Mendidik anak tidaklah harus melalui ujaran dan perilaku. Sesekali Anda bisa mencoba hal baru dengan mengajak si kecil membaca buku-buku anak yang mampu mengembangkan pengetahuan dan perkembangan sistem sensorik dan motoriknya. Salah satu buku bacaan yang bisa Anda coba terapkan adalah buku seri ensiklopedi yang bermanfaat sebagai media pembelajaran sekaligus wadah bagi si kecil dalam menyalurkan rasa ingin tahu.

Penelitian menyebutkan, anak-anak pada dasarnya telah mengalami pertumbuhan sistem kerja otak sejak berusia 6 bulan. Dimana pendengaran serta kemampuan berbicaranya sudah mulai aktif dengan mampu mengucapkan kata-kata sederhana seperti mama ataupun papa. Ketika di usia tersebut, sebenarnya Anda harus sudah mulai melatih perkembangan saraf sensorik dan motoriknya melalui berbagai macam kegiatan sehari-hari termasuk membaca buku.

Meskipun pada awal usia 6 bulan anak Anda belum bisa membaca atau bahkan mengerti dengan baik setiap perkataan yang Anda ucapkan, namun memberikan stimulus berupa buku dengan ilustrasi serta warna yang menarik mampu menjadi salah satu metode bermainnya. Hal ini berkaitan dengan koordinasi sistem motorik pada otak kiri dan kanan yang akan terus menguat, dimana otak kanan mengontrol spasial yang mendukung pemahaman visual anak sedangkan otak kiri mengontrol penguasaan bahasa.

Aktivitas ini nantinya perlu Anda terapkan secara rutin dalam proses tumbuh kembang si kecil dimana memasuki usia 6-12 bulan, perkembangan komunikasi dan sosialnya akan berkembang dengan pesat. Fase ini bisa Anda tandai ketika si kecil mulai mampu menyimak pembicaraan dan semakin tertarik untuk terlibat dengan orang-orang di sekitarnya. Bisa juga dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan si kecil akan semua hal yang dilihat.

Hal ini penting untuk diketahui mengingat banyak orang tua yang masih sering mengabaikan pertanyaan si kecil karena dianggap tidak penting atau mungkin keaktifan si kecil dalam menanyakan suatu hal ini dianggap sebagai bentuk hiperaktif yang perlu dikontrol sejak dini. Sehingga keberadaan buku ensiklopedi anak sebagai salah satu jenis buku yang berisi tentang pengetahuan secara terperinci akan suatu hal di bumi ini mampu menjadi solusi yang tepat.

Jika Anda memiliki anak yang aktif dalam bertanya, khususnya pada usia 0–5 tahun, jangan biarkan pertanyaan tersebut menggantung begitu saja. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa anak-anak yang cenderung aktif dalam bertanya saat masih kecil akan jauh lebih mudah berinteraksi dan berperan aktif dengan orang lain dibandingkan dengan mereka yang sedari kecil terbiasa ditekan untuk tidak banyak bertanya. Dalam hal ini orang tua tentu memiliki peranan yang penting demi masa depan sang anak. Oleh karena itu, berikan jawaban sebaik mungkin pada setiap pertanyaan mereka agar perkembangan otak dan analisis berpikirnya menjadi tajam dan terasah.

Berikan buku bacaan ensiklopedi Seri Petualangan Alam Semesta karya Yayan Rika Harari yang berisi berbagai macam pengetahuan seputar alam yang selama ini belum pernah dibahas lengkap dengan ilustrasi menarik bagi perkembangan sensorik serta motorik si kecil. Kenalkan si kecil pada fenomena alam di sekitarnya untuk menjawab rasa penasarannya melalui koleksi buku Misteri Padang GurunMisteri Bawah Laut, dan Misteri Angkasa luar serta Misteri Antartika yang dapat Anda miliki di Mizanstore dan toko buku terdekat lainnya. Sebagai salah satu contoh buku seri ensiklopedi anak, koleksi seri petualangan alam semesta ini cocok bagi tumbuh kembang anak Anda dengan ilustrasi menarik dan bahasa yang mudah dipahami