Senangnya jika tahun ini anak-anak sudah mulai mau ikut berpuasa, ya? Selain harus selalu menyemangatinya supaya tak mudah menyerah, kita juga harus kreatif mengisi waktu-waktu luangnya agar anak-anak tak melulu memikirkan rasa lapar dan haus yang mungkin mendera mereka selama berpuasa. Salah satunya adalah dengan mengajak mereka melakukan beberapa permainan anak yang seru.

Permainan anak yang dipilih tentunya adalah permainan yang tak terlalu banyak menyedot tenaga, tetapi tetap bisa menstimulasi otak mereka, bukan?

Nah, berikut adalah beberapa permainan anak favorit yang bisa dimainkan oleh anak-anak selama bulan puasa, dan tentunya harus dimainkan bersama Anda, orang tuanya. Bulan puasa pun—selain menjadi bulan ibadah—bisa juga menjadi bulan yang berkualitas yang mengeratkan hubungan antara Anda dan si kecil.

3 Permainan anak yang seru dan bisa dimainkan selama bulan puasa

 

Crafting

Anak-anak selalu senang jika terlibat dengan kertas-kertas, kain flanel, gunting, dan lem. Banyak hal bisa mereka ciptakan dengan menggunakan berbagai bahan dan alat kreatif tersebut.

Pertama, Anda bisa ajak si kecil membuat kartu Lebaran untuk dikirimkan kepada kakek-neneknya, kepada teman-temannya, bahkan bisa juga nanti mereka serahkan kepada gurunya di sekolah. Ajak mereka menghias kartu-kartu Lebaran tersebut secantik mungkin.

Selain kartu Lebaran, Anda juga bisa mengajak anak-anak membuat berbagai hiasan untuk dipasang di rumah saat Idulfitri nanti, seperti ketupat-ketupatan, lampion-lampion, dan lain-lain.

Atau, sediakanlah manik-manik dalam berbagai bentuk dan warna serta senar yang memungkinkan mereka bisa membuat kalung, gelang, dan pernak-pernik lainnya. Jika sudah selesai, tentu saja mereka boleh mengenakannya saat Hari Idulfitri.

 

Memainkan permainan tradisional favorit

Selain permainan anak yang bisa dimainkan pada gawai, Anda pun bisa memperkenalkan anak-anak pada beberapa permainan board games favorit Anda saat masih kecil dulu.

Jika Anda dulu suka main monopoli, halma, ludo, ular tangga, dan lain-lain, saat inilah saat yang paling asyik memainkannya bersama si kecil untuk mengisi waktu luangnya kala puasa atau sembari ngabuburit.

Pasti seru, deh!

Selain permainan board games, Anda juga bisa mengajak si kecil memainkan permainan anak tradisional lain yang dulu sering Anda mainkan. Sekali lagi, pilihlah yang tidak terlalu menguras tenaga ya, misalnya bermain kartu, bola bekel, ataupun congklak.

Fokuskanlah pada kebersamaan saat bermain. Yang penting, anak-anak harus merasa senang.

 

Bermain peran

Bermain peran juga biasanya merupakan permainan favorit yang suka dimainkan oleh anak-anak. Jika biasanya si kecil memainkan tokoh-tokoh superhero atau putri kerajaan, maka pada bulan puasa ini coba ajak mereka untuk bermain peran kisah-kisah yang ada di kitab suci.

Ada buku 25 Kisah Nabi dan Rasul, Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul, serta Kisah Menakjubkan Binatang dalam Al-Quran, yang bisa menjadi panduan Anda bermain peran bersama si kecil. Ajak ia  berperan sebagai Nabi Adam, Nabi Ibrahim, bahkan mereka juga bisa memerankan kuda, unta, burung, dan binatang-binatang lain yang punya kisah petualangan seru dalam buku-buku ini.

Anda juga dapat mengajak si kecil berpura-pura bertualang ke bawah laut, atau di padang gurun, dan juga menjelajah angkasa luar, seperti dalam buku seri Mengenal Alam Semesta Ciptaan Allah—yang terdiri atas buku Misteri Bawah Laut, Misteri Padang Gurun, dan Misteri Angkasa Luar.

Ilustrasi yang menarik dan full color tentunya akan bisa membantu Anda dan si kecil memvisualisasikan imajinasi peran dengan lebih baik. Juga dilengkapi dengan kutipan-kutipan ayat suci Al-Quran, yang bisa membantu si kecil menghayati perannya.

 

Nah, itu dia beberapa permainan anak yang bisa Anda mainkan bersama si kecil selama bulan puasa. Waktu luang termanfaatkan dengan baik, pun acara ngabuburit bisa seru dilewatkan bersama.

Yang pasti, hubungan Anda sebagai orang tua juga semakin erat dengan anak-anak. Nikmat mana lagi yang harus didustakan, bukan?

 

 

 

Referensi:

Tips Menghabiskan Waktu Bersama Anak Saat Berpuasa https://www.elmina.id/tips-menghabiskan-waktu-bersama-anak-saat-berpuasa/ | Diakses 25/05/2018

 

Sumber foto :

www.unsplash.com