Anak menjadi tanggung jawab terbesar orang tua sepanjang hidupnya. Mengasuh anak tidak hanya dipandang sebagai kewajiban semata, tetapi juga sebagai sebuah tantangan, yang terkadang membuat banyak orang tua khawatir dan juga takut. Dewasa ini, banyak sekali tips-tips mengasuh anak atau yang lebih familiar disebut dengan parenting. Salah satu tips mengasuh anak datang dari negara dengan indeks kebahagiaan tertinggi di dunia, Denmark. Lalu, apa yang dilakukan para orang tua di Denmark dalam mengasuh anak-anak mereka?

The Danish Way of Parenting merupakan gaya mengasuh anak ala orang tua di Denmark, dengan filosofi agar anak-anak mereka memiliki emosi yang stabil, mental yang tangguh dan percaya diri. Teknik ini menjadi warisan turun temurun para orang tua di Denmark, sehingga membuat Negara yang terletak di Eropa utara ini memiliki indeks kebahagiaan tertinggi di dunia selama 40 tahun berturut-turut.

Dengan akronim PARENT, yakni Play, Authenticity, Reframing, Empathy, No Ultimatums, dan Togetherness, The Danish Way of Parenting mengajak para orang tua di seluruh dunia untuk mengasuh anak-anak mereka dengan pendekatan yang berbeda. Salah satunya adalah, mengasuh anak merupakan bagian dari proses, usaha dan kerja keras untuk memberikan sebuah hasil yang positif. Selain itu, The Danish Way of Parenting menjelaskan bahwa mengasuh anak bukan menjadi tekanan bagi orang tua, tetapi menjadi satu hal yang menyenangkan. Para orang tua yang menggunakan teknik ini tidak perlu khawatir dengan apa yang terjadi pada anak-anak lain, sehingga dapat terfokus dalam mengasuh anak-anak mereka sendiri.

The Danish Way of Parenting mengantarkan nilai serta filosofi yang berbeda tentang mengasuh anak kepada seluruh orang tua di dunia. Semuanya dimulai dari sesuatu yang sederhana, tetapi akan membawa dampak besar di masa yang akan datang untuk anak-anak mereka.

Bagi para orang tua yang ingin mempelajari gaya mengasuh anak ala orang Denmark ini, buku The Danish Way of Parenting yang ditulis oleh Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissing Sandahl ini adalah pilihan terbaik.