Buat Pelajar, Lima Cara Ini Bisa Bikin Kamu Traveling Gratis

Kalau mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan jalan-jalan gratis, apakah sebagai pelajar juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama?

Jawabannya lagi-lagi, bisa. Selama ada kemauan dan kesempatan, bonus travelinggratis bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Nah berikut ini, Tim Bentang Pustaka beberkan, deh, bagaimana caranya biar bisa mendapat kesempatan untuk jalan-jalan tanpa mengeluarkan uang sendiri sebagai pelajar. Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Anggota OSIS

Bergabung menjadi anggota OSIS memiliki keuntungan tersendiri. Selain bisa berpartisipasi demi kemajuan sekolah, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk traveling gratis. Beberapa sekolah biasanya mengadakan program studi banding ke sekolah lain. Program studi banding bertujuan saling kunjung dan mencari ilmu dari sekolah lain. Dengan berkunjung ke sekolah lain, secara tidak langsung kamu diajak traveling secara gratis. Jadi, nggak cuma ilmu yang kamu dapatkan, tapi juga jalan-jalan bersama guru dan pengurus OSIS lainnya.

2. Lomba Karya Ilmiah Remaja

Kalau suka dengan hal-hal berbau penelitian, tak ada salahnya ikut lomba karya ilmiah remaja. Awalnya kamu harus membuat proposal penelitian terlebih dahulu. Kemudian, jika lolos ke tahap berikutnya, kamu harus membuat prototipe atau contoh yang nantinya akan dipamerkan dan dinilai.

Tempat acara biasanya diselenggarakan berpindah-pindah tergantung dari panitia penyelenggara. Kesempatan itu tentu bisa sekaligus kamu pakai untuk traveling gratis, bukan? Sudah dapat pengalaman dan traveling gratis, ditambah lagi dapat uang pembinaan jika lolos sampai ke babak penyisihan.

3. Undian Berhadiah

Nggak ada salahnya ikut program undian yang disediakan oleh kartu provider atau gojek online. Namanya keberuntungan siapa yang tahu. Biasanya syarat undian hanya dengan mengumpulkan poin. Banyaknya transaksi yang kamu gunakan tentu berdampak pada poin yang peroleh. Kalau kamu memang hobi internetan, sepertinya nggak sulit mendapatkan poin hal tersebut.

Undian berhadiah ini biasanya menawarkan berbagai jenis hadiah. Entah perjalanan gratis, uang tunai, hingga barang. Tinggal kamu tertarik ikut yang mana.

4. Endorsement

Maksimalkan potensi media sosial milikmu. Sekarang ini bermodal eksistensi dan follower banyak, kamu bisa, lho, mendapatkan endorse-an. Caranya gampang, kok, gunakan media sosialmu untuk membuat vlog atau blog. Tulislah review tentang suatu produk. Kalau media sosialmu sudah mulai ramai, kamu bisa mulai beralih ke endorse travel.

Kamu bisa mengajak kerja sama salah satu agen travel atau tiket transportasi ke kota yang kamu inginkan sekaligus mempromosikan produk mereka. Sistem endorse ini gampang banget dilakukan. Nggak berbatas usia, selama ada kemauan anak SMA pun bisa. Jika kamu sudah deal dengan pihak bersangkutan, mereka akan memberi tiket gratis. Dan sebagai gantinya, kamu harus mendokumentasikan semua hal yang kamu alami di sana melalui blog atau bahkan vlog pribadimu untuk mempromosikan traveltersebut. Asyik, kan?

5. Pertukaran Pelajar

Sebagai pelajar, kamu juga bisa menggunakan kesempatan traveling gratis dengan apply program pertukaran pelajar. Dengan program ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan sekaligus, belajar di sekolah berbeda dan traveling di kota atau negara yang dituju.

Biasanya program ini diadakan tahunan oleh pemerintah, swasta, hingga negara penyelenggara, mulai dari Jepang, Singapura, Eropa, hingga Amerika, seperti program Community College Program (CCP) dan Summer Program. Program CCP ini ditujukan siswa/siswi lulusan SMA (17—23 tahun). Mereka berkesempatan tinggal dengan keluarga angkat Amerika Serikat dan kuliah selama 2 tahun di sebuah community college.

Meskipun demikian, memang tidak mudah untuk lolos pada tahap ini. Ada banyak persyaratan yang harus kamu penuhi. Namun, jika memang kamu termasuk orang-orang yang terpilih, bukan hal yang tidak mungkin untukmu merasakan kesempatan tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *