Suma merenungkan hidupnya sebulan terakhir dengan geram. Sejak kali pertama mendengar nama Jati, gelombang demi gelombang badai datang, kian lama kian keras mengempas. Seakan manusia itu diciptakan untuk memorakporandakan hidupnya.

-Aroma Karsa Part 20: 227-

Tanaya Suma, anak angkat sekaligus anak satu-satunya dari Raras Prayagung, seorang perempuan yang dijuluki sebagai Kartini masa kini berkat kesuksesannya membangun perusahaan parfum ternama bernama Kemara. Status Tanaya Suma sebagai pewaris tunggal, mau tak mau membentuknya menjadi pribadi yang keras, perfeksionis, ambisius, dan arogan. Sekalipun Suma adalah anak angkat, jiwa Janirah---nenek angkatnya yang merupakan pangkal dari sejarah perusahaan Kemara---tetap merasuk dalam aliran darahnya.

Tanaya Suma tidak pernah mempermasalahkan statusnya sebagai anak angkat. Dia tidak peduli siapa orang tuanya, berasal dari mana, dan bagaimana bisa dia menjadi bagian dari embrio masa depan Kemara. Baginya, yang terpenting di hidupnya hanya tiga. Masa depan Kemara, kekasihnya---Arya, dan terakhir Ekspedisi Puspa Karsa.

Akan tetapi, tanpa ia sangka, suatu hari datang sebuah “musibah” yang membuat hidupnya terusik. Tiga hal terpenting di hidupnya sedang terancam dan ia tidak bisa tinggal diam. Seakan telah terjadi sebuah bencana besar, kedatangan Jati Wesi dalam paviliun ibunya hari itu telah memunculkan percikan api di hidupnya. Perlahan tapi pasti, kehadiran Jati Wesi menimbulkan gejolak dalam diri Tanaya Suma. Rasa penuh kebencian, iri, dengki, geram, bahkan rasa jijik, bercampur menjadi satu setiap kali nama Jati Wesi menyentil telinganya. Diam-diam, seorang laki-laki asal Bantar Gebang hadir dan menjadi kompetitor utama di hidupnya.

Kemarahan Suma semakin menjadi ketika akhirnya Jati Wesi diberangkatkan oleh ibunya untuk mengikuti kursus meracik parfum di Grasse. Seperti sudah di ujung tanduk, peristiwa ini menjadi babak kekalutan seorang Tanaya Suma. Atas segala rasa benci, geram, dan terancam, seorang Tanaya Suma melakukan penyelidikan terhadap latar belakang kehidupan orang lain sampai ke akar-akarnya. Sesuatu yang tidak pernah dilakukan Tanaya Suma selama hidupnya. Keputusannya untuk menjadi “pencuri” tunggal atas rahasia terbesar Jati Wesi, ternyata menjadi awal terbukanya jalan baru. Sebuah jalan yang tanpa ia sadari akan menuntunnya dalam menemukan siapa dirinya yang sebenarnya.

Sahabat Bentang penasaran siapa sebenarnya Tanaya Suma? Atau, penasaran bagaimana akhir kisah antara Suma dan Jati? Ada hubungan apa sebenarnya antara mereka berdua? Yuk, cari tahu jawabannya dalam buku Aroma Karsa!