anak-anak dapat bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Buku ini disajikan dalam bentung board book yang awet dan tidak mudah rusak. Dengan round corner design, buku ini aman bagi anak-anak.

Dengan mengusung judul cerita rakyat yang populer, yakni Bawang Merah, Bawang Putih dan Timun Mas, Seri Puzzle Book akan berjumpa dengan Happy Parents pada bulan September ini. Happy Parents bisa mendapatkan buku ini di seluruh toko buku di Indonesia.

Bentang Kids juga menyediakan pre-order seru Puzzle Book berjudul Bawang Merah Bawang Putih. Tunggu informasi selengkapnya hanya di @bentangkids.

Maudy Ayunda, buku anak Maudy Ayunda, Kina Story, Kina Makes A New Friend

Perpisahan, Maudy Ayunda terbitkan buku anak kedua

Maudy Ayunda, buku anak Maudy Ayunda, Kina Story, Kina Makes A New Friend

Menjelang keberangkatan studi S-2-nya di Standford University, Maudy Ayunda terbitkan buku anak kedua dari series Kina Story dengan mengangkat tema Diversity.

Berjudul Kina Makes A New Friend, kisah yang ditulis Maudy Ayunda kali ini berfokus pada konflik yang bisa ditemukan anak-anak ketika di sekolah. Melalui penggambaran tokoh utama Kina, pembaca akan menemukan kisah yang jauh lebih segar dan berproses dari buku sebelumnya, yaitu  Kina and Her Fluffy Bunny. Terdapat tokoh baru seperti Anya dan Lulu, yang siap mengajak pembaca menilik kembali pembawaan alami mereka dalam menyikapi perbedaan. Dimulai dari hal sederhana seperti dalam lingkup pertemanan.

Tema Diversity / Keberagaman, dipilih Maudy Ayunda sebagai kerangka penulisan buku anak keduanya. Sebab dirinya percaya jika konsep keberagaman sangat penting untuk mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Agar kelak saat dewasa, mereka tumbuh menjadi pribadi yang toleran, empati, serta bijak dalam menyikapi disekitar mereka.

Untuk itu dalam sinopsisnya, Maudy Ayunda menyisipkan pesan manis kepada para pembaca sebagai berikut.

“Our world needs people who seek to understand, rather than assume without knowing. Here Kina learns to embrace change and not judge others.”

Sederhana namun juga lugas. Maudy Ayunda ingin buku anak keduanya ini bisa diterima tidak hanya untuk kalangan anak-anak saja namun juga oleh para pembaca remaja dan orang dewasa. Sebab dalam kisahnya, Maudy Ayunda menekankan nilai-nilai keberagaman secara eksplisit melalui karakter baru yang dimunculkan. Adalah Anya si pemalu berwajah oriental dan Lulu si gadis energik khas warga Indonesia bagian timur.  Orang tua diajak untuk mulai membiasakan anak-anak tidak berburuk sangka sejak dini. Singkatnya mau berteman dengan siapa saja.

Sedangkan secara implisit, keberagaman dijelaskan sebagai sebuah konsep yang sangat mudah dipahami, tetapi sulit dipraktikkan. Kondisi inlah yang dirasa Maudy Ayunda masih menjadi persoalan hingga saat ini. Alhasil kisah yang sempat ditulisnya saat berusia 10 tahun pun kembali digubahnya hingga melahirkan kisah baru berjudul Kina Makes A New Friend.

Dirinya menyadari jika banyak orang dewasa yang kehilangan penglihatan objektifnya ketika menjumpai perbedaan. Sehingga bayangan akan menjalani kehidupan hanya dengan satu warna, sependapat akan setiap hal, dan berjalan searah menyusuri jalan kehidupan, dirasa Maudy Ayunda sangat membosankan dan mengerikan. Tidak ada gairah akan ide dan inovasi yang terucap untuk hadir melengkapi kebutuhan satu sama lain. Dan hal ini juga bisa membawa trust issue berkembang dengan pesat jika tidak diantisipasi sedini mungkin.

Jadi, melalui buku Kina Makes A New Friend ini, Maudy berharap semua pembaca akan belajar untuk tidak mudah men-judge satu sama lain.

 

 

Segera OPEN PO di akhir September ini!

Info lebih lengkap cek akun

@storykina

@bentangkids