Buku

Buku

mediating islam, jurnalisme kosmopolitan, tempo, malaysiakini, harakah, republika, sabili, janet steele, muslim
mediating islam, jurnalisme kosmopolitan, tempo, malaysiakini, harakah, republika, sabili, janet steele, muslim

Mediating Islam: Jurnalisme Kosmopolitan di Negara-Negara Muslim Asia Tenggara

Penulis: Janet Steele



Judul Buku: Mediating Islam: Jurnalisme Kosmopolitan di Negara-Negara Muslim Asia Tenggara



Penerbit: Bentang Pustaka



ISBN:  978-602-291-459-4



Penerjemah: Indradya Susanto Putra



Penyunting:  Yusi Avianto Pareanom, Arif Koes Hernawan, Nurjannah Intan



Tebal Punggung: 1.7 cm



Kover:   13x20.5 cm



Format:  13x20.5 cm



Jumlah halaman:   304 hlm



Jenis Kertas Isi: bookpaper 55 gr



Jenis Kertas Sampul: AC 230 gr



Kode:  BS-522

 


IDR 64.000 IDR 54.400

Selama ini, sebagian besar penelitian mengenai jurnalisme dan Islam sering terfokus pada negara-negara Arab. Padahal di Asia Tenggara, terdapat dua negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, yaitu Indonesia dan Malaysia. Berbagai sendi kehidupannya tentu sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam. Tak terkecuali pada praktik media yang dijalankan. Di kedua negara tersebut, sebuah pemberitaan tidak hanya diusung berdasarkan prinsip melawan kekuasaan yang sewenang-wenang, tetapi juga adanya tanggung jawab moral terhadap Tuhan.



Buku ini merangkum sebuah penelitian yang dilakukan oleh Janet Steele selama hampir 20 tahun terakhir, mengenai praktik pelaporan profesional para jurnalis Muslim di lima kantor berita terkemuka di Indonesia dan Malaysia. Republika, yang menjadikan masyarakat Muslim sebagai segmen pembaca utama; Tempo, majalah berita progresif mengusung pluralisme,; Sabili, majalah fenomenal yang mempekerjakan jurnalisnya karena kemampuan mereka dalam dakwah atau propaganda Islam; Harakah, tempat para wartawannya berafilisiasi dengan partai politik Islam; dan Malaysiakini, media independen yang mengambil peran oposisi dengan pemerintah.


Janet Steele adalah Associate Professor of Journalism di George Washington University, dan Director Institute for Public Diplomacy and Global Communication. Ia meraih gelar Ph.D. dalam bidang sejarah dari Johns Hopkins University, dan ia sangat meminati terutama topik-topik tentang bagaimana budaya dikomunikasikan lewat media massa. Janet kerap berkunjung ke Asia Tenggara memberi kuliah dengan beragam topik, dari peran pers dalam masyarakat demokratis hingga kursus khusus tentang jurnalisme naratif. Bukunya yang berjudul Wars Within: The Story of Tempo, an Independent Magazine in Soeharto’s Indonesia berfokus pada majalah Tempo dan hubungannya dengan politik dan budaya pada masa Orde Baru. Selain pernah mendapatkan dana Fulbright untuk mengajar dan riset, Janet juga pernah bekerja sebagai pembicara-spesialis untuk Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di Indonesia, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste, Taiwan, Myanmar, Sudan, Mesir, India, Bangladesh, dan Jamaika. Ia juga penulis sejumlah artikel tentang teori dan praktik jurnalistik. Bukunya, E-mail dari Amerika, adalah kumpulan kolom surat kabar yang ditulis dalam bahasa Indonesia yang awalnya dimuat di surat kabar Surya.

    Related Book