Seiring perkembangan zaman, keluarga-keluarga kekinian makin melupakan momen kebersamaan. Masing-masing sibuk dengan kegiatan sendiri di luar rumah, hingga rumah akhirnya hanya menjadi tempat untuk tidur saja, bukan lagi menjadi tempat untuk berkumpul. Lalu, bagaimana kalau tiba saatnya liburan keluarga, ya?

Tahukah Anda, keluarga-keluarga di Denmark mempunyai sebuah tradisi yang bernama hygge (baca:huga), yang artinya ‘bersantai bersama’?

Seperti cerita seorang wanita yang menikah dengan orang Denmark dalam buku The Danish Way of Parenting, bahwa saat hygge tiba, mereka akan menyalakan lilin, bermain games, makan makanan enak, makan kue, minum teh, dan sekadar bersama-sama menikmati kebersamaan dalam suasana yang nyaman.

Hmmm, mumpung sedang ada momen liburan keluarga, nih, mengapa tak kita ambil kesempatan ini untuk menyontek cara orang Denmark dalam melewatkan waktu bersama keluarga, seperti dalam buku The Danish Way of Parenting ini?

(cek juga rahasia berbagi kebahagiaan ala keluarga Denmark disini)

Kita dapat melakukan 5 aktivitas ini selama liburan keluarga demi hubungan yang kembali menghangat

Bermain board games yang melibatkan banyak pemain

Monopoli bisa jadi salah satu permainan seru yang dapat dimainkan selama liburan keluarga. Selain bisa mendekatkan hubungan antaranggota keluarga, Monopoli juga baik sebagai stimulasi logika matematis si kecil. Permainan board games lain yang bisa dimainkan beramai-ramai misalnya halma, ludo, atau ular tangga. Jika sudah bosan dengan semuanya, coba ajak si kecil untuk bermain kartu. Pasti juga akan asyik.

 

Movie marathon

Sekarang saatnya mengajak anak-anak untuk menonton film bersama di ruang keluarga, bukan di depan laptop ataupun televisi masing-masing di kamar. Ya, jika di hari biasanya, anak-anak dan Anda suka menonton acara atau film sendiri-sendiri di kamar, maka liburan kali ini buat jadwal movie marathon bersama. Pilihlah jenis-jenis film keluarga yang bisa ditonton oleh semua umur. Siapkan camilan sehat dan juga minuman sebagai teman nonton. Oh iya, matikan juga lampunya, supaya lebih terasa seperti di bioskop.

 

Memasak bersama

Memasak ini bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga bersama-sama. Pilihlah makanan-makanan yang mudah dimasak, dengan bumbu yang praktis, tetapi tentunya yang lezat dan disukai si kecil. Misalnya, bakar jagung, membuat cupcake, puding, atau memasak pasta. Biarkan si kecil yangmenakar dan menyiapkan bahan-bahan masakannya. Kalau yang melibatkan api dan benda-benda yang berbahaya tetap Anda yang harus melakukannya, ya.


Makan bersama

Tentu saja, setelah Anda bersusah payah memasak bersama seluruh anggota keluarga maka menikmatinya pun harus bersama-sama juga. Jika keluarga Anda biasanya makan sendiri-sendiri, maka pada waktu liburan keluarga ini coba kembalikan tradisi makan bersama di meja makan. Dengarkan cerita si kecil. Anda sendiri juga harus menceritakan sesuatu pada anggota keluarga yang lain. Ingat, tanpa gadget, ya.


Berkemah atau kamping

Ini acara yang sangat seru kalau bisa dilakukan bersama keluarga: bersantai di luar rumah sembari kamping ala-ala. Jika Anda punya halaman yang cukup lapang, bangunlah tenda Anda di halaman—bisa di halaman belakang maupun di halaman depan. Adakan acara api unggun dan juga acara lain yang khas berkemah. Mau jurit malam? Bisa juga, tetapi pastikan si kecil tetap aman, dan hanya di sekitar rumah saja. Atau, Anda memang berniat ingin kamping ke suatu tempat selama liburan keluarga kali ini? Ya, kenapa tidak? Pasti akan menjadi pengalaman baru yang sangat mengasyikkan bagi si kecil. Akan tetapi, takut si kecil masuk angin kalau bermalam di luar (meski hanya di halaman), atau banyak nyamuk? Ya sudah, kamping saja di ruang tengah. Ajak semua anggota keluarga berkumpul dan tidur bersama di tenda di ruang keluarga. Pasti juga seru!

 

Seperti yang tertulis dalam salah satu bagian dalam The Danish Way of Parenting yang membahas mengenai hygge, bahwa kebersamaan ini adalah tentang memilih untuk menikmati momen yang paling penting dan berharga dari hidup kita—momen bersama anak-anak, keluarga, dan teman-teman, serta menghormatinya sebagai sesuatu yang penting. Itulah mengapa sebelum memulai kegiatan bersama, tinggalkan juga ego Anda, pun rasa bersaing  dan juga televisi, smartphone dan barang-barang sejenisnya, untuk sementara waktu. Lalu, nikmati waktu kebersamaan semaksimal mungkin.

Selamat menikmati liburan keluarga!

 

 

 

Sumber foto : 

www.unsplash.com