Anak-anak memang kaya akan imajinasi. Setuju, kan? Maka, jika Anda berniat mengajak si kecil ikut melaksanakan puasa tahun ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak belajar puasa dengan memanfaatkan imajinasinya yang kaya.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengajak anak belajar puasa dengan memanfaatkan imajinasinya

Kenalkan makna puasa lewat cerita atau lagu

Anak-anak paling mudah menghafal dan mengerti sesuatu jika disampaikan dengan cara bermain, lewat cerita, ataupun lagu.

Supaya anak belajar puasa dengan lebih meresapi maknanya, perdengarkanlah lagu-lagu anak Islami yang sesuai. Ajak mereka mendengarkan, menghafal lirik, menikmati musik, sembari meresapi makna yang tersirat di dalamnya.

Ajak si kecil membuat diari Ramadan

Buat anak-anak pengalaman berpuasa—apalagi bagi yang baru pertama puasa tahun ini—merupakan pengalaman baru yang pasti seru untuk diceritakan.

Sediakanlah buku tulis yang lucu jika Anda tidak punya atau kurang suka memberikan diari, yang bisa mereka gunakan untuk menulis cerita pengalaman seputar Ramadan.

Dorong mereka agar bisa menuliskan bagaimana perasaan mereka saat berpuasa untuk kali pertamanya, dan tentunya, apa saja doa dan harapan yang ingin dikabulkan dengan berpuasa tahun ini.

Buku ini nanti boleh dibacakan di depan sanak saudara dan Kakek-Nenek saat berkumpul di hari Lebaran nanti. Anda akan melihat, betapa bangganya mereka nanti saat membacakan berbagai pengalaman serunya berpuasa.

Membaca cerita sejarah puasa

Satu hal yang selalu bisa dipakai sebagai alat untuk mengajarkan sesuatu kepada anak-anak adalah buku. Buku yang menarik, yang memanjakan imajinasi anak.

Temukanlah buku-buku yang bisa diceritakan kepada si kecil mengenai kisah-kisah para nabi dan rasul. Anda bisa mencoba mengajaknya bersama membaca buku 25 Kisah Nabi dan Rasul yang dilengkapi dengan E-pen yang dijual terpisah dan terhubung ke gawai, yang berisi peta geografis persebaran nabi dan rasul, dan gambaran secara audio visual tempat para nabi dan rasul Allah diturunkan.

Ada pula buku Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul yang juga dilengkapi dengan E-pen, yang berisi doa sehari-hari yang bisa dihafalkan dengan mudah oleh anak-anak dalam format audio. Masing-masing doa terkait dengan cerita nabi yang ada di dalam buku. Scan pada halaman tertentu untuk pengalaman membaca yang lebih seru dan interaktif. Si kecil pasti suka dan cepat hafal, deh.

Cerita dan lagu akan lebih mudah meresap ke dalam otak anak-anak ketimbang kita hanya menceramahi mereka mengenai hikmah puasa dan ibadah.

Menggambar dan mewarnai

Yang paling seru juga buat anak-anak adalah kegiatan mewarnai, menggambar, serta aktivitas lain yang membuat imajinasinya terstimulasi.

Anda juga bisa membuatnya lebih khusyuk belajar berpuasa sehingga ia menjauhi godaan nafsu, dengan memberikan berbagai activity books yang bisa membuatnya asyik.

Buku-buku seri Mengenal Alam Semesta Ciptaan Allah mempunyai ilustrasi menarik yang bisa digambarkannya kembali di atas buku gambarnya. Mintalah si kecil menggambar kembali planet-planet yang dilihatnya dalam buku Misteri Angkasa Luar, atau ajak ia menggambar dan mewarnai kaktus dan pohon palem yang dilihatnya dalam buku Misteri Padang Gurun. Ikan-ikan yang dilihatnya dalam buku  Misteri Bawah Laut pasti juga menarik untuk digambar kembali.

Selain itu, di dalam buku Kisah Menakjubkan Binatang dalam Al-Quran juga ada games atau halaman aktivitas yang bakalan asyik sekali dimainkan.

Apresiasi setiap capaiannya

Agar semangat anak belajar puasa lebih terpacu, apresiasilah setiap capaiannya. Apresiasi ini bisa berbentuk ucapan pujian, pelukan, senyuman, ataupun jika memang mau, Anda juga bisa memberikan gimmick-gimmick kecil.

Yang mesti diperhatikan adalah anak-anak akan lebih cepat merespons terhadap kalimat positif. Jadi, gantilah ucapan negatif dalam larangan menjadi ucapan positif yang bernada anjuran, jika ada hal-hal kurang tepat yang dilakukannya.

Kalimat larangan yang terlalu keras juga akan mematikan imajinasinya dalam seketika. Ia akan takut bereksplorasi dan juga dalam mengemukakan pendapatnya.

 

Nah, semoga anak belajar puasa dengan sukses pada Ramadan kali ini, ya.

Jangan lupa selalu memberikan semangat setiap saat untuknya. Jikalau ia gagal, tak perlu memarahinya. Berikan semangat agar ia mau mencobanya lagi keesokan harinya.

 

Referensi:

Pentingnya Daya Imajinasi Anak https://schoolofparenting.id/pentingnya-daya-imajinasi-anak/ | Diakses 26/05/2018

7 Cara Unik Mengenalkan Pada Anak Konsep Berpuasa Ramadan https://life.idntimes.com/family/fera/7-cara-mengajarkan-anak-berpuasa/full | Diakses 26/05/2018