Kegiatan membaca memang terlihat seperti aktivitas santai biasa dan bisa dilakukan di mana serta kapan saja. Tetapi, kegiatan membacakan buku cerita untuk anak sebelum mereka tidur ternyata memiliki manfaat bagi anak maupun orang tuanya.

Sarah McGeown, dosen psikologi perkembangan di Universitas Edinburgh, yang melakukan penelitian khusus pada perkembangan membaca anak-anak, sekaligus merancang pertanyaan di aplikasi Storytime CBeebies, berpendapat jika aktivitas membaca buku dan bercerita kepada anak merupakan sebuah aktivitas bonding yang menyenangkan. Bercerita dapat membuat kosakata anak akan lebih kaya serta mengembangkan dan memelihara keterampilan mereka dalam berbahasa. Bahkan, membaca buku cerita juga mengembangkan kreatfitas anak dalam berpikir.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat membacakan buku cerita untuk anak yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Memperkenalkan Kosakata Baru

Membacakan cerita atau mendongeng akan membantu anak belajar mengenalkan, mengucapkan serta memahami kata-kata dan ungkapan baru. Saat anak mendengar kosakata baru, ia akan penasaran dengan apa arti dari kata baru tersebut. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting untuk menjelaskan arti serta makna dari kosakata baru yang didengarkan oleh anak.

2. Mengembangkan Keterampilan Mendengar Anak

Anak-anak biasanya memiliki rentang perhatian yang rendan dan sulit berkonsetrasi pada sesuatu yang lama. Mereka lebih sering berbicara ketimbang mendengarkan. Membacakan buku cerita untuk anak dapat memastikan bahwa mereka tidak hanya memperhatikan saja, tetapi mereka juga mendengarkan dan mengerti apa yang sedang diceritakan. Saat anak-anak ditanamkan kebiasaan mendengarkan, mereka secara otomatis akan belajar untuk menjadi pendengar yang baik. Hal ini perlu dilakukan untuk melatih anak-anak agar mendengarkan serta memahami lebih banyak, daripada berbicara.

3. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi Anak

Ketika anak mendengarkan sebuah cerita, ia akan membayangkan tokoh cerita, di mana cerita itu berlangsung, apa yang akan terjadi pada si tokoh, dan lain sebagainya, alih-alih melihatnya secara visual. Hal ini dapat meningkatkan kreativitas anak, serta membuat ia lebih berpikir terbuka terhadap ide-ide baru serta pemikiran bebas.

4. Mempertajam Memori Anak

Membacakan buku cerita mampu meningkatkan ingatan anak. Ketika cerita selesai dibacakan, orang tuga dapat meminta anak untyk mengulang cerita di hari berikutnya. Atau contoh lainnya, orang tua jua bisa meminta anak untuk membayangkan bagaimana kelanjutan cerita versinya sendiri. Hal ini menjadi cara yang menyenangkan untuk membantu anak mengingat lebih baik dan mendorongnya berkonsentrasi.

5. Membantu Anak Berkomunikasi Lebih Baik

Manfaat lain dari kegiatan sederhana ini adalah mendorong anak untuk bertanya atau berpendapat tentang apa yang ia dengar dan pelajar. Hal ini tidak hanya mendorong anak bagaimana cara untuk memulai percakapan, tetapi memintanya agar dapat berbicara dengan lebih percaya diri. Sebab terkadang, anak akan ragu saat mengajukan pertanyaan meskipun pikirannya dipenuh oleh rasa ingin tahu. Sehingga, membacakan buku cerita dapat membantu anak untuk mempelajari bagaimana cara mengajukan pertanyaan yang tepat.

6. Memperkuat Hubungan Antara Anak dan Orang tua

Saat membacakan buku cerita, secara tidak langsung akan membawa anak dan orang tua secara fisik mendekat satu sama lain. Hal ini menjadi suatu cara yang bagus bagi anak dan orang tua untuk menghabiskan waktu bersama, dan dapat membangun dan memperkuat ikatan keluarga.

Dari sederet manfaat di atas, kegiatan membacakan buku untuk anak juga dapat memberikan dasar-dasar keterampulan sosial, komunikasi dan interpersonal bagi anak-anak. Selain itu, dari isi buku cerita, anak bisa belajar dalam memahami sebuah konsep dengan baik. Contohnya saja, orang tua bisa mencoba bercerita sebuah kisah yang mengajari anak tentang kegagalan dan keberhasilan adalah bagian dari kehidupan. Sehingga, orang tua harus memilih cerita yang tepat untuk membantu anak agar dapat menghadapi berbagai macam situasi.

Cek juga beberapa list buku anak yang cocok untuk menemani aktivitas bercerita dengan anak sebelum tidur sepertI berikut :

1. Kisah 25 Nabi dan Rasul

2. Kisah Menakjubkan Hewan Dalam Al-Quran

3. Misteri Bawah Laut

4. Misteri Padang Gurun

5. Misteri Angkasa Luar

4. Cican Tamasya Keliling Kota

5. Seri FUN CICAN: Bajak Laut dan Monster Air

6. Seri FUN CICAN: Kesatria Cican dan Putri Cini