"Seandainya sebuah bangsa bisa menduga betapa dalamnya penderitaan bangsa lain hanya dengan membaca sebuah buku, betapa mudahnya kehidupan bangsa itu di masa depan dan betapa banyak bencana dan kesalahan yang bisa dihindarinya. Namun, sayangnya itu sangat sulit dilakukan. Selalu saja muncul keyakinan yang kurang tepat, seperti ungkapan semacam ini: “Situasinya lain di sini, bencana itu tidak mungkin terjadi di sini.”"

- Gulag, Hal vi.

 

Ketika mendengar Gulag History State Museum tentu pikiran langsung mengarah ke Stalin. Lalu siapakah Stalin? Stalin memiliki nama lengkap Joseph Stalin, seorang pemimpin diktator yang memiliki sikap buruk, sama seperti sosok Hitler. Dia adalah sosok yang kejam, gila kekuasaan, maniak, tidak memiliki perasaan, dan lain sebagainya. Stalin ini menggantikan Vladimir Lenin yang meninggal pada 1924. Joseph Stalin lahir pada 18 Desember 1878 di Gori, bagian dari Kekaisaran Rusia yang saat ini sudah berubah menjadi Georgia.

Berkat tangan besinya, Stalin mampu mengubah Uni Soviet menjadi negara industri yang lebih maju dan terbesar kedua di dunia. Stalin juga tidak segan-segan membunuh warga Rusia dan juga sekitarnya yang menentang kebijakannya. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang Gulag dan juga Gulag History State Museum yang perlu kamu ketahui:

 

Gulag Penjara Paling Mematikan

Gulag adalah singkatan dari Glavnoe Upravlenie Lagerei yang dijadikan sebagai penjara dengan bentuk kamp-kamp. Kamp-kamp yang ada di penjara tersebut adalah kamp kerja paksa, kamp hukuman, kamp kriminal dan juga politik, kamp kaum perempuan, kamp anak-anak, dan kamp transit. Gulag juga merujuk ke arah penindasan Uni Soviet. Kehadiran Gulag lebih mirip seperti pabrik kematian karena para penentang kebijakan Stalin akan dimasukkan ke penjara ini. Banyak yang memperkirakan jumlah korban Gulag ini lebih dari 40 juta jiwa dan lokasinya pun begitu angker karena berada di tengah hutan Siberia, Rusia.

Yang membuat penjara Gulag ini begitu mengerikan karena banyak tahanan dihukum dengan cara yang menyedihkan, ada yang dibunuh algojo dan paling sering meninggal karena kelaparan. Mantan tahanan Gulag bernama Galina Skopyuk mengungkapkan bahwa dirinya selalu berharap untuk bisa pergi dari penjara Gulag. Dia tidak ingin mati, tetapi juga tidak memiliki kesempatan untuk kabur. Saat menjadi tahanan Skopyuk bekerja mulai pukul 7.00 pagi sampai 8.00 malam. Tidak ada hari libur kecuali saat suhu di luar mencapai minus 45 atau 50 derajat. Skopyuk dan tahanan lainnya hanya boleh menulis surat setahun sekali dan tidak ada yang boleh memiliki foto keluarga. Cuaca yang begitu ekstrem, makanan dengan porsi yang tidak cukup, lingkungan yang tidak bersih, kerja dengan kekerasan endemik membuat tingkat kematian begitu tinggi di kamp yang sekaligus menjadi penjara tersebut.

Berdirinya Gulag History State Museum

Foto kredit: Moscow Times

Untuk mengenang kekejaman Gulag dan juga kekejaman Stalin didirikanlah Gulag History State Museum. Museum ini pun menjadi yang terbesar di Rusia yang memang didedikasikan untuk menggambarkan betapa ngerinya Gulag pada masa itu. Museum asli Gulag didirikan pada tahun 2001 oleh sejarawan bernama Anton Antonov Ovsienko yang orang tuanya menjadi korban penindasan Gulag. Museum ini merupakan milik negara dan kini memiliki gedung baru dengan tempat yang lebih luas. Lokasinya berada di tepi pusat Kota Moskwa. Di museum, pengunjung akan melihat dan mendapatkan informasi lebih jelas tentang sejarah Gulag. Selain itu, ada berbagai macam pameran yang bisa dilihat seperti berbagai macam artefak Gulag, barang milik tahanan, pintu tahanan yang digunakan saat itu, dan masih banyak lagi lainnya.

Masyarakat Rusia atau Uni Soviet mengatakan jika Rusia memiliki dosa maka Gulag adalah dosa terbesar bagi Rusia. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Rusia jangan lupa untuk mengunjungi Gulag History State Museum karena akan banyak sekali pembelajaran yang bisa didapat dari museum paling bersejarah Rusia tersebut. Atau kalau kamu belum punya cukup uang untuk pergi kesana, kamu bisa menjelajahi kisah Gulag memalui novel Gulag! Jangan lupa belinya di mizanstore.com supaya kamu bisa dapat diskon 15% hehehe. Selamat membaca!