Marhaban Ya Ramadhan! Selamat datang bulan suci penuh hikmah yang dinanti-nantikan jutaan umat di seluruh dunia. Bulan ramadhan biasanya identik dengan kegiatan ‘ngabuburit’ atau kegiatan yang dilakukan menjelang waktu berbuka puasa. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama bersama dengan si kecil yang terkadang rewel dengan pertanyaan ‘Bunda, kapan buka puasanya?’

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa. Agar ngabuburit lebih seru, jangan lupa untuk melibatkan seluruh anggota keluarga untuk mengeskplorasi kegiatan menjelang berbuka puasa. Berikut adalah kegiatan yang bisa dilakukan untuk ngabuburit bersama keluarga :

1. Olahraga Santai

Menjelang waktu berbuka puasa, biasanya anak-anak mulai lemas dan hanya bermalas-malasan menonton acara televisi. Nah para orang tua biasa mensiasati hal ini dengan mengajak anak keluar rumah dan berolahraga santai seperti bersepeda keliling atau jalan-jalan di taman seraya menunggu adzan maghrib berkumandang.

Selain membuat tubuh terasa lebih segar, olahraga santai dapat membuat anak-anak jadi tidak sadar waktu cepat berlalu, sehingga tak terasa waktu berbuka puasa telah tiba.

2. Mendengarkan cerita tentang tradisi berpuasa

Kegiatan ini dapat dilakukan di rumah dan dapat membantu anak untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, orang tua dapat menceritakan tradisi puasa yang dilakukan oleh masyarakat di dalam dan di luar negeri. Kegiatan ini membuat anak mengetahui tradisi-tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat selama bulan ramadhan.

Beberapa contoh tradisi yang dilakukan menjelang berbuka puasa di antaranya adalah kegiatan berbuka puasa ala masyarakat jawa yaitu kenduri, atau berbuka puasa bersama di surau dengan makanan dari warga sekitar. Lalu, ada tradisi unik di negara Mesir, yaitu tentang seorang Musaharti atau orang yang bertugas membangunkan sahur. Ada juga dentum 4 meriam dari Benteng Saladin di Kairo, yang menandai bahwa waktu berbuka puasa telah tiba.

3. Beraktivitas menggunakan children activity book

Membaca adalah salah kegiatan sederhana yang dapat menjadi alternatif untuk ngabuburit bersama anak. Banyak sekali buku bacaan bertema islami yang dilengkapi dengan children activity yang dapat mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan anak. Misalnya pada buku Kisah Menakjubkan Hewan Dalam Al-qur’an, terdapat kolom ‘aktivitas anak sholeh’. Kolom ini berisi pertanyaan atau teka-teki yang dapat dipecahkan oleh anak dan didampingi orang tua untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa.

Selain itu, pada buku Kisah 25 Nabi & Rasul, terdapat aplikasi SmartPen. Menggunakan aplikasi tersebut, anak tidak hanya membaca cerita dari buku saja, tetapi anak juga bisa melihat ilustrasinya dalam bentuk video.

4. Membuat kreasi makanan untuk berbuka puasa

Para orang tua dapat mengajak anak untuk mengekspolari menu berbuka puasa di dapur dengan membuat kreasi makanan sesuai keinginan mereka. Misalnya, ajak anak untuk membuat makanan pembuka seperti salad buah dengan ice cream, atau kreasi jelly dengan berbagai macam bentuk.

Biasanya anak akan terlihat tidak sabar di depan makanan yang mereka buat. Tugas orang tua adalah membantu mereka untuk bersabar menunggu adzan maghrib berkumandang, dan mengalihkan fokus mereka, contohnya dengan menyimpan kreasi makanan yang telah selesai di lemari pendingin.

5. Membuat kreasi kartu ucapan lebaran

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, jarang sekali ada yang membuat kartu ucapan lebaran untuk kerabat atau teman terdekat. Meskipun terkesan kuno, tetapi membuat kartu ucapan lebaran memiliki makna tersendiri bagi yang menerimanya. Nah, para orang tua dapat mengajak anak membuat kreasi kartu ucapan lebaran untuk keluarga dan teman-temannya.

Orang tua dapat mempersiapkan bahan-bahan kreasinya seperti kertas asturo warna-warni, spidol, lem, dan aksesoris lain yang dapat membuat kartu lebaran terlihat meriah. Kegiatan ini mampu melatih anak mengasah keterampilannya berimajinasi dan juga berkreasi terhadap kartu ucapan yang akan ia buat.