Hidup Damai? Buang Barang-Barang Berikut Ini Setelah Dibuka!

Hidup damai? Siapa yang tak mendambakannya. Banyak orang bekerja keras mengeluarkan kemampuan terbesarnya agar kehidupan yang dijalani terasa mudah, tak begitu banyak hambatan, dan selalu diberikan kelancaran. Namun, tak banyak orang pula yang menyadari bentuk kehidupan yang bahagia dimulai dari peka terhadap lingkungan sekitar seperti rumus “buka dan buang.” Loh, apa maksudnya?

Ada beberapa barang yang semestinya bisa dimiliki oleh kita hanya sekejap saja. Maksudnya, karena barang-barang tersebut memberikan dampak negatif seperti salah satunya hawa nafsu ingin memiliki, mempunyai, dan mengoleksi, namun tak ada urgensi yang jelas.

Artikel kali ini akan memberikan pencerahan kepada kamu bahwa beberapa barang yang kita punyai di rumah saat ini tak selayaknya dapat diperjuangkan seperti hubunganmu dan dengannya, huhu. Mari kita simak~

Hidup Damai dengan #1 Mengenyahkan Surat Iklan

Jika kita menerima surat iklan dari merek atau toko serba-ada favorit, kita barangkali ingin melihat-lihat dulu. Kita buka iklan itu. Kita menyukai yang kita lihat. Lalu, kita berpikir, Wow! Coba aku punya ini! Kita putuskan untuk menyimpan amplop berisi surat iklan untuk sementara….

Jangan! Buanglah langsung saat itu juga. Berkhayal memang asyik. Namun, faktanya adalah, kita takkan membeli produk tersebut. Jadi, bukalah saja amplop, lihat sekilas isinya, dan kecuali terdapat informasi yang betul-betul esensial, buanglah langsung surat iklan tersebut tanpa pikir panjang.

Baca Juga: Suteru! Gijutsu Kini Hadir di Indonesia

#2 Tagihan

Hidup damai tanpa tagihan? Mau sekali!

Ketika kita memperoleh tagihan telepon atau kartu kredit, amplop selalu memuat lembar kertas lain, yang mengiklankan ini-itu. Bukalah amplop, keluarkan yang memang perlu, dan segeralah buang yang lain-lain. Periksa perincian tagihan atau panggilan saat itu juga. Jangan masukkan kembali ke amplop—jika demikian, kita harus mengeluarkannya dari amplop dan menelaahnya lagi nanti.

Andaikan kita mengkhawatirkan keamanan data, robeklah kertas itu kecil-kecil dan pisahkan di kantong-kantong sampah berlainan, atau gunakan mesin pencacah kertas.

Hidup Damai dengan #3 Bonus (hiasan/kalender)

Hidup dami memang menyenangkan rasanya, terlebih seperti mendapatkan barang secara gratis. Jika kita betul-betul menyukainya, silakan dipegang. Namun, jika kita cuma ingin “menyimpannya dulu”, singkirkan. Camkan bahwa penting untuk mengeluarkan barang tersebut dari kotak atau kantongnya terlebih dahulu.

Apabila kita tidak mengecek isi wadah, proses “buka dan buang” niscaya takkan bisa dijalani. Jika kita tidak ingin membuangnya, opsi lain adalah menyerahkan bonus tersebut kepada orang lain: jika kita mendapat bonus dari kedai makanan cepat saji, berikan benda itu kepada anak kecil yang mungkin suka; jika kita mendapat gelas dari toko minuman, berikan benda itu kepada pramuniaga.

#4 Foto (foto jadi dan negatif foto)

Hidup damai selepas kita habis mencetak foto. Sebagian berkualitas jelek, sebagian lumayan, tetapi tidak ada yang menarik-menarik amat, bahkan bagi orang-orang di foto. Buanglah langsung foto-foto itu ke tong sampah. Saat foto-foto itu dibuka dari bungkusan adalah saat ketika kita akan paling saksama menelaahnya—maka itulah saat terbaik untuk memutuskan hendak membuangnya atau tidak.

Dan, jika kita takkan mencetak lagi foto-foto tersebut, buang juga negatifnya. Mengecek negatif belakangan untuk mencari tahu foto-foto apa sajakah itu, justru merepotkan, dan lagi pula, negatif ujung-ujungnya akan disimpan saja, padahal sudah tidak berguna.

Nah! Itu tadi beberapa barang yang harus segera kita singkirkan jika sudah dibuka. Hmm, kira-kira, barang apa lagi yang bisa berdampak buruk bagi kehidupan kita, ya? Aku kasih tahu bocorannya lewat buku Suteru! Gijutsu, nih.

Sekarang sudah memasuki masa pre-order bukunya. Akan berlangsung hingga 27 September 2020. Segera dapatkan bukunya melalui tautan Suteru! Gijutsu, ya, Sahabat Bentang!

 

Anggit Pamungkas Adiputra.

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca Juga: Hidup Damai? Buang Barang-Barang Berikut Ini Setelah Dibuka! […]

  2. […] Baca juga: Hidup Damai? Buang Barang-Barang Berikut Ini Setelah Dibuka! […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *