Apakah Anda pernah mengalami sindrom baby blues?

Baby blues merupakan sindrom yang sering dijumpai pada ibu-ibu usai melahirkan. Biasanya hal ini terjadi akibat perubahan hormon yang sangat drastis. Bila hormon Ibu umumnya akan berjumlah sangat banyak pada masa kehamilan, maka pada masa usia kelahiran hormon justru akan menurun dengan drastis.Hal ini lah yang kemudian menyebabkan terjadinya perubahan emosional pada ibu-ibu dengan ditandai munculnya perasaan cemas, sedih, lebih sensitif, dan badan jadi mudah letih dan lesu. Tak jarang sindrom baby blues ini juga berakhir pada keluarnya air mata tanpa sebab akibat emosi yang tak tergambarkan.   

Kendati demikian, pernahkah Anda merasa terganggu dengan sindrom ini? Normal kah sindrom baby blues ini?

Beberapa pihak menyebutkan bahwa sindrom baby blues memang terbilang wajar. Namun menjadi tidak wajar manakala hal ini berlangsung terus menerus hingga lebih dari 14 hari. Apabila hal ini terjadi, maka Anda perlu belajar untuk kembali melatih emosi dan pikiran sendiri agar tidak berdampak pada produksi ASI dan tumbuh kembang si kecil kedepannya. Karena itu kenali beberapa cara unik dibawah ini untuk bantu tangkal serangan sindrom baby blues yang mengganggu.

1. Curhat

Penelitian menyebutkan rajinnya aktivitas curhat dengan suami mampu mengurangi terserangnya sindrom baby blues pada ibu-ibu dikarenakan adanya beban yang dibagi. Umumnya para ibu ini akan merasa stres sendiri sehingga membutuhkan sandaran untuk sekedar berkeluh kesah.

2. Banyak Makan

Banyak ibu-ibu yang mengurangi porsi makannya setelah melahirkan demi mendapatkan tubuh idealnya kembali. Tiba-tiba mengubah pola makan dan menu yang lebih sehat sering dijumpai dengan alasan demi terjaganya asupan si kecil. Namun tahukah Kamu jika perubahan pola makan yang tidak sesuai selera dapat memicu terjadinya baby blues?

3. Bergabung dalam PIIHMIK

Cara paling unik dan ampuh untuk menghindari sindrom baby blues adalah dengan mendaftarkan dirimu dalam PIIHMIK (Persatuan Ibu Ibu Habis Menyusui Ikut Ketiduran). Sebuah persatuan yang digagas Puty Puar dalam karya terbarunya di Komik Persatuan Ibu Ibu ini terbukti memang sangat efektif untuk menangkal sindrom baby blues. Karena dari waktu tidur yang cukup, pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan terhindar dari perasaan cemas berlebihan.

Selain itu dengan bergabung dalam persatuan Ibu Ibu lainnya yang ada di Komik Persatuan Ibu IbuAnda tidak akan merasa sendirian dan dihanyuti perasaan cemas, kalut, ataupun suntuk karena dihibur oleh kisah lucunya yang mengangkat suka duka seorang Ibu dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa temukan berbagai macam teman untuk bisa berbagi kisah dan penderitaan. Menekankan pada penguatan dan bentuk support bagi sesama Ibu-Ibu khususnya working mom, Puty Puar melalui komiknya ini ingin mengingatkan bahwa untuk menjadi ibu Anda tidak harus dituntut untuk menjadi perfect. Namun Anda juga bisa melakukan kesalahan dan mengubah kondisi sulit menjadi lucu. 

Kuncinya adalah pandai-pandai menjaga emosi dengan hindari hal-hal yang membuat hatimu tidak nyaman. Lakukan berbagai macam kegiatan menyenangkan bersama si kecil seperti membaca Komik Persatuan Ibu Ibu yang bisa Kamu dapatkan segera ekslusif bersama totebag lengkap dengan tanda tangannya.

 

OPEN PRE-ORDER 3 - 10 Mei 2018

Pemesanan di toko buku online berikut :

www.mizanstore.com

www.bukukita.com

www.grobmart.com

@klasikabookstore

@alifia.bookstore