Saat puasa Ramadan seperti ini memang menjadi kesempatan bagi kita untuk lebih banyak beribadah, ya? Tak hanya diri kita sendiri saja. Bulan puasa, bagi keluarga Muslim, juga menjadi saat yang paling tepat untuk memperkenalkan ibadah yang sesungguhnya kepada si kecil.

Jadi, bagaimana dengan Anda? Apakah si kecil sudah mulai ikut belajar melaksanakan puasa Ramadan tahun ini?

Kalau iya, wah, pasti membahagiakan sekali, ya? Namun, tentunya Anda juga harus bersiap menghadapi tantangan utama pengenalan puasa kepada si kecil, yaitu bagaimana caranya menjaga semangat mereka agar bisa bertahan puasa sampai Magrib tiba, dan juga sampai Ramadan berakhir nanti.

Lantaran bagi beberapa anak—terutama yang usianya masih begitu belia—melaksanakan ibadah puasa Ramadan itu akan sedikit berat untuk mereka. Namun, pastinya, jika kita memang mau mengajari anak puasa Ramadan sejak dini, tentulah hal tersebut sangat baik.

Salah satu cara yang bisa dan biasa dipakai oleh para orang tua demi mendorong semangat si kecil berpuasa adalah dengan memberikan reward, atau hadiah.

Tak ada yang salah dengan cara ini, kok. Pada dasarnya, anak-anak memang belum diwajibkan untuk berpuasa sehingga memberikan reward atau hadiah kepada anak bisa menjadi motivasi. Cara seperti ini bisa cukup efektif karena reward merupakan bentuk penghargaan atas keberhasilan si kecil menjalankan ibadah puasa.

Jika memang Anda ingin mengajari anak puasa Ramadan dengan reward, berikut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Diskusikan di awal

Jenis reward atau hadiah bagi si kecil jika ia bisa berhasil menjalankan ibadah puasa bisa didiskusikan terlebih dahulu di awal. Termasuk juga menyepakati sampai batas berapa lama si kecil harus berpuasa, jika ia memang ingin mendapatkannya.

Kesepakatan ini akan menjadi bentuk komitmen bagi si kecil dan menjadi motivasi untuknya agar bisa menyelesaikan tantangan berpuasa secara lebih objektif. Dan bagi Anda sendiri, tentunya akan lebih mudah bukan, untuk menentukan si kecil berhasil  atau tidak dalam berpuasa?

Beri reward yang bisa memberikan efek positif untuk si kecil

Buku-buku anak Islami bisa menjadi satu bentuk reward yang akan memberikan efek positif bagi si kecil. 

Misalnya seperti buku-buku seri Mengenal Islam Sejak Dini—yang terdiri atas buku 25 Kisah Nabi dan Rasul, Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul, dan Kisah Menakjubkan Binatang dalam Al-Quran—yang dilengkapi pula dengan kutipan ayat Al-Quran. Seri buku ini juga dilengkapi dengan E-pen yang berisi peta geografis persebaran nabi dan rasul, pun gambaran secara audio dan visual tempat para nabi dan rasul Allah diturunkan, yang bisa dihubungkan ke gawai.

Buku lain yang bisa diberikan sebagai reward adalah buku-buku seri Mengenal Alam Semesta Ciptaan Allah—yang terdiri atas Misteri Angkasa Luar, Misteri Padang Gurun, dan Misteri Bawah Laut. Sebuah seri picture book yang isinya akan membuat si kecil semakin mencintai bumi, tempatnya hidup.

Pasti si kecil akan senang sekali mendapatkan buku-buku tersebut yang dilengkapi dengan ilustrasi indah dan full color, plus interaktif karena dilengkapi dengan E-pen yang dijual terpisah (untuk seri Mengenal Islam Sejak Dini).

Tidak memarahi jika anak gagal

Jika kita mengenal konsep “Rewards and Punishment”, maka tidak demikian dengan cara mengajari anak puasa Ramadan ini.

Jika si kecil tidak mampu menuntaskan puasanya dan gagal, Anda tidak perlu memarahinya. Sekilas ekspresi sedih saja sudah bisa menunjukkan bahwa Anda kecewa karena si kecil gagal dalam usahanya.

Yang perlu Anda lakukan adalah kembali mendorong semangatnya untuk mencoba lagi keesokan harinya.

 

Anda tak perlu merasa takut atau khawatir, kalau anak selalu meminta reward atau hadiah setiap kali ia berhasil melakukan puasa Ramadan. Seiring ia bertumbuh, imannya pun ikut bertumbuh pula sehingga ia pun sadar bahwa kewajiban berpuasa merupakan bagian dari ibadah. Maka ia pun sudah tak membutuhkan reward lagi untuk berpuasa.

Nah, demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk ajari anak puasa Ramadan dengan reward. Yang penting, lakukanlah semuanya tanpa paksaan sehingga anak pun merasa enjoy saat melakukannya.

 

 

Referensi:

"Reward" Bisa Motivasi Anak Semangat Berpuasa http://www.beritasatu.com/anak/124789-reward-bisa-motivasi-anak-semangat-berpuasa.html | Diakses 24/05/2018

 

Sumber foto : www.unsplash.com