Sahabat Bentang tersayang, yuk kenali jenis buku apa saja yang cocok untuk menjadi bacaan anak-anak. Walaupun si kecil baru benar-benar siap belajar membaca ketika menginjak usia 5 tahun, Sahabat Bentang dapat menumbuhkan minat baca si kecil sejak dini loh. Jadi, kita bisa menimbulkan ketertarikan si kecil dengan kegiatan membaca sedini mungkin agar anak terbiasa untuk membaca hingga dewasa nanti

Nah, sebelum memilih dan membeli buku bacan untuk anak sebaiknya sahabat Bentang mengenali terlebih dahulu jenis buku apa saja yang bisa menjadi buku bacaan anak. Hal ini dimaksudkan agar sahabat Bentang bisa menyesuaikan buku bacaan yang dipilih atau dibeli sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Selain itu, sahabat Bentang juga bisa menilai jenis buku sesuai dengan isi dan karakter buku. Yuk simak ulasan tentang jenis buku bacaan anak sesuai isi dan karakter buku-buku tersebut di bawah ini.

1. Picture Book

Picture book adalah buku cerita yang teksnya masih sedikit. Setiap halamannya hanya berisikan 1-2 kalimat. Dalam buku ini, biasanya ada hubungan langsung antara teks dengan gambar. Orang tua bisa terus menggunakan buku jenis ini dari mulai anak yang belum bisa membaca hingga anak bisa membaca sendiri.

Rekomendasi buku: Seri Fun Cican: Tamasya Keliling Kota (Wahyu Aditya), Seri Fun Cican: Bajak Laut dan Monster Air (Wahyu Aditya)

2. Longer Picture Book

Longer picture book adalah buku cerita yang teksnya sudah lebih banyak per halaman. Ceritanya pun lebih panjang dan terdiri dari 2-5 kalimat. Buku jenis ini bisa mulai diperkenalkan kepada anak yang sudah mandiri untuk membaca sendiri. Selain itu, longer picture book juga bisa melatih si kecil untuk memahami maksud cerita dari berbagai kalimat singkat yang tertera pada bagian dalam buku.

Rekomendasi buku: 25 Kisah Nabi dan Rasul (Aan Wulandari), Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul (Izzah Annisa)

3. Illustrated Book

Illustrated book adalah buku cerita yang teksnya sudah banyak, ceritanya mulai panjang dan agak kompleks tetapi masih terdapat ilustrasi di halaman-halaman bukunya. Buku jenis ini cocok untuk anak yang berusia di atas 6 tahun, terutama ketika si kecil mulai belajar membaca namun masih bosan untuk membaca dalam durasi waktu yang cukup panjang.

Rekomendasi buku: Misteri Bawah Laut (Yayan Rika Harari), Misteri Padang Gurun (Yayan Rika Harari), Misteri Angkasa Luar (Yayan Rika Harari)

 

Nah, itulah ketiga jenis buku yang bisa menjadi pilihan bagi sahabat Bentang untuk menjadi buku bacaan yang baik dan sesuai dengan anak. Apapun jenis bukunya, pastikan sahabat Bentang hanya memilih dan membeli buku yang memiliki konten mendidik dan berkualitas. Sebab, buku yang baik, terutama buku bacaan anak, dapat membentuk karakter hingga minat sang anak sejak dini hingga dewasa nanti.

Kira-kira, buku jenis apa yang menjadi favorit sahabat Bentang ketika masih anak-anak dahulu? Apakah buku-buku masa kecil sahabat Bentang turut membentuk minat sahabat Bentang ketika dewasa seperti saat ini? Apapun itu, semoga sahabat Bentang tetap memiliki minat yang tinggi untuk membaca demi menambah wawasan dan ilmu pengetahuan ya. Selamat memilih dan membeli buku bacaan anak yang tepat!