Belakangan ini, banyak artis Ibu Kota yang mengejutkan khalayak umum dengan mengumumkan sebuah keputusan mencengangkan. Pada awal tahun 2018, semakin banyak bertebaran pengakuan “hijrah” dari kalangan artis kawakan Tanah Air. Setelah pada tahun-tahun sebelumnya ada Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Zaskia Sungkar, Irwansyah, Egi John, Sunu eks Matta Band, Alyssa Soebandono hingga Sivia Blink, maka pada tahun 2018 muncul deretan nama yang tak kalah mengejutkan. Tunggu sebentar, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai artis Ibu Kota yang berhijrah, Sahabat Bentang sudah tahu belum pengertian dari “hijrah”?

Berdasarkan beberapa sumber yang sudah disimpulkan, arti hijrah sendiri secara harfiah adalah “memutuskan hubungan”. Misalnya, seseorang yang meninggalkan kampung halamannya menuju tempat tinggal lain. Dalam kasus ini, maka dia memutuskan hubungan antara dirinya dengan kampung halamannya. Sedangkan dalam konteks Islam sendiri, hijrah berarti memutuskan atau meninggalkan apa yang dibenci Allah menuju apa yang dicintai-Nya. Atas pengertian ini, maka lebih dikenal dengan istilah “hijrah untuk Allah dan Rasul-Nya”. Pengertian ini merujuk pada HR Bukhari dan Muslim yang berbunyi: “Seorang Muslim ialah orang yang selamat dari gangguan lisan dan tangannya. Dan, seorang muhajir atau orang yang berhijrah adalah ia yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah.”

Banyaknya artis yang berhijrah tidak jarang disusul dengan keputusan yang cukup besar. Mulai dari keputusan mengenakan hijab, tidak memperpanjang kontrak kerja tertentu, hingga yang paling ekstrem yaitu meninggalkan hiruk pikuk dunia hiburan. Nah, dalam hal ini MinTang sudah merangkum empat artis Ibu Kota yang hijrah dengan pengalaman unik pada tahun 2018.

1. Fenita Arie

Awal 2018 dibuka dengan kabar mengejutkan dari presenter kondang sekaligus istri dari Arie Untung. Pasalnya, awal Januari 2018, penampilan presenter infotainment ternama di salah satu stasiun TV ini tiba-tiba berubah. Kalau biasanya ia kerap tampil dengan pakaian seksi, maka pada awal 2018 ia menunjukkan gaya berpakaian yang tertutup lengkap dengan hijab yang anggun. Tidak cukup mengejutkan publik dengan keputusannya berhijab, Fenita Arie ternyata juga memantapkan niat berhijrahnya dengan hengkang dari acara infotainment yang sudah membesarkan namanya. Jelas ini bukan keputusan yang mudah. Selama delapan tahun membawakan program acara tersebut, tentu namanya sudah menjadi “simbol” tersendiri bagi program acaranya. Rasa sedih tersebut juga diungkapkan Fenita Arie melalui akun Instagram-nya beberapa waktu lalu.

 

“Akhirnya hari ini..merupakan hari terakhir aq siaran di program kesayangan..berat?? pastii..sediih??bangeet..tapi, kita semua tau..setiap perjumpaan pasti juga akan ada perpisahan..semoga keputusan ini bisa membawa ke sesuatu yang lebih baik lagi. Terimakasih banyak sudah mempercayakan aq untuk membawakan acara yg luar biasa ini, terima kasih atas pengalaman yg pasti tidak akan terlupakan..”

 

Alasan hijrah Fenita Arie sendiri cukup menginspirasi loh, Sahabat Bentang. Hampir sama dengan proses hijrah pasangan Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar, proses hijrah Fenita juga diawali dengan suaminya yaitu Arie Untung yang berhijrah terlebih dahulu. Alih-alih memaksa istrinya untuk segera mengikuti jejaknya, Arie justru dengan setia menunggu Fenita berhijrah sesuai kemantapan hatinya sendiri. Dan, ketika pada akhirnya hidayah itu sudah direngkuh istrinya, Arie Untung tidak bisa menutupi kegembiraannya. Hal ini dapat dilihat dari postingan Instagram-nya yang ia unggah tepat pada hari istrinya berhijrah, yaitu 5 Januari 2018.

Wah, inspiratif banget ya, Sahabat Bentang, perjalanan hijrah Fenita Arie. Nah, sekarang yuk kita baca pengalaman hijrah selebritas yang lain.

2. Kartika Putri

Siapa yang tidak tahu artis cantik nan seksi yang terkenal dengan bahasa ngapaknya? Kabar Hijrah dari artis satu ini memang tak kalah menggemparkan. Bagaimana tidak? Sejak memutuskan berhijrah pada awal Februari 2018, Kartika Putri secara langsung membeberkan pengalaman spiritualnya tentang perjalanan hijrahnya di beberapa media cetak dan online. Berdasarkan beberapa media tersebut, ia mengungkapkan bahwa sebelum memutuskan untuk berhijab, ia mengalami hidup yang tidak tenang. Ia bahkan membeberkan mimpi buruknya tentang menjadi mayat dan dishalati oleh ibunya. Seketika, ia takut tidak memiliki umur panjang padahal belum memiliki bekal apa pun. Perasaan tidak tenang tersebut kontras dengan kedamaian yang ia temukan ketika mendengar lantunan ayat suci Al-Quran. Ketika pada akhirnya Kartika Putri memutuskan untuk hijrah dan berhijab, ia juga tidak segan meminta bantuan seluruh teman dan segenap netizen untuk menghapus foto-fotonya di media sosial yang tidak mengenakan hijab. Ungkapan ini ia tulis langsung di Instagram-nya.

Tak tanggung-tanggung, puluhan ribu komentar langsung membanjiri postingan artis cantik ini. Tidak hanya netizen, bahkan sesama teman artis juga banyak yang ikut berkomentar dan mendoakan. Waaah, menyentuh sekali ya pengalaman hijrah Kartika Putri ini.

3. Tantri Kotak

Siapa di sini yang penggemarnya band Kotak? Ada yang suka lagu-lagu rock apalagi lagu rock yang dibawakan Tantri? Sahabat Bentang suka memperhatikan gaya manggung band yang satu ini nggak, sih? Biasanya para personel band ini gemar mengenakan kostum ala gotik, apalagi vokalisnya. Nah, Sahabat Bentang sudah tahu belum kalau Tantri ternyata sudah berhijrah sejak awal Maret 2018? Sepulang dari umrah, penampilan Tantri memang berubah drastis. Ia yang biasanya bergaya tomboi di atas panggung, kini berubah menjadi si rock and roll ala Muslimah. Yups, sepulang dari umrah, Tantri Kotak memang telah memantapkan hatinya untuk berhijrah sekaligus mengenakan hijab dengan istikamah. Eits, jangan kira proses hijrah Tantri lempeng-lempeng saja ya, Sahabat Bentang. Sebelum melewati proses tersebut, dalam salah satu wawancara Tantri mengungkapkan bahwa ia juga sempat mengalami pergolakan batin. Bahkan, suaminya sempat ragu dan menanyakan dengan sungguh-sungguh terkait kekonsistenannya dan risiko kariernya di dunia musik. Ia juga secara terang-terangan mengungkapkan bahwa hijrahnya masih berproses secara perlahan. Hal ini bisa dilihat dari unggahannya di Instagram pribadinya sebagai berikut.

Setelah cukup mengalami perdebatan yang panjang, Tantri akhirnya mantap berhijab. Keputusannya ini juga didukung oleh suami dan seluruh anggota band-nya. Ia bahkan sudah menghapus foto-fotonya yang tidak berhijab di Instagram miliknya. Wahhh, keren juga ya, Sahabat Bentang. Menurut Sahabat Bentang, bagaimana penampilan baru si vokalis cantik nan tomboi ini?

4. Chacha Frederica

Kabar hijrah dari seorang artis yang tak kalah mengejutkan adalah kabar dari Chacha Frederica. Artis yang terkenal melalui peran antagonisnya di sinetron Kisah Sedih di Hari Minggu ini memutuskan untuk berhijrah sejak pertengahan Maret 2018. Keputusannya untuk berhijab tersebut langsung disusul dengan keistikamahannya mengenakan hijab. Pada Instagram-nya, Chacha bahkan kerap membagikan kegiatan kajian-kajian keagamaan. Bagi sebagian besar netizen tentu sangat terkejut dengan keputusan yang diambil Chacha tersebut. Pasalnya, Chacha adalah salah satu dari personel Girls Squad, yaitu sebuah geng artis papan atas yang terkenal dengan gaya berbusana seksi sekaligus glamor khas perempuan sosialita. Meskipun begitu, tidak sedikit pula netizen yang mendukung keputusannya untuk berhijrah. Terkait alasannya untuk hijrah, Chacha secara terang-terangan menuliskan pengalamannya di Instagram pribadinya.

Berdasarkan unggahannya, dapat dilihat bahwa Chacha memaknai hijab dari sudut pandang yang sangat terbuka. Ia bahkan mengungkapkan bahwa keputusannya berhijab tidak hanya terbatas dalam artian agama saja, melainkan menunjukkan kebebasan, hak, dan kemampuan seorang perempuan.

Nah, itu tadi adalah sekelumit kisah hijrah empat artis Ibu Kota. Menurut Sahabat Bentang gimana proses hijrah mereka? Sssttt, ngomong-ngomong soal hijrah, Sahabat Bentang penasaran nggak sama kisah hijrah yang lain? Kisah hijrah ala Senja misalnya. Kira-kira, kalau latar belakang Senja memutuskan untuk berhijrah apa ya, Sahabat Bentang? Nah kalau penasaran, sabar ya! Sebentar lagi akan terbit buku terbaru Abay Adhitya berjudul Hijrah Itu Cinta, sampai jumpa dengan kisah hijrah ala Senja!