Maudy Ayunda adalah seorang publik figur dan dikenal sebagai salah seorang tokoh berprestasi yang mampu menginspirasi sekitarnya. Namun, pernahkah kita bertanya-tanya siapa kira-kira yang Maudy jadikan panutan dalam hidupnya?

Menurut Maudy, ia sangat mengagumi perempuan yang berada di sekitarnya, seperti Ibu dan beberapa keluarga dekatnya. Maudy menganggap, mereka adalah perempuan-perempuan yang kuat dan inspiratif.

Ada beberapa kriteria yang menggambarkan perempuan kuat menurut definisi Maudy Ayunda, yaitu seseorang yang teguh memegang prinsip mereka sendiri. Saat mereka tidak merasa terbebani dengan harus memenuhi ekspektasi orang lain, dan dapat maju dengan caranya sendiri. Tentunya juga dalam konteks yang positif. Maudy mengatakan, perempuan yang inspiratif ialah perempuan mandiri yang mampu membawa perubahan positif untuk wanita-wanita lainnya.

“Tidak perlu kita menancapkan pandangan bahwa perempuan yang inspiratif adalah perempuan yang selalu berhasil meraih suatu hal. Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan suatu achievement. Coba lihat sekeliling kita, mulai dari yang terdekat yaitu keluarga, bahkan mungkin perempuan yang randomly kita temui di jalan, tentu juga dapat menginspirasi. Saat mereka berusaha mengeluarkan segenap tenaga untuk memenuhi kebutuhan anaknya, atau memilih mengurus dan membesarkan anak. Menurutku, mereka sudah bisa dikatakan sebagai perempuan yang kuat. Semua orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri, dan bagaimana cara mereka menghadapi hal tersebut dengan cara yang positif, sudah merupakan achievement tersendiri,” ujar Maudy saat ditemui di percetakan Mizan Grafika Sarana (30/3).

Isu yang terkait dengan pemberdayaan perempuan adalah salah satu concern dari Maudy Ayunda, seperti yang sempat ia tuangkan dalam buku terbarunya yakni Dear Tomorrow. Dear Tomorrow sudah terbit di toko buku baik offline maupun online.

Untuk pertanyaan lain terkait buku Dear Tomorrow, Sahabat Bentang dapat menghubungi LINE@ Official Bentang Pustaka dengan ID @bentangpustaka, atau melalui contact person Bentang Pustaka pada nomor +62812-1673-0405. Jangan lupa untuk pantau terus media sosial Bentang Pustaka (@bentangpustaka) dan Dear Tomorrow (@deartomorrowthebook), atau melalui tagar #DearTomorrowTheBook untuk info penting lainnya mengenai buku Dear Tomorrow!

 

(oleh: Nandani Putri Tavita)