Mengapa Kita Harus Memilih Theraplay?

Ketika mendengar kata Theraplay, apa yang terlintas pertama kali di benak kita? Mungkin beberapa ada yang sudah tahu. Mungkin ada juga yang mengira ini sama dengan play therapy atau bahkan ada juga yang baru pertama kali mendengar kata ini.

Theraplay adalah sebuah metode pengasuhan untuk membangun, meningkatkan, memperbaiki, dan memulihkan hubungan antara orang tua dan anak. Caranya adalah melalui kegiatan bermain yang intim, penuh sentuhan, dan menyenangkan.

Keunggulan

Ketika kita membicarakan tentang Theraplay, kata ini seolah hanya bermakna bermain. Tetapi, memang hal tersebut ada sedikit benarnya. Metode ini menekankan pada pentingnya komunikasi non-verbal sebelum komunikasi verbal. Dengan metode ini, kita bisa membangun bonding yang baik dengan anak dengan berbagai macam permainan sederhana.

Permainan-permainan yang direkomendasikan tidak membutuhkan biaya besar atau waktu yang banyak. Bahkan, beberapa permainan hanya membutuhkan tubuh kita. Lainnya hanya butuh benda-benda yang ada di sekitar dan tidak perlu membeli yang baru.

Pada metode ini, kita hanya membutuhkan waktu 30-45 menit per harinya untuk bermain bersama anak. Tentu dengan waktu yang bahkan kurang dari satu jam, kita bisa membentuk bonding yang semakin baik setiap harinya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memiliki waktu bersama anak.

Permainan dan waktu yang kurang dari satu jam menjadikan Theraplay spesial. Theraplay merupakan metode yang sangat praktis dan menyenangkan untuk diterapkan bersama anak. Tidak hanya untuk membangun bonding tetapi juga menjadi metode untuk meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak.

 

Mengapa Memilih Buku Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay?

Theraplay masih bisa dikatakan baru di Indonesia, meskipun telah diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 2014. Salah satu buku yang membahas ini adalah Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay karya Astrid W.E.N. Buku ini adalah buku Theraplay pertama di Indonesia dan langsung ditulis oleh seorang praktisi Theraplay pertama di Indonesia.

Dalam buku ini, Astrid W.E.N. berusaha untuk membantu orang-orang yang sulit untuk menjalin relasi dengan anak-anak. Selain itu, Astrid mencoba mengenalkan prinsip-prinsip Theraplay, serta memberikan contoh beberapa permainan yang bisa dilakukan bersama anak.

Dalam buku ini, penulis telah menyediakan pertanyaan-pertanyaan refleksi yang bisa direnungkan setelah membaca. Beberapa kasus yang pernah dihadapi oleh penulis juga terdapat dalam buku ini.

Yang terpenting mengenai buku ini ialah penjelasan mengenai attachment. Dalam buku ini, Astrid akan jelaskan secara lebih mendetail macam-macam attachment dan bagaimana solusi atas beberapa masalahnya. Buku ini juga memberikan contoh kasus relasi dengan anak yang sering kita jumpai. Penjelasan penyebab dan solusi atas masalah-masalah tersebut dipaparkan dalam buku lebih detail.

 

Enda Sinta Apriliana

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *